What do you mean by a balanced diet?

in Healthy Steem10 months ago

Assalamualaikum, sahabat semua!!
Apakabarmu hari ini?, Semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja. Pada hari ini, saya akan mengikuti sebuah kontes yang luar biasa di komunitas ini, dengan tema "What do you mean by a balanced diet?". Sebelum saya memasuki ke dalam pembahasan terlebih dahulu Saya mengundang @cymolan pak @muzack1 @ridwant dan lain-lain.

Apa itu diet seimbang?

IMG_20220509_150916~2.jpg

Menurut saya diet seimbang merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang, meskipun orang tersebut kurus seperti saya. Adapun tujuan utama dari diet yaitu untuk menormalkan nutrisi yang merupakan suatu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita supaya bisa hidup sehat dan kuat. Bagi orang yang kurus, memang harus menaikkan berat badan ataupun membesarkan ototnya akan tetapi penting juga untuk kita lakukan dengan cara yang sehat pula. Dan kita juga harus rutinitas berolahraga raga.

Apakah Anda memiliki pola makan seimbang dalam hidup Anda?

salad-2756467_1280.jpgpixabay
Walaupun saya memiliki badan yang kurus, Tapi itu bukan berarti saya tidak makan. Saya selalu menjaga keseimbangan dalam pola makan seperti tidak pernah bolong sarapan pagi, makan siang dan juga makan malam. Setiap pagi saya selalu makan nasi walaupun tidak memiliki banyak lauk yang mewah. Saya tetap membiasakan makan karena dengan sesuap nasi saja itu akan menjadi sumber energi bagi kita. Jika tubuh kita tidak berenergi Artinya kita tidak pernah sarapan pagi maka tubuh kita akan lemah. Dari kecil orang tua saya melarang untuk makan makanan ringan seperti yang dijual di pasar karena itu mengandung banyak penyedap yang berbahaya bagi kesehatan. Mereka selalu menyarankan untuk memakan nasi walaupun tanpa ada lauk di rumah, karena itu jauh lebih sehat.

Apakah Anda merasakan dampak buruk dari pola makan tidak sehat Anda?

stomach-pain-2821941_1280.jpgpixabay

Tentu saja dengan kita tidak menjaga pola makan, kita akan mudah sakit. Kebanyakan orang tidak sarapan pagi akan diserang oleh penyakit lambung karena ketika pagi hari tanpa diisi makanan yang sehat maka lambung tidak tahu mau mengerjain apa. Sehingga dengan demikian lambung akan rusak. Maka perlu sekali untuk teratur makan dan juga tidak berlebihan.

Kemudian saya juga menjauhi makanan yang mengandung banyak penyedap buatan, saya sering merasakan ketika menikmati makanan yang banyak penyedap kepala saya akan pusing bahkan sakit. Itu pertanda bahwa makanan tersebut memang banyak sekali penyedap, jadi saya akan menjauhinya meskipun makanan itu terasa enak dan lezat.

Apa yang harus ditambahkan ke diet harian Anda agar seimbang? Bagikan beberapa contoh makanan yang seimbang.

Bagi saya yang bertubuh kurus sangatlah penting untuk menjaga tiap harian agar seimbang. Saya perlu untuk menambahkan berbagai macam makanan supaya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh tetap terjaga dengan cukup. Yang paling utama yaitu saya harus memastikan protein cukup bagi tubuh saya karena protein tersebut sangat berperan dalam membangun otot saya. Saya juga dapat menambahkan protein dengan menikmati daging ayam, daging sapi atau seperti ikan, telur, tahu serta berbagai macam kacang-kacangan.

Selanjutnya saya juga harus selalu menjaga kestabilan karbohidrat yang ada dalam tubuh saya karena dengan karbohidrat adalah sumber energi. Jadi saya harus memastikan itu setiap hari makan baik itu sarapan pagi, makan siang, dan makan malam dengan nasi dan lauk pauk.

pushups-4603956_1280.jpgpixabay

Yang terakhir saya rutinitas berolahraga, minimal sehari sebagai pemuda harus bisa push up, sit up, lari pagi dan sebagainya.

Mungkin ini saja tulisan singkat saya hari ini, Terima kasih buat teman-teman yang telah membaca dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Wassalam
@walictd

Sort:  
Loading...
 10 months ago 

Thanks for your participation. Best of luck for the contest.
Entry number 3

 10 months ago 

You're welcome, success always to Mrs. @suboohi and your family.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 65858.36
ETH 3493.88
USDT 1.00
SBD 2.53