Nature photography || Jamur ..

in zzan3 years ago

Setelah beberapa tahun yang lalu saya meninggalkan kampung halaman. Hari ini saya kembali ke kampung halaman saya di desa terpencil, untuk melihat betapa damai desa ini. Kerinduan saya untuk tanah air saya. Objek alam yang tumbuh subur membuat saya teringat masa kecil saya. Suasana di desa saya sangat sejuk, bebas polusi.

IMG_20201205_161414-02.jpeg

IMG_20201205_160440-02.jpeg

Saya menemukan jamur kayu di halaman dekat rumah tua yang tumbuh subur. Jamur kayu ini biasa disebut Ganoderma applanatum yang bentuknya menyerupai telinga gajah berwarna coklat tua.
Pada bulan Oktober ini bisa dikatakan musim kemarau. Kematangan hujan dalam sebulan hanya satu atau dua kali. Jamur kayu ini bisa bertahan hidup dalam beberapa minggu jika daya serap airnya berkurang berbeda dengan jenis jamur lainnya.

IMG_20201205_160536-02.jpeg

IMG_20201205_160354-01.jpeg

Jamur kayu ini berbentuk setengah lingkaran, bisa kita temukan pada kayu yang sudah lapuk. Jamur kayu atau jamur Ganoderma applanatum tidak memiliki batang dan tumbuh di atas batang kayu yang tumbang dan tumpukan kayu lainnya. Jamur ini berwarna coklat kuning muda, setelah itu jamur ini akan berubah warna menjadi coklat tua. Organisme tingkat rendah yang tidak memiliki akar, batang, daun. Tanaman ini mempunyai cabang-cabang membentuk bangunan seperti rumah susun atau gedung bertingkat.
Jamur kenyal atau jamur shiitake. !!
Jamur putih biasa disebut jamur shiitake dalam bahasa indonesia jamur kenyal. Biasanya jika hujan turun pada hari Jumat, kemungkinan besar akan terjadi hujan lebat atau gerimis selama seminggu penuh. Pada hari ini saya menemukan jamur kenyal yang tumbuh subur di pohon kelapa yang mati, jamur kenyal ini jika di daerah saya Indonesia menjadi salah satu item menu makan malam yang istimewa.

IMG_20201205_160541-01.jpeg

IMG_20201205_160525-01.jpeg

Jamur yang kenyal ini tidak akan bertahan lama jika penyerapan air berkurang. Seperti yang saya katakan, jamur kenyal ini bisa dikonsumsi dengan berbagai sajian khas dengan rasa yang kaya akan protein.
Toadstool atau jamur enoki !!

IMG_20201205_160558-01.jpeg

Toadstool atau jamur enoki merupakan salah satu jamur premium yang banyak dikonsumsi. Jamur Jamur ini bisa menjadi obat. Jamur enoki yang memiliki nama latin Flammulina velutipes hanya bisa tumbuh di daerah beriklim dingin. Jika kemarau panjang, jamur ini akan punah. Jamur ini bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan membersihkan pencernaan. Kota saya merupakan kota tropis, jamur ini tidak bertahan lama jika memasuki musim kemarau. Jamur payung ini hanya tumbuh pada waktu-waktu tertentu yaitu musim hujan.
Semua foto saya diambil dengan kamera smartphone.!

  • Resolusi kamera ISO otomatis ..!
  • Kategori: fotografi makro
  • Editan: Snapseed
  • Pemilik: @ tinta-tertuang
  • Lokasi: Hutan aceh Indonesia
  • Penangkap gambar: smartphone
    Terima kasih telah melihat konten saya .. !!!
Sort:  

Congratulations, your post has been upvoted by @dsc-r2cornell, which is the curating account for @R2cornell's Discord Community.

Manually curated by @jasonmunapasee

r2cornell_curation_banner.png

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 63041.44
ETH 2985.81
USDT 1.00
SBD 3.61