thediary game 13 Agustus 2024, Apa pun hasilnya tetap semangat belajar

in Teachers & Students25 days ago (edited)

Assalamualaikum,,,

selamat pagi sahabat steeminia, semoga sehat selalu dan dalam lindungan sang khaliq, matahari sudah mulai bersinar dengan cerahnya, Alhamdulillah,, hari ini akan menulis kembali diary cerita keseharian saya mulai dari kegiatan pagi sampai malam hari.

1000087309.jpg
Kegiatan pagi hari

Pagi ini kegiatan saya di awali dari rumah, setelah menunaikan kewajiban dengan shalat subuh, lanjut menyiapkan sarapan untuk keluarga tercinta, pagi ini saya ada jadwal mengajar di kelas lima Zaid Bin Tsabit menggantikan guru yang sedang cuti lahiran, jadi saya pun sudah dengan seragam sekolah, tidak seperti biasa kesekolah di pagi hari menggunakan pakaian biasa saja karena tidak ada jadwal mengajar.

Setelah sarapan dan selesai bersiap-siap kami pun berangkat, pertama-tama saya mengantar anak sulung saya kesekolah, kemudian lanjut kesekolah Min 4 Lhokseumawe, karena masih pukul 06.40 suasana di jalan masih jarang kendaraan tidak macet dan bisa melaju kendaraan sedikit cepat, supaya bisa cepat sampai kesekolah membantu suami menyusun barang dagangan di kantin sekolah sebelum masuk untuk mengajar.

Jam sudah menunjukan pukul 07.15 bel masuk pun sudah berbunyi saya bersiap-siap masuk kelas untuk mengajar, siswa-siswi di kelas sudah duduk rapi menunggu gurunya masuk, sangat berbeda bila saya mengajar siang di kelas dua di mana anak-anak masih berlari, berdiri dan berjalan kesana kemari, karena masih kecil-kecil masih perlu bimbingan dan pengawasan yang lebih.

Hari ini belajar hanya sampai pukul 09.00 pagi karena akan di adakan acara perlombaan merayakan hari kemerdekaan yang ke 79 tahun, anak-anak kelas lima pun sudah di infokan di grup untuk menyiapkan baju olah raga saat lomba nantinya, jadi mereka cuma membawa buku satu mata pelajaran saja.

Pukul 09.00 pas anak-anak saya keluarkan karena panitia lomba sudah mengintruksikan siswa-siswa keluar untuk melihat teman-temannya bertanding bagi yang tidak kenak lomba, kelas lima sudah saya bagi untuk mengikuti perlombaan, semua siswa dapat mengikuti lomba yang berbeda menurut nama yang sudah saya tentukan, perlombaan Agustus di sekolah rencana di laksanakan tiga hari, jadi perhari dua lomba yang di lombakan grup putra dan grup putri, anak-anak kelihatan sangat senang dan tidak sabar menunggu lomba di mulai.

1000082456.jpg1000082455.jpg

Saya pun kembali kekantin untuk membantu suami berjualan, pukul 11.30 lomba pun selesai untuk hari ini, lanjut besok dengan lomba yang berbeda, saya pun segera memberi info kepada wali murid kelas lima agar segera menjemput anak-anaknya.

Selesai berjualan saya bersiap-siap untuk pulang sambil membeli lauk nanti di perjalanan pulang, setelah beberapa menit akhirnya saya pun sampai di rumah, segera masuk beres-beres rumah yang berantakan karena tadi pagi tidak sempat merapikannya, selesai beres-beres lanjut menjemur kain karena matahari sangat cerah.

Setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah, saya pun makan siang karena selesai makan segera mandi, sholat zuhur dan lanjut kembali kesekolah untuk mengajar siswa kls dua yang menjadi tanggung jawab saya sebagai wali kelas dua Zaid.

Kegiatan siang

Setelah membaca doa siswa mulai masuk materi pembelajaran, setelah menjelaskan materi, siswa kelas dua hari ini akan cobak belajar dengan menggunakan model Snowball Throwing, metode ini menurut saya penting bagi peserta didik kelas 2 karena untuk melatih ketangkasan, tanggapan, kerjasama dan keberanian yang sesuai dengan perkembangan peserta didik kelas 2 Ibtidayah atau sesuai dengan usianya.

Adapun langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing adalah sebagai berikut:

  1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan.
    2.Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
  2. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada teman sekelompoknya.
  3. Masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
  4. Pertanyaan yang sudah di buat oleh anggota kelompok di baca didepan kelas dan memberi kesempatan bagi kelompok lain untuk menjawab soal,
    6.Guru mengevaluasi dan menutup pembelajaran.
1000076671.jpg1000076672.jpg
1000076677.jpg

Melalui langkah-langkah kegiatan model pembelajaran Snowball Throwing diharapkan peserta didik kelas 2 Sekolah Dasar dapat melatih ketangkasan, tanggap, kreatifitas, kerjasama dan keberanian, serta membangun pengetahuan dan keterampilannya.

Beberapa hal tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mulai dari dini diharapkan peserta didik mampu menanamkan sikap kerjasama, kreatifitas dan keberanian yang dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan luar sekolah.

Kegiatan sore hari

Pukul 16.45 tugas mengajar saya selesai, saya pun segera pulang, untuk mandi dan shalat asar, setelah semua kegiatan selesai saya lakukan rencana saya mau beristirahat sambil menonton televisi.

Hari sudah semakin sore, waktu shalat magrib pun tiba, saya bersiap-siap untuk segera melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim, selesai shalat magrib saya dan anak-anak makan malam karena habis isya kami akan kemeunasah Hagu Barat Laut karena ada acara penutupan dan pengumuman pemenang lomba MTQ ke 37 yang sudah diadakan dalam beberapa hari ini.

Malam hari

Selesai shalat isya kami pun berangkat menggunakan sepeda motor ke meunasah Hagu Barat Laut bersama Zahra, sedangkan Afdhal sudah di antar kemeunasah Banda Masen karena sebelum ke acara penutupan di Hagu Barat Laut, peserta lomba yang sudah berjuang mengharumkan nama gampong Banda masen di tutup terlebih dahulu oleh geuchiknya Banda Masen, sementara Abah tidak pergi ke acara karena badan yang kurang sehat jadi istirahat di rumah saja.

1000082773.jpgfoto peserta,pelatih dan pengurus MTQ ke 37

Saya sampai di menasah sudah ramai penonton yang datang, setelah memakirkan motor, saya mencari tempat duduk di bawah tenda, acara sudah di mulai para peserta lomba harap-harap cemas, beda dengan Afdhal yang sudah merasa bahwa grupnya tidak menang jadi tidak berdebar-debar lagi, sedangkan peserta cabang tilawah, syahril Qur'an dan beberapa cabang yang lain yang belum tau hasil nilainya pasti sangat berharap jadi pemenang.

1000082816.jpg1000082812.jpg

Setelah beberapa acara selesai, mulai lah pembacaan pemenang, setiap kali nama peserta yang di sebut menjadi juara harapan sampai pemenang pertama peserta dari gampong yang sama bersorak gembira, sampailah cabang fahmil Qur'an yang di baca kan pemenang harapan tiga yaitu Desa Banda masen yang merupakan grupnya Afdhal betapa terkejutnya dia dan kawan satu grupnya, karena tidak menyangka menjadi pemenang harapan tiga, Alhamdulillah lelahnya menghafal dan berlatih terbayarkan, semoga kedepannya mendapat juara yang lebih bagus lagi.

1000082834.jpg1000082835.jpg
1000082857.jpg1000082832.jpg
1000082851.jpgZahra ikut foto dengan piala abangnya

Ada beberapa foto di ambil dari Wa grup

Afdhal pun mengambil piala penghargaan di atas panggung utama, dan Alhamdulillah peringkat ketiga juara Umum antar Desa di Banda Sakti di raih oleh gampong Banda masen, Pak gecik yang sangat senang mentraktir semua peserta dan pelatih juga pengurus makan dan minum di kafe, sedang kan saya dan Zahra langsung pulang kerumah.

1000082869.jpg1000082896.jpg
1000082872.jpg1000082902.jpg

Ada beberapa foto di ambil dari Wa grup

Pukul 02.15 malam Afdhal pulang di antar oleh pelatihnya, dan ini menjadi pengalaman pertama yang berkesan bagi Afdhal dalam mengikuti lomba MTQ antar desa se Banda Sakti Lhokseumawe.

Sekian cerita diary saya hari ini, terimakasih sahabat steemit yang selalu mendukung postingan saya.

Salam hangat
Sort:  
 25 days ago 

Hello, here are the results of our assessment of your post:

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
350+ Words
AI Free
Bot-Free
Club5050
Support myteacher
Burnsteem25

Feedback:

  • Menurut saya, Anda telah menjadi seorang ibu yang baik dalam mendidik anak anda, dia telah menjadi manusia yang berpengetahuan dan berpendidikan sehingga dia dapat mengikuti lomba MTQ tingkat desa. Lomba ini sangat penting karena merupakan seni dalam membaca Al-quran. semoga anak anda Afdhal dapat menjadi pemimpin dan tokoh agama di masa depan.
 25 days ago 

Aamiin, terimakasih doa dan verifikasi di postingan saya..🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 59841.39
ETH 2413.69
USDT 1.00
SBD 2.43