The diary game, betterlife, 17 November 2021, belajar alat peraga matematika yang menerapkan filosofi Ki Hajar Dewantara

in zzan3 years ago

IMG20211117091013.jpg
Siswa lagi belajar membuat lingkaran yang dibantu oleh alat peraga

Selamat siang semuanya semoga sehat semuanya dan semoga dalam lindungan Allah subhanahu wa ta'ala.

Pada hari ini saya ingin membuat sebuah postingan mengenai kegiatan saya di sekolah yaitu belajar menggunakan alat peraga matematika berupa bangun ruang.
Di mana belakangan hari ini saya Alhamdulillah sudah lewat sebagai guru penggerak sehingga saya harus menerapkan beberapa nilai dan peran saya sebagai guru penggerak yang dilandasi oleh filosofi Ki Hajar Dewantara.

Di sini saya uraikan sedikit mengenai peran nilai kerukunan gerak semoga bisa bermanfaat buat kawan saya semuanya terlebih yang berperan sebagai guru di sekolah.

Menjadi bagian dari Program Guru Penggerak adalah sebuah pengalaman yang tak bisa diungkapkan dengan kalimat apapun. Seorang Calon Guru Penggerak (CGP) adalah tokoh pembaharuan dan tranformasi pendidikan. Para guru yang memiliki peran serta nilai-nilai strategis dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila, sosok generasi masa depan yang kita impikan.

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 pada minggu ke-4, yaitu tugas Refleksi Terbimbing yang akan membahas tentang refleksi diri seorang Calon Guru Penggerak (CGP) terhadap Nilai dan Peran Guru Penggerak.

  1. Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)

Seorang guru mempunyai peran yang cukup besar dalam sebuah pembentukan pengalaman serta bagian dari perkembangan siswa. Guru adalah tukang kebun, yang merawat tumbuhnya nilai-nilai kebaikan di dalam diri murid-muridnya. Guru membantu muridnya memahami nilai-nilai kebaikan dalam diri mereka sendiri, kemudian mereka mempercayainya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari siapa mereka, hingga kemudian mereka terus menghidupinya. Suka atau tidak, di luar kelebihan dan kelemahannya, baik atau tidak karakternya, guru sudah terlanjur dipandang sebagai orang yang dapat diteladani di tengah masyarakat. Jadi marilah sebagai seorang guru kita membentuk sebuah memory baik yang akan ditulis siswa dalam trapesium usianya suatu saat nanti.

Sebagai seorang yang menjadi ujung tombak pembentukan karakter bangsa melalui pembentukan karakter murid-muridnya di sekolah, guru hendaklah berusaha membantu muridnya memahami dan memupuk nilai-nilai kebaikan dalam diri mereka. Dalam proses belajar di sekolah, guru juga harus berusaha menanamkan makna yang positif kepada siswa tentang perubahan yang mereka terima di sekolah. Karena perubahan itulah yang sepanjang perjalanan hidupnya akan memberikan pengaruh cukup besar dalam tindakan dan setip prilakunya. Itulah nilai yang saya lihat ada dalam diri saya sehubungan dengan peran sebagai seorang Calon Guru Penggerak

IMG20211117091000.jpg
Siswa yang bernama Putri Yani lagi menjelaskan fungsi daripada alat peraga yang dipegangnya.

Ini saja cerita saya hari ini semoga bermanfaat bagi kawan semuanya.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63493.34
ETH 2578.53
USDT 1.00
SBD 2.79