Permainan Buku Harian #53: Bagikan hari Anda dengan kami! Diary game Rabu, 7 Agustus 2024 : Membuat Percobaan Tentang cara telinga bekerja

in Steem For Ladies ā€¢ last month (edited)

diarygame_20240807_232250.jpg

Salam Sahabat Stemians dimanapun beradašŸ™

Hallo SteemainšŸ‘‹ semoga kalian semua baik-baik saja dan tetap semangat menghadapi hari-hari yang penuh tantangan dalam kehidupan kita. Begitu juga dengan saya, saya tetap bersemangat membuat postingan walaupun jarang mendapat vote dari SC.hehe...

Sebelumnya saya mengajak @ikbaldaud, @nanaafriana dan @yanti84 untuk berpartisipasi dalam kontes diarygame ini.

Hari ini saya akan membagikan diary game saya dari pagi hari dirumah, disekolah dan dirumah lagi. Namun saya mengambil judul salah satu kegiatan penting saya sebagai Guru yaitu Membuat percobaan bagaimana cara telinga bekerja pada kelas 5 MIN 4 Kota Lhokseumawe.

šŸŒžPagi hari sampai siang hari šŸŒž

Suara Adzan begitu merdu dan jelas terdengar di rumah saya yang terletak tak jauh dari dua mesjid saat saya baru selesai menanak nasi. Saya segera menunda pekerjaan dapur saya untuk segera memenuhi panggilan Adzan.

Selesai memenuhi kewajiban saya sebagai muslimah saya melanjutkan memasak yang saya tunda tadi. Rutinitas pagi membuat saya menjadi wanita paling sibuk dipermukaan bumi ini. Dalam waktu 1 jam saya harus bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan ibu rumah tangga saya sebelum saya menjadi guru disekolah. Saya harus membuat bekal untuk ketiga anak saya, memandikan si toddlerr super aktif saya, mencuci piring, membersihkan kamar. Baru saya bisa berjalan tanpa beban kesekolah.
IMG_20240807_070702.jpg
Bekal anak-anak

Sesampainya disekolah saya masuk tepat waktu pada jam pelajaran saya. Peserta didik saya terlihat cukup antusias menyambut kehadiran saya. Itu disebabkan karena saya sudah memberi tahu mereka kalau hari ini mereka akan belajar membuat percobaan tentang cara kerja Telinga.

Mereka telah membawa alat dan bahan yang diperlukan sesuai tugas masing-masing.
diarygame_20240807_221105.jpg
Alat dan bahan yang diperlukan

Saya memulai pelajaran hari ini dengan membagi kelompok. Kelompok saya bagi berdasarkan hitungan ganjil dan genap. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang peserta didik.
Setelah mereka duduk berkelompok saya menjelaskan aturan dan tata tertib dalam kerja kelompok. Saya juga memberi tahu mereka akan mengambil penilaian dalam 4 aspek yaitu ;
āœ… kelengkapan alat dan bahan,
āœ… kesesuaian langkah kerja, hasil dan kesimpulan,
āœ…kekompakan dalam kelompok dan
āœ…penampilan saat presentasi

Selanjutnya saya memulai kerja kelompok dengan mengambil penilaian aspek pertama. Saya memeriksa alat dan bahan setiap kelompok. Dan Alhamdulillah semua lengkap. Lalu saya memberi intruksi untuk segera merangkai alat dan bahan sesuai petunjuk di lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah saya bagikan.
diarygame_20240807_221112.jpg

Selanjutnya peserta didik mencoba alat tersebut dengan berteriak serentak pada garam yang ditabur diatas ikatan balon tersebut. Dan hasilnya garam tersebut bergerak-gerak. Ini membuktikan bahwa suara merambat melalui udara mengenai balon. Balon bergetar dan membuat garam bergerak. Saya memeriksa seluruh kelompok agar semua bisa melakukan percobaan dengan benar. Setelah semua saya pastikan bisa dan mengerti maksud dari percobaan, saya mengintruksikan agar setiap kelompok membuat kesimpulan untuk dipresentasikan ke depan kelas.
diarygame_20240807_221117.jpg

diarygame_20240819_221124.jpg

diarygame_20240819_221128.jpg

Sebelum masing-masing perwakilan kelompok maju kedepan kelas, saya membagikan no.urut presentasi sesuai undian nomor yang dipilih. Setelah itu mereka maju untuk mempresentasikan hasil kerja masing-masing. Agar suasana tidak kaku, saya juga mengintruksikan mereka agar membuat yel-yel semangat. Dan ternyata mereka sangat kreatif bisa menciptakan yel-yel versi kelompok masing-masing dengan baik. Mereka mulai mempresentasikan satu-satu hasil kerja mereka dan menjelaskan kesimpulan yang mereka peroleh dari percobaan tersebut. Dimana hasil kesimpulan mereka sebagai berikut ;
ā—‹Suara yang berasal dari luar masuk ke telinga melalui udara, kemudian getarannya ditangkap oleh daun telinga.
ā—‹Daun telinga meneruskan suara melalui lubang telinga menuju ke gendang telinga.
ā—‹Gendang telinga bergetar, kemudian getarannya ini akan diteruskan menuju ke telinga tengah, yaitu tulang pendengar dan tingkap jorong.
ā—‹Dari tingkap jorong, getaran suara akan menggetarkan cairan yang terdapat pada rumah siput.
ā—‹Cairan yang bergetar merangsang urat saraf pendengaran, kemudian diteruskan ke otak.
ā—‹Otak akan menerjemahkan bunyi tersebut.

Setelah semua presentasi selesai saya mengumumkan kelompok terbaik berdasarkan jumlah nilai yang mereka peroleh berdasarkan 4 aspek penilaian. Dan pembelajaranpun selesai. Waktu pulang sekolahpun tiba. Sebelum pulang mereka mendapat jadwal shalat dhuhur hari ini. Saya mengontrol mereka.
diarygame_20240819_221134.jpg

ā˜€ļøSoree hariā˜€ļø

Seperti biasa, setiap sore sebelum Ashar saya menyiapkan kedua putri saya untuk pergi mengaji dan mengantar mereka.

šŸŒœMalam harišŸŒ›

Menjelang Maghrib semua sudah berada dirumah. Adzan berkumandang saya dan kedua putri saya shalat dirumah. Sementara putra kecil saya saat ini sedang belajar dibawa ayahnya ke Mesjid. Pulang ayahnya dari mesjid kami makan malam bersama. Lalu dilanjutkan dengan mengajar tugas sekolah dua putri saya.
diarygame_20240807_181819.jpg

Setelah cukup lelah dan mengantuk, saya menyuruh mereka shalat isya terlebih dahulu baru kemudian tidur. Saat mereka semua terlelap saya membuat postingan ini.

Demikian postingan diary saya hari ini. Terimakasih untuk yang sudah mampir jangan lupa vote dan komentar terbaiknya ya.

@elagusella_20240725_235539.jpg

Sort: Ā 
Ā last monthĀ 
Club StatusClub100
Steem Exclusiveāœ…
Plagiarism Freeāœ…
BOT Freeāœ…
Voting CSIpending
Steemladies10%
Burnsteem250%
AI contentHuman
Word count725
MOD's Observations/suggestions

Hi @elagusella,

Thank you for contributing 10% of your post to support community growth.

I enjoyed reading your diary. You had an amazing day carrying out your duties. I wish you luck in the contest!

Thank you for participatingā€¦..

Vote @pennsif.witness for growth across the Steemit platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available. Vote here

Ā last monthĀ (edited)

Terimakasih atas verifikasinya

Ā last monthĀ 

CONGRATULATIONS!
Your post is nominated by Steem For Ladies for booming vote. The community where the Steemian ladies can be free to express themselves, be creative, learn from each other, and give support to their fellow lady Steemians.
"Only posts that are original, adhere to the rules, and are not cross-posted are nominated."

Best wishes!
@vishwara

Ā last monthĀ 

Terima kasih atas nominasinya

Ā last monthĀ 

šŸ’•

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 63491.17
ETH 2618.75
USDT 1.00
SBD 2.79