Pintar itu bervariasi

in Teachers & Students4 days ago

Hallo Sahabat steemit yang terkasih, semoga saya anda dan kita semuanya dalam keadaan sehat walafiat.

ai-generated-9106911_1280.webp

Gambar dari https://pixabay.com/id/

Baik sahabat steemit, kali ini saya akan sedikit berbicara tentang variasi kepintaran setiap anak.
Sahabat steemit yang terkasih, selayaknya manusia yang diciptakan dengan penciptaan yang paling istimewa, tentu saja kita memiliki keunikan masing-masing. Setiap anak terlahir dengan wujud yang berbeda, pemikiran yang berbeda, gaya hidup dan masih banyak hal lain.

IMG_20241002_122116.jpg

Foto jepretan dari anak yang pintar matematika

Sang anak yang mengambil foto ini, sangat ahli di bidang matematika. Namun dia kurang mahir dalam mengambil foto. Sama seperti saya😄
Ternyata saya tidak harus membuat mereka semua ahli dalam bidang akademik, tapi saya harus membuat mereka ahli dengan skill masing-masing yang mereka punya.

Perbedaan bukanlah hal buruk, justru perbedaan membuat beragama keunikan yang bisa dilihat dan dirasakan oleh setiap orang. Jika setiap orang sama, maka tidak akan ada hal menarik, rasanya akan sangat membosankan setiap hari memandang hal yang sama. Gak akan seru kan?

Kepintaran atau keahlian memiliki banyak variasi. Ada anak yang yang tidak pandai berbicara tapi tulisan nya di baca semua orang, ada anak yang tidak pandai menulis tapi suaranya didengat banyak orang, ada anak yang tidak pintar mengeluarkan pendapat tapi coret lukisannya ditonton dunia. Begitulah kehidupan, variasi membuat segala hal menjadi lebih berarti.

Kepintaran di bidang public Speaking

video-recording-3767454_1280.jpg

Gambar dari https://pixabay.com/id/

Kita semua pasti tau, berbicara didepan umum adalah skill yang harus semestinya dimiliki oleh setiap orang. Berbicara didepan umum artinya kita siap menyampaikan pendapat kita untuk menuju hal yang lebih baik. Tentunya kita akan mudah untuk memperluas relasi, menyampaikan pendapat orang lain yang mungkin sulit untuk disampaikan, kemudian kita juga akan dikenal oleh banyak orang.

Selain itu dalam mencari pekerjaan itu juga akan sangat memudahkan kita. Terbanyak kelebihan di bidang kepintaran public speaking. Meskipun tidak semua orang mampu melakukan nya, setidaknya kita yang memang bukan ahli di bidang public speaking, tetap saja kita harus menyampaikan pendapat terbaik kita kepada orang lain yang ahli dalam bidang menyampaikan. Jadilah simbiosis mutualisme.

Kepintaran di bidang akademik

open-book-1428428_1280.jpg

Gambar dari https://pixabay.com/id/

Tidak dapat dipungkiri, banyak orang tua yang merasa sangat bahagia jika anaknya mahir di bidang akademik. Mereka akan sangat bangga anaknya sang juara. Banyak orang tua yang mengartikan anak hebat adalah dia yang juara 1.
Kepintaran akademik memang menjadi tujuan nasional proses pembelajaran. Namun tidak ada gunanya jika sang anak tidak mampu mengaplikasikan ilmu yang iya dapati sehari-hari. Bukan berarti juga anak yang sudah terlahir pintar di akademik diasingkan, apalagi jika ada sebagian dari mereka lebih mahir dari gurunya sendiri. Akan tetapi kepintaran akademik dan proses penerapan serta dukungan harus balance. Hal itu akan menjadi peluang besar untuk kesuksesan anak dimasa depan. Untuk orang tua jangan terlalu merasa bangga jika anaknya hebat dibidang akademik. Jangan pula marah jika anaknya tidak ahli dibidang itu. Usahakan untuk menyeimbangkan setiap keahlian dan pencapaian sang anak.

Kepintaran dibidang seni

girl-3194977_1280.jpg

Gambar dari https://pixabay.com/id/

Sering kali anak yang ahli dibidang seni dikesampingkan. Ibarat barang yang sudah mencapai dasar lautan. Padahal mereka juga bagian dari anak-anak emas. Mereka khusus ditakdirkan lahir ke muka bumi untuk bisa menggambarkan keindahan. Banyak guru yang kadang jarang memerhatikan keahlian anak. Namun saat ini kita harus meng improve hal itu. Saya bagian dari orang yang sangat menyukai keindahan lukisan, namun saya bukan bagian dari orang yang mampu menciptakan seni keindahan. Hanya penikmat saja, hehehe. Untuk orang tua hebat diluar sana, perhatikanlah anak-anak anda yang kuat dibidang kesenian. Mereka juga sang juara yang akan membuat pameran seni mendunia.

IMG_20241017_182323.jpg

Gambar umam anak kelasIV dengan lukisannya

Sahabat steemit yang terkasih itu hanya beberapa bagian dari penjelasan saya mengenai keahlian sang anak. masih banyak keahlian dan kepintaran yang mereka miliki namun terkadang kita orang yang berada di sisinya tidak melihatnya dengan jelas. Dalam mengimprove kesalahan itu, mari kita dukung apapun keahlian yang dimiliki oleh anak kita. Mereka harus sukses dan hebat sesuai dengan skill yang mereka punya. Jika anda memiliki 4 anak dan hanya sebagian anak yang pintar di akademik, bukan berarti anak lainnya tidak memiliki kepintaran.

difference-2048174_1280.jpg

Gambar dari https://pixabay.com/id/

Namun justru anak lainnya juga punya keahlian yang hebat yang mungkin belum terlihat. Lakukan hal terbaik untuk anak anda. Buat anak anda merasa nyaman dengan keahlian mereka tanpa membanding-bandingkan mereka. Hal itu justru akan membuat mereka merasa dihargai dan benar-benar merasa menjadi seorang anak yang hebat di mata Anda.

IMG_20241017_183344.jpg

haii ini nindaaaa

Saya selalu merasa kalah dibidang seni, jepretan foto yang saya ambil ga pernah benar. Baju yang saya beli selalu salah dan akhirnya tidak saya pakai. Diusia saya yang 21 tahun ini, masih bunda saya sendiri yang milih baju untuk saya, bahkan untuk saya bepergian warna baju sudah dipadukan bunda saya. Begitu kurang nya saya dibidang seni.

Awalnya saya merasa hal itu sungguh menyebalkan, tapi saya makhluk sosial yang juga membutuhkan bantuan orang disekitar saya. Saya yakin anak-anak yang kuat di bidang akademik juga iri melihat teman-temannya yang memiliki keahlian khusus, begitu juga sebaliknya. Namun saya percaya kita adalah makhluk sosial yang memiliki banyak perbedaan dan saling membutuhkan.

Jika saya tidak hebat menciptakan karya seni maka saya akan menjadi penikmatnya. Jika kamu tidak hebat di bidang akademik maka kamu akan menjadi pendengarnya. Jika tidak hebat dalam menyampaikan pendapat, maka sampaikan pendapamu melalui tulisan hebat. Kita adalah orang keren dengan gaya masing-masing.

Demikian postingan saya, semoga bermanfaat. Pastikan kamu tetap jadi orang hebat versi diri kamu sendiri. Salam hangat dari saya @nananrazila
Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Baabay

Sort:  
 2 days ago 

Yes, I agree, everyone has different capacities in certain fields.

Contrary to you, I'm not good at Public Speaking which @miftahulrizky is also very good at.

Maybe I'm the same type as that math-smart kid who took your photo, but my shots are certainly better.

As an art lover, do you like poetry? I'm learning to make it in #wewrite.

Here is a painting for you
painting-7059647_1280.webp
Pixabay

 2 days ago 

perasaan saya juga gak pintar-pintar kali pak...

 2 days ago 

Jangan terlalu terbawa perasaan saudaraku,
Senang melihatmu sudah segar kembali.

 2 days ago 

Terima kasihhh atas ulasan anda, saya juga ingin sekali belajar membuat puisi

🍀♥️👍

Congratulations! - Your post has been upvoted through steemcurator06
1000152362.jpg

Curated by : @bonaventure24 - Selective Team

 4 days ago 

Terima kasih telah meng-upvote postingan sayaa

 3 days ago 

Thank you very much for publishing your post in Teachers and Students community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free / AI Article Free
#steemexclusive
350+ Words
#club5050
Bot Free

Beneficiaries

#burnsteem25
@ myteacher

yes
no

Benar pintar itu bervariasi, semua orang punya keahlian dibidang mereka masing-masing, kira-kira kamu sendiri pintarnya dibidang apa?

 3 days ago 

Saya di public speaking pak hehehehe, lumayyann

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 68195.23
ETH 2703.52
USDT 1.00
SBD 2.78