KREATIVITAS MEMBUAT POP UP BOOK BERSAMA PESERTA DIDIK

in Teachers & Students10 days ago (edited)

Haiii semuanya...

Hari ini saya @trielsi akan memposting pengalaman saya tentang mengajak para peserta didik membuat pop up book pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi buku fiksi dan non fiksi. Yang mana harapan saya postingan ini akan menjadi motivasi bagi teman-teman semuanya khusus bagi para guru di Indonesia dan di komunitas yang kita banggakan ini

IMG20230705115357.jpg

POP UP BOOK

Sebelum itu kita perlu tau dulu apa sih pop up book itu? Pop up book adalah sebuah buku yang apabila buku tersebut dibuka akan timbul ataupun muncul sehingga membuat kesan nyata pada elemen di dalamnya. Selain itu pop up book ini memiliki elemen 3 dimensi, pop up book merupakan media pembelajaran interaktif yang sangat dapat membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik. Mengapa demikian?? Dengan menggunakan media pembelajaran yang baik siswa akan tertarik dan penasaran dengan pembelajaran yang akan di sampaikan.

Nah, teman-teman mengingat kurikulum di Indonesia yang terus berkembang dan berubah ternyata tidak hanya guru saja yang harus membuat media pembelajaran tetapi kita juga bisa mengajak siswa untuk belajar membuat media pembelajaran sederhana. Dengan kita mengajak siswa sama dengan kita melatih menumbuh kembangkan kreativitas siswa kita. Seperti saat ini saya mengajak siswa saya untuk membuat Pop up book dalam materi cerita fiksi dan non fiksi mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Pertama saya meminta siswa saya untuk menyediakan alat dan bahan yaitu:

  1. Kertas jeruk
  2. Kertas origami
  3. Pulpen
  4. Lem
  5. Gunting

Kemudian saya memilih beberapa gambar yang saya kutip dari canva untuk diberikan kepada siswa sebagai tema cerita fiksi yang akan di buat dalam pop up book siswa saya. Kemudian saya meminta siswa saya untuk memilih gambar yang telah saya print dan di lanjutkan dengan siswa untuk membuat judul buku sesuai keinginan mereka. Kemudian mengajak mereka mendesain sampul depan pop up book menggunakan kertas jeruk yang telah dilipat menjadi 2.

IMG20240921203650.jpg

Melihat antusias mereka saat menentukan judul cerita mereka membuat saya semakin bersemangat untuk melanjutkan pembuatan pop up book. Setelah menentukan judul langkah selanjutnya mereka menuliskan judul tersebut di kertas origami kemudian di gunting dan di tempelkan pada kertas jeruk yang di jadikan sampul buku sebelumnya.

IMG_20240921_173715.png
Gambar cover depan pop up book siswa perempuan

IMG_20240921_173758.png
Gambar cover depan pop up book siswa laki-laki

Kegiatan selanjutnya adalah membuat isi cerita dari gambar yang telah dipilih oleh siswa. Dengan melakukan kegiatan ini siswa mampu menuangkan imajinasinya dalam sebuah cerita, mereka mampu membuat cerita fiksi versi mereka sendiri menggunakan kognitif mereka.

IMG20240921203703.jpg

Setiap anak memiliki kemampuan sendiri dalam membangun dan membuat sebuah cerita. Mengajak peserta didik membuat pop up book ternyata sangat menyenangkan dan menambah wawasan anak. Nyatanya tidak hanya guru yang bisa membuat media buku tetapi murid juga mampu.

IMG_20240921_173625.png

pop up book siswa laki-laki

IMG_20240921_173545.png
pop up book siswa perempuan

Pada pembelajaran kali ini saya lebih menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Jadi sini murid tidak hanya mendengarkan atau melihat guru menjelaskan materi saja, namun siswa lah yang menjadi subjek dan bergerak aktif.

Dengan mengajak kreativitas membuat pop up book bersama akan menumbuhkan semangat baru bagi siswa apalagi siswa yang gaya belajarnya dominan pada gaya kinestetik.

Harapan saya semoga teman-teman komunitas yang membaca postingan saya dapat terinspirasi dan menemukan ide baru untuk melakukan pembelajaran yang menyenangkan di kelas

Salam manis dari saya @trielsi

Sort:  
 10 days ago 

Thank you very much for publishing your post in Teachers and Students community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free / AI Article Free
#steemexclusive
350+ Words
#club5050NC
Bot Free

Beneficiaries

#burnsteem25
@ myteacher

no
no
  • Wah ide membuat pop up book ini menarik dan patut di contoh oleh banyak guru sehingga dapat memudahkan proses pembelajaran, hal yang membuat saya kagum ketika anda juga mampu mengajarkan seluruh siswa anda di kelas untuk membuat pop up book ini. Melihat seluruh hasil yang dilakukan siswa sepertinya anda telah berhasil mengajarkan mereka membuat buku imajinasi ini. sukses terus untuk anda.

  • tagar yang anda gunakan salah, harap edit postingan anda untuk memperbaiki sehingga orang lain dapat dengan mudah menemukan postingan anda.

saran : #newcomer #indonesia #steemexclusive #learnwithsteem

jika menggunakan #burnsteem25 pastikan anda menetapkan penerima manfaat ke @null

 10 days ago 

Baik,, terimakasih kasih atas saran yang kamu berikan kepada saya, saya akan terus belajar memperbaiki apa yang masih salah dalam penulisan saya.

 10 days ago 

halo elsi, saya belum lihat achivment 1 kamu tapi gak papa nanti saya cari sendiri, kreasi anda membuat anak-anak makin menyukai pelajaran yang anda ajarkan. good job

Jika punya ketrampilan yang lain boleh kirim ke komunitascreative pulse, boleh tengok-tengok dulu...

 10 days ago 

setiap postingan harus ada foto kamu minimal 1 ya

 10 days ago 

Baik,, terima kasih atas sarannya

TEAM 5

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator07. We support quality posts, good comments anywhere, and any tags.


image.png

Curated by : @mikitaly

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 63491.17
ETH 2618.75
USDT 1.00
SBD 2.79