The Diary Game #TS2, 3 Agustus 2024 Bermain sambil berkarya menggunakan Plastisin

in Teachers & Studentsyesterday (edited)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

1000586061.jpg

Hai steemian di manapun kalian berada, apa kabar kalian hari ini, aku harap kalian baik-baik saja. Kembali lagi bersama saya @sriiza, hari ini aku akan membagikan aktivitasku dalam The Diary Game, semoga kalian bahagia selalu.

Guru adalah sosok yang sangat saya kagumi sejak kecil. Namun, tak pernah terbersit sedikit pun bahwa saya akan menjadi salah satu bagian dari mereka. Sejak kecil, saya memang sangat senang berbagi pengetahuan dengan teman, sering juga memerankan seorang guru saat bermain dengan teman. Akan tetapi, dulu saya berfikir bahwa seorang guru harus mempunyai kemampuan yang lebih dari orang lain. Seorang guru pun harus bisa bertanggungjawab untuk bisa mendidik siswa.

Menjadi seorang guru memang harus dijalani dengan ikhlas. Ternyata ada rahasia Tuhan di setiap perjalanan hidup manusia. Tidak ada hal yang tidak mungkin jika Tuhan berkehendak. Saya sangat bersyukur, Tuhan telah menakdirkan saya menjadi seorang guru. Dengan menjadi seorang guru, saya banyak belajar pengalaman hidup, belajar lebih sabar, belajar lebih ikhlas dan belajar untuk bisa memahami kekurangan orang lain.

Hari ini aku mengajar pelajaran SBDP materi membuat karya seni dua dimensi atau 3 dimensi. aku mulai memasuki kelas dengan membuka pembelajaran terlebih dahulu. selanjutnya mengajak siswa siswiku ice breaking terlebih. aku mulai membuka pembelajaran dengan menanyakan kepada siswa ada membawa bahan tang diperlukan untuk membuat karya seni?.

Jenis patung berdasarkan kegunaannya
Patung juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kegunaanya, yaitu:

Patung religi adalah patung yang memiliki makna religius dan dibuat sebagai sarana ibadah.

Patung monumen dibuat sebagai bentuk peringatan peristiwa bersejarah atau untuk mengenang jasa seorang pahlawan.

Patung arsitektur biasanya dibuat dalam konstruksi bangunan agar dapat dinikmati keindahannya.

Patung dekorasi merupakan patung yang dibuat untuk menghiasi bangunan atau lingkungan taman agar terlihat indah.

Patung seni adalah patung yang dibuat untuk dipamerkan dalam acara-acara pameran seni untuk dinikmati keindahan bentuknya.

Patung kerajinan yaitu patung yang dibuat oleh perajin dengan tujuan ekonomi (diperjual-belikan).

Bahan pembuatan patung
Dalam proses pembuatan patung ada lima bahan yang digunakan, yaitu bahan lunak, bahan sedang, bahan keras, bahan cor atau cetak, dan bahan limbah. Berikut penjelasan dari bahan-bahan tersebut:

Bahan lunak yaitu material yang empuk dan mudah dibentuk, contoh bahan lunak yang mudah dibentuk adalah: tanah liat, lilin, sabun, dan plastisin.

Bahan sedang adalah material yang ada di antara bahan lunak dan keras, atau bisa dibilang bahan ini tidak keras dan tidak lunak. Contoh dari bahan ini adalah: kayu waru, kayu sengon, kayu randu, dan kayu mahoni.

Bahan keras yaitu bahan yang berupa kayu atau batu batuan. Contohnya adalah: kayu jati, kayu sonokeling, kayu ulin, batu padas, batu granit, batu andesit, dan batu pualam (marmer).

Bahan cor atau cetak merupakan bahan yang biasa digunakan dalam proses pencetakan atau pengecoran. Contohnya adalah: semen, gips, logam, timah, perak, emas, dan beberapa bahan kimia seperti fiber atau resin.

Bahan limbah yaitu bahan-bahan dari barang bekas yang dapat didaur ulang dan bahan tersebut dapat digunakan untuk membuat patung. Contohnya adalah: koran bekas, jerami, besi, potongan kayu dan lain-lain.

mulai membuat karya seni

1000572378.jpg1000572432.jpg
1000572382.jpg1000572550.jpg

Saya hari ini akan mempraktekkan cara membuat karna seni dengan menggunakan bahan lunak yaitu plastisin atau kleo. saya memberi arahan dalam pembuatan patung. setiap siswa harus membuat dua buah karya seni menggunakan plastisin.

Hasil karya siswa

1000575630.jpg1000575624.jpg

Setelah saya memberikan arahan siswa mulai membuat karya seni bebas sesuai selera mereka masing-masing, saya tidak memaksa harus membuat sesuai keinginan. karena di sini saya tidak menuntut harus membuat sesuai selera saya. siswa bisa mengekspresikan karya yang mereka miliki.

Mempresentasikan karya siswa

1000585986.jpg1000585998.jpg

Setelah menghabiskan waktu dua jam pelajaran yaitu 70 menit tugas mereka membuat karya seni menggunakan plastisin siap. sayapun tidak lupa mengabadikan hasil karya yang mereka miliki.

Pajangan hasil karya siswa

1000586062.jpgPajangan hasil karya siswa

Kemudian tugas mereka saya pajangkan di dalam kelas, mana tau suatu saat diperlukan tentang karya siswa jadi tidak capek lagi mengumpulkannya.

Sekian cerita aktivitasku di dalam kelas bersama siswa-siswi di kelas 6. Terimakasih banyak untuk kawan stemian dimanapun kalian berada. mohon dukung terus aku jangan lupa vote, comment and follow.

Aku mengajak teman-temanku untuk ikut Contes ini @megaaulia, @yanti84, dan @ifatniza

wassalam
@sriiza

Sort:  
 yesterday 

Hello, here are the results of our assessment of your post:

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
350+ Words
AI Free
Bot-Free
Club100
Burnsteem25

Feedback:

  • Wah anda adalah guru yang luar biasa mengajarkan siswa membuat karya seni dari plastisin, aku melihat mereka sangat serius dalam belajar dan seluruh siswa terlibat aktif. Selain itu karena bimbingan anda yang serius sepertinya mereka telah berhasil membuat karya seni yang indah. Sukses selalu untuk anda ibu guru.
 yesterday (edited)

terimakasih banyak untuk verifikasinya

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.026
BTC 57419.72
ETH 2441.05
USDT 1.00
SBD 2.41