The Diary Game (31-Juli-2024):" Ice breaking di sela-sela Pembelajaran

in Teachers & Students2 months ago

Diarygame_20240731_121027.jpg

Salam🙏

Hallo sahabat stemians dimana saja berada. Khususnya sahabat yang tergabung pada komunitas @gurudansiswa . Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan yang maha kuasa.
Bertemu kembali dengan saya @elagusella dalam diary game 31 Juli 2024.

Pada kesempatan diary game hari ini saya akan berbagi satu permainan/Ice breaking yang sering saya lakukan disela-sela pembelajaran saya. Sebelumnya saya akan menjelaskan beberapa hal tentang ice breaking

Ice breaking adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencairkan suasana/ situasi yang terasa seperti bosan dan kelelahan dimana siswa terlihat sudah tidak fokus dan tidak konsentrasi lagi. Boleh dilakukan saat kegiatan awal pelajaran, atau kapan saja ketika siswa terlihat sudah tidak konsentrasi lagi.

Beberapa manfaat ice breaking yaitu

  1. menghilangkan kebosanan dan keletihan
  2. melatih peserta berpikir kreatif,
  3. melatih kerjasama tim,
  4. meningkatkan rasa percaya diri,
  5. meningkatkan gairah dan semangat, dan
  6. meningkatkan konsentrasi untuk melanjutkan aktivitasnya

Baiklah saya akan mulai diary game saya dengan kegiatan pagi hari sampai malam hari baik itu kegiatan saya dirumah sebagai ibu rumah tangga dan disekolah sebagai seorang guru yang masih selalu harus belajar dan terus belajar.

🌞Pagi hari🌞

Setiap mentari pagi mulai bersinar, saya merasa menjadi ibu yang luar biasa sibuknya. Mulai dari ibadah subuh yang harus saya tunaikan tepat waktu dan persiapan anak-anak berangkat ke sekolah.
IMG_20240731_065925.jpg
Bekal 3 anak saya

Saya tak bisa mengulur waktu sedetikpun untuk persiapan ini. Selesai shalat subuh dan berzikir sesaat saya langsung menyimpan mukena dan mengganti daster untuk masuk dapur menyiapkan bekal hari ini. Saya memasak bekal yang simpel agar tidak terlalu memakan waktu. Selesai memasak saya menyiapkan anak-anak untuk berpakaian sesuai aturan yang diterapkan di sekolahnya. Selesai semua urusan anak-anak, suami bertugas mengantar anak-anak ke sekolah. Saat suami sudah mengantar anak-anak saya juga menstarter motor saya untuk melaju ke sekolah tercinta.

Sesampainya disekolah saya masuk tepat waktu dengan jadwal pelajaran IPAS.
diarygame_20240731_085751.jpg

📌kegiatan awal

Sebelum pelajaran dimulai seperti biasa anak-anak membaca doa setelah itu saya mengabsen siswa. Selanjutnya saya memberikan apersepi terkait pelajaran yang lalu dan sekarang. Dan memberi pertanyaan pemantik untuk menggali pengetahuan siswa tentang kegiatan apersepsi yang telah saya sampaikan. Setelah itu saya menyampaikan tujuan pembelajaran pada materi pelajaran hari ini.

diarygame_20240731_105746.jpg

diarygsme_20240731_105742.jpg

diarygame_20240731_105722.jpg

diarygame_20240731_105736.jpg

📌kegiatan inti

Selanjutnya saya masuk pada kegiatan inti pelajaran yaitu saya menjelaskan terlebih dulu tentang materi hari ini. Lalu memulai kegiatan inti dengan percobaan yang dilakukan oleh beberapa orang siswa yang saya panggil kedepan kelas. Mereka melakukan percobaan dengan sangat baik. Dari percobaan tersebut, lalu saya menyuruh siswa untuk mencatat kesimpulannya. Setelah semua selesai menulis kesimpulan, saya meminta siswa mempresentasikan kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan. Karena keadaan siwa sudah terlihat letih dan sebelum mereka maju kedepan kelas untuk mempresentasikan hasilnya, saya memberi Ice breaking agar mereka segar dan semangat kembali. Dengan begitu mereka akan fokus dan konsentrasi kembali saat presentasi nanti.

Setelah Ice breaking saya melanjutkan kegiatan presentasi. Saya melihat anak-anak sangat antusias maju kedepan kelas untuk menjelaskan kesimpulan versi mereka masing-masing. Semua memiliki kesimpulan yang bervariasi. Saya senang mendengarnya karena meraka cukup memahami langkah-langkah percobaan tadi sehingga banyak siswa yang benar menyampaikan kesimpulannya. Hanya beberapa orang saja yang belum lengkap kesimpulannya. Selanjutnya saya mengakhiri presentasi mereka dengan memberi penguatan kesimpulan yang seharusnya dan benar yang sesuai dengan percobaan.

📌kegiatan penutup

Setelah pembelajaran selesai, saya dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pelajaran hari ini. Saya menulis poin-poin refleksi dipapan tulis yaitu ;

  1. Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini?
  2. Bagaimana perasaan kamu setelah melakukan percobaan?
  3. Kegiatan apa yang disukai dari pelajaran hari ini?
    Saya membagi kertas warna-warni untuk mereka tuliskan jawaban pertanyaan refleksi tersebut. Setelah semua selesai saya mengumpulkannya untuk penilaian dan ditempel di mading kelas. Jam pelajaran selesai dan waktunya siswa istirahat.
🌞Siang dan soree hari🌞

Waktunya pulang sekolah, saya tidak berlama-lama lagi disekolah. Saya langsung meluncur pulang. Selesai tugas sekolah sebagai guru saya lanjut menjadi ibu rumah tangga kembali. Saya masih bersemangat untuk memasak makan siang untuk keluarga saya. Seperti biasa menu simpel saja.
IMG_20240731_142945.jpg

Sore harinya saya mempersiapkan anak-anak untuk pergi mengaji dan mengantar mereka. Pukul 18.00 saya menjemput mereka.

🌞Malam hari🌞

Selesai shalat maghrib, mengaji sebentar dilanjutkan makan malam. Setelah itu saya mengecek hafalan anak, buku-buku dan tugas sekolah anak-anak yang harus dibawa besok. Pukul 21.00 anak-anak masuk ke kamar sebelumnya mereka saya suruh shalat isya dulu lalu tidur. Semoga esok tidak ada yang terlambat. Dan saya juga beristirahat.

Demikian diary game saya hari ini, semoga menjadi postingan yang bermanfaat untuk saya sendiri dan juga sahabat sekalian.

Sort:  
 2 months ago 

Hello, here are the results of our assessment of your post:

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
350+ Words
AI Free
Bot-Free
Club100
Burnsteem25

Feedback:

  • I found your class very enjoyable, I saw the children's faces full of enthusiasm and active. I hope you can maintain the atmosphere of your class because this can certainly help you in transferring knowledge to students.
 2 months ago 

Terimakasih atas verifikasi dan dukungan anda. Insya Allah saya akan terus menjaga suasana Kelas

 2 months ago 

Terimakasih 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 68338.18
ETH 2645.26
USDT 1.00
SBD 2.69