MENGATASI RASA GUGUP SAAT MELAKUKAN SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI @trielsi

in Teachers & Students10 days ago (edited)

IMG_0131.JPG

Hai sahabat stemian!

Kembali lagi bersama saya @trielsi pada komunitas guru dan siswa. Di postingan kali ini saya akan membagikan beberapa tips untuk mengurangi rasa gugup saat melakukan Seminar proposal skripsi khususnya bagi mahasiswa semester akhir!!

Nah, hari ini saya baru saja melakukan Seminar proposal skripsi di kampus saya, yang mana saat melakukan presentasi saya di hadapkan oleh 2 dosen penguji yang ditugaskan untuk mengevaluasi dan menguji kesiapan saya dalam membuat penelitian skripsi selanjutnya.

Seminar proposal mungkin sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa semester akhir, karena inilah tantangan yang harus dihadapi setiap mahasiswa. Sebelumnya kita harus tau dulu bahwasanya seminar proposal adalah momen dimana mahasiswa melakukan presentasi untuk menunjukkan ide atau rencananya ketika akan melakukan penelitian kepada dosen penguji. Yang kemudian dosen penguji akan memberikan feedback atau saran untuk melihat apakah proposal penelitian kita sudah matang atau masih ada yang harus direvisi lagi.

Jujur awalnya saya merasa nervous, takut bahkan tidak percaya diri saat akan melakukan presentasi. Apalagi melihat teman-teman saya yang mulai masuk keruang sidang, hal itu membuat saya sedikit keringat dingin. Jadwal saya seminar proposal di jam 15.00 sebelum itu saya pergi untuk membeli kue dan air minum untuk diberikan kepada dosen penguji saja dalam bentuk rasa terima kasih karena mau memberikan saran dan masukkan pada penelitian yang saya lakukan.
IMG20241004141810.jpg
Saya membeli donuts moon di kota Lhokseumawe setelah itu saya langsung kembali ke kampus untuk mempersiapkan diri saya untuk presentasi dengan persiapan yang matang.

Namun disini ada beberapa tips yang saya lakukan pada diri saya agar bisa mengatasi rasa gugup yang sedang melanda pada diri saya. Dan saya akan membagikan tips tersebut kepada kalian untuk menjadi pengetahuan kita bersama-sama. Hal pertama yang perlu dilakukan dan dipersiapkan saat akan melalukan presentasi seminar diantaranya :

1. Persiapkan PPT Terbaik

Sebelum melakukan presentasi proposal yang pertama kali saya lakukan adalah mempersiapkan dan membuat PPT sebaik mungkin. PPT yang disiapkan harus lah berisi point-point yang akan kita bahas dan yang terpenting harus jelas dan mudah untuk dipahami oleh kita sendiri dan dosen penguji. Usahakan dalam membuat PPT untuk seminar gunakan template yang formal agar kita terlihat lebih siap dalam melakukan presentasi.

Pada pembuatan ppt saya menggunakan aplikasi Canva untuk menemukan elemen yang menarik dan template yang bagus dan sesuai dengan apa yang saya butuhkan. Ketika kalian sudah menyiapkan ppt terbaik kalian, saya pastikan rasa percaya diri itu akan tumbuh pada diri kalian.

2. Menguasai Materi

Nah, kemudian setelah ppt yang kalian buat sudah selesai pastikan kalian juga bisa menguasai materi dan konten dari proposal yang akan kalian perjuangkan pada seminar agar judul yang kalian inginkan bisa naik untuk judul skripsi. Karena sebaik-baiknya ppt yang kalian buat jika kalian tidak mampu menguasai materi penelitian kalian, itu akan terlihat sia-sia. Bagian terpenting dalam melakukan Seminar proposal adalah inti dari isi penelitian yang ingin kalian lakukan, dimana kita harus bisa menjawab pertanyaan dosen penguji mengenai bagaimana latar belakang masalah, mengapa mengambil judul penelitian tersebut, apa rumusan masalah dan tujuan masalah penelitian kamu dan bagaimana mana metodologi penelitian yang akan kamu lakukan. Hal itu lah yang harus benar benar saya pahami saat akan melakukan Seminar.

3. Percaya Diri

Tips selanjutnya adalah menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri kita, bagaimana caranya? Yaitu dengan memberikan motivasi pada diri kita sendiri dan memberikan kata-kata positif.

Pukul 14.40 saya sudah tiba di depan ruangan sidang proposal untuk menunggu giliran saya masuk kedalam ruangan tersebut untuk melakukan presentasi, Jujur saja sebenernya saya merasa deg-degan namun untuk mengatasi itu semua saya meyakinkan diri saya dengan cara mengubah mindset saya saat itu. Hal yang saya lakukan adalah mengambil sticky note kemudian saya tulis kata-kata positif pada sticky note saya saya tempelkan pada proporsal saya

IMG20241004141739.jpg

Saat itu juga saya mengubah mindset saya dengan mengatakan pada diri saya sendiri "Anggap saja ini bukan seminar proposal antara mahasiswa dan dosen. Bayangin kamu lagi punya projek besar yang ingin kamu diskusikan sama klien kamu, dan kamu berhasil mengambil hati mereka sehingga proyek mu diterima oleh klien kamu."

Dan ternyata hal itu sangat ampuh bahkan saya sedikit tenang setelah mengatakan hal tersebut, dengan percaya diri saya yakin saat melakukan Seminar saya akan menyampaikan isi proposal saya dengan lancar. Hingga saat giliran saya pun tiba, lalu saya masuk kedalam ruangan sidang yang disambut oleh dua dosen penguji saya.

cb127bc917da45918602d45e8e89aa40.jpg

Saya melakukan presentasi tersebut dengan sangat percaya Diri dan tegas serta jelas. Penjelasan dari latar belakang masalah hingga ke teknik analisis data saya jelaskan dengan detail sehingga membuat dosen penguji saya kagum. Tahukah kalian apa yang paling membuat saya bahagia?? Yaitu saat dosen saya memuji saya bahwa proposal saya sangat bagus dan ppt yang saya buat sangat keren dan menarik. Bahkan dosen saya tidak menanyakan hal-hal yang saya takutkan. Justru mereka lebih banyak memuji proposal yang saya buat dan lebih banyak memberikan saya saran serta akan membantu saya untuk menyusun skripsi hingga menjadi lulusan terbaik di kampus saya.

Ada sebuah kalimat dari dosen penguji yang masih terngiang-ngiang di kepala saya yaitu ketika dosen saya mengatakan "Saya kenal kamu sebagai mahasiswa yang pintar, saya akan kecewa sekali sama kamu jika proposal yang kamu buat tidak bagus. Tapi ternyata proposal kamu hari ini sangat bagus dan tidak banyak yang perlu direvisi" perkataan tersebut masih membuat saya bangga sampai hari ini yang mana artinya dosen saya sangat percaya pada saya.

Kemudian saya keluar dengan sambutan hangat oleh teman-teman saya yang langsung memberikan selamat atas keberhasilan yang saya lakukan. Intinya kita perlu percaya diri, menguasai materi dan mempelajari materi sematang mungkin. Terus berpikir positif karena hal-hal yang kita takutkan belum tentu terjadi.

Mungkin sekian saja postingan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua, dan semoga tips mengatasi rasa gugup ini dapat membantu sahabat semua.

Salam saya @trielsi

Sort:  
 10 days ago 

Thank you very much for publishing your post in Teachers and Students community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free / AI Article Free
#steemexclusive
350+ Words
#club5050newcomer
Bot Free

Beneficiaries

#burnsteem25
@ myteacher

No
No

Sebelumnya saya mengapresiasi apa yang telah anda publikasikan, ini terbaca dengan baik.

Tips, itulah rahasia yang membuat anda lepas dari rasa gugup, dan kami senang anda dapat berbagi cara tersebut. Selalu ada hal berbeda untuk sesuatu yang besar, pengalaman ini akan membuat anda jauh lebih siap dalam menghadapi hal-hal lainnya. Tetap jaga rasa percaya diri yang mampu anda keluarkan, hal ini membantu banyak hal dalam kehidupan.

Sukses untuk segala bentuk tugas kuliah anda, semoga pada titik tertentu, anda akan mendapatkan jawaban dari apa yang anda usahakan.

 9 days ago 

Terimakasih pak

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 65775.18
ETH 2600.82
USDT 1.00
SBD 2.68