SEC-S13 / W6 | "🗣️ Me and My Senses 🧿"

in Healthy Steem11 months ago

Hai, teman semua!!
Apakabarmu hari ini?, Semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja. Pada hari ini, saya akan mengikuti sebuah tantangan yang luar biasa di komunitas ini, dengan tema 🗣️ Me and My Senses!. Sebelum saya memasuki ke dalam pembahasan terlebih dahulu Saya mengundang orang dekat saya seperti sahabat saya sendiri @cymolan kemudian juga senior-senior seperti pak @ridwant @teukuipul87 Pak @alee75 dan lain-lain.

burnsteem25.jpg
Saya buat dengan CorelDraw

Teman-teman semua dalam konteks tantangan ini disediakan beberapa pertanyaan yang harus kita jawab. Pertanyaan tersebut tetap mengenai dengan tema yang di bahas. Berikut adalah pertanyaannya serta jawaban dari saya:

1. 🗣️ Apa indra Anda? Manakah di antara mereka yang menjadi favorit Anda dan mengapa?

Panca indra adalah 5 organ yang berperan sangat-sangat penting bagi setiap manusia untuk menjalani kelangsungan hidup. Adanya mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium, kulit untuk meraba, dan lidah untuk pengecap. Kita rasa semuanya iitu sangatlah penting, dan tidak dapat dipisahkan satu pun dari kehidupan kita. Dari kecil ummat muslim percayakan bahwa indra yang terutama berfungsi adalah telinga yang berfungsi untuk mendengar. Maka kalimat pertama yang diperdengarkan oleh setiap bayi muslim adalah kalimat tauhid yang di lantunkan dalam bentuk azan. Semakin hari semakin besar hingga indra lain juga akan berfungsi dengan normal hingga dewasa.

image.pngsumber : pixabay

Namun ketika kita sudah memasuki usia lanjut (tua), satu persatu nikmat dari pancaindra mulai dicabut kembali. Terutama indra pendengar yang ketika kita sudah tua mulai melemahnya pendengaran, begitu juga dengan indra penglihatan. Ketika sudah sudah, mata kita sudah rabun dan tidak mampu lagi melihat dengan sempurna. Kulit dan lidah pun tidak lagi bisa bekerja dengan normal ketika tubuh kita sudah lemah di masa tua.

2. 🗣️ Apakah menurut Anda indra tertentu lebih penting dibandingkan indra lainnya? Mengapa atau mengapa tidak?

Semua panca indra akan bisa berfungsi dengan normal apabila semua lengkap. Seseorang bisa menjalani kehidupan dengan penuh semangat jika semua panca indranya ada dan bisa berfungsi dengan normal. Saya tidak sudah apabila menganggap salah satu panca indra lebih penting di bandingkan lainnya. Karena kita semua pasti sudah tahu, bisa semua panca indra dinyatakan fungsinya maksimal apabila 5 indra bersatu.

image.pngsumber : pixabay

Salah satunya tidak berfungsi dengan normal saja, semangat kita akan turun dan akan hilang, Apalagi salah satunya hilang dan dicabut oleh tuhan. Maka sebaiknya kita hanya bisa bersyukur apabila 5 indra kita sempurna. Coba bayangkan dengan orang yang memiliki kekurang dari salah satu indra yang lima, pastinya mereka tidak bisa melakukan pekerjaan yang maksimal seperti mereka yang sempurna. Mereka selalu mencari cara untuk bisa merasakan indra yang tidak ada padanya untuk bisa hidup, walaupun sampai kapanpun tidak bisa menemukannya.

Intinya kita harus selalu bersyukur, atas sempurnanya indra kita. Jangan pernah menganggap satu indra lebih banyak kepentingan itu saja yang kita anggap penting dan lainnya kita lupakan, maka saya tidak suka itu. Kita harus melihat bahwa semua indra itu berkaitan meskipun fungsinya berbeda.

3. 🗣️ Jika Anda bisa memiliki kepekaan ekstra, apakah itu dan menurut Anda bagaimana hal itu akan meningkatkan kehidupan Anda?

Meskipun tidak mungkin, bahwa saya suka meramal dan membaca kondisi seseorang. Itu yang saya mau. Jika saya mampu hal tersebut, saya ingin memperbaiki diri sendiri agar tidak marah dengan hadir saya didunia ini. Saya tidak ingin dengan hadirnya saya akan membuat beban tambahan bagi orang lain. Dengan meramal masa depan serta membaca kondisi seseorang, maka saya akan bisa menebak maksud dan tujuan baik atau buruk seseorang. Sehingga feeling seperti itu, saya bisa mudah membantu atau menghidarinya.

DSC_0053.jpgsaya sendiri

Jika masa depan saya tidak baik, maka saya akan berusaha memperbaikinya. Meskipun itu mustahil mengubah takdir, tetapi dengan selalu melakukan hal yang baik maka tidak salahnya untuk menjadi baik kedepannya.

4. 🗣️ Menurut Anda bagaimana indra kita memengaruhi persepsi kita terhadap dunia di sekitar kita?

Tentu saja, Panca indra akan mempengaruhi kelangsungan hidup kita didunia. Kita akan mengetahui indahnya dunia, merdunya suara, hangatnya mentari, manisnya minuman, dan harumnya bunga , itu semua karena indra kita sempurna. Takkan ada orang yang bilang itu tidak berpengaruh, kecuali dia tidak tahu.

image.pngIndahnya dunia, Sumber : pixabay

Eloknya sebuah bangun, rapinya pengaturan baranga adalah hasil pandangan dari mata kita sebagai indra penglihatan. Begitu juga contoh lainnya seperti lezatnya makanan yang disediakan oleh sebuah restoran yang akan membuat orang ramai-ramai membelinya. Rapi dan bersih juga sangat mempengaruhinya, coba bayangkan makanan saja yang lezat tetapi tidak bersih maka tak ada juga orang beramai-ramai kesana.

Maka kesimpulannya semua yang kita lakukan didunia ini, tak akan berjalan tanpa panca indra. Panca indra memberitahui kita tentang nikmatnya dunia.

Mungkin itu saja beberapa rangkaian kalimat yang dapat saya rangkai. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi saya sendiri hendaknya bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian postingan kali ini Terima kasih buat teman-teman yang telah membaca dari pertama dan sampai habis.

pennsif.gifdukung @pennsif.witness

baawah.png
Wassalam
@walictd

Sort:  
Loading...
 11 months ago 

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 11 months ago 

I wish you success at the outset. High School Answers to every question you have described beautifully. You have talked in detail about what an engineer does. We are healthy only if our five senses are functioning properly. If an NGO works poorly then we are not healthy. The answer to each question is very well explained in detail. Learned a lot from your content. Good luck to you.

 11 months ago (edited)

Tidak teman, saya masih belajar juga dan kita sama-sama belajar. Saya belum tergolong kedalam penulis hebat, bahkan masih rendah sekali kualitas tulisan yang saya rangkai. Namun saya akan selalu memperbaikinya, apalagi datang komentar yang indah sepertimu. Saya sangat semangat, terimakasih teman.
Kesuksesan milik kita semua.

 11 months ago 

The sense organs can be influenced by factors such as age, health conditions, and environmental factors. For example, certain medications can affect the sense of taste.

 11 months ago 

terimakasih atas komentar yang bagus ini, saya sangat menghargainya.

 11 months ago 

¡Holaaa amigo!😊

Nuestros sentidos tienen la capacidad de ayudarnos a ser personas completas por ello, hay que darle el valor y respeto a los cinco al igual que, constantemente debemos estar monitoreándolos para saber que están funcionado correctamente.

Te deseo mucho éxito en la dinámica, un fuerte abrazo💚

 11 months ago 

Terimakasih banyak atas komentarnya teman

TEAM 5

Congratulations! Your post has been upvoted through steemcurator08.

Screenshot_20231101_062609_Picsart.jpg

Curated by : <@damithudaya>
 11 months ago 

Terimakasih atas dukungannya

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 67614.76
ETH 2610.64
USDT 1.00
SBD 2.73