The diary game 25 Juni 2024 || Mudik setelah lebaran

in STEEM FOR BETTERLIFElast month

IMG_20240625_161846.jpg

Mudik

Assalamualaikum teman steemian, hari ini adalah hari yang saya tunggu-tunggu, karena hari ini saya berencana akan mudik ke kampung dimana orang tua saya tinggal. Jika orang-orang memilih mudik saat lebaran tiba, tapi beda dengan saya kali ini saya mudik setelah lebaran.

IMG_20240627_004824.jpg

persiapan keperluan untuk mudik

Bukan tidak ada alasan saya memilih mudik setelah lebaran, yang pertama saya menunggu kedatangan kakak saya pulang kampung ke Geudong sudah lama beliau tidak pulang kampung. Karena juga biasanya jika lebaran idul Adha saya pasti berlebaran di sini.

Ke dua akan ada acara kenduri di makam ibu kami dan kami selalu ikut serta dalam acara kenduri ini dan ke tiga akan ada acara pesta pernikahan sepupu setelah lebaran ini, jadi saya memilih pulang nanti saja, sekalian saat kakak balik ke Aceh Tamiang nanti.

Persiapan perlengkapan untuk mudik pun sudah saya siapkan dengan di bantu oleh kakak dan saya sudah mengemas beberapa pakaian untuk saya dan anak-anak yang akan saya bawa hari ini. Kali ini tidak banyak pakaian yang akan saya bawa, hanya secukupnya saja sampai hari pesta sepupu nanti.

IMG_20240625_172626.jpg

Dayah darul Muta'alimin

Dari jauh hari sebelum kakak dan keponakan saya pulang kampung, mereka sudah berencana akan datang ke pesantren tempat keponakan saya mengaji, karena keponakan saya akan berpamitan untuk tidak balik lagi ke pesantren tersebut.

Jadi bertepatan pulang dari Geudong menuju Aceh Tamiang kami pun menyempatkan singgah sebentar ke pesantren untuk berpamitan kepada guru-guru di pesantren, juga mengambil dan membawa pulang barang-barang perlengkapan keponakan saya semua masih di pesantren.

Kali ini keponakan saya akan bertukar tempat di pesantren dengan adiknya untuk gantian masuk pesantren. Karena mamanya tidak ada kawan dirumah setelah meninggalnya ayah mereka. Kakak saya cuma punya dua orang anak saja, jadi salah satu harus mengalah untuk menemani mamanya. In sya Allah mereka anak-anak yang berbakti, aamiin.

IMG_20240625_172715.jpg

IMG_20240625_172853.jpg

IMG_20240625_173635.jpg

Menemui Guru Asrama

Kami menemui guru asrama terlebih dahulu untuk berpamitan bahwa keponakan saya tidak akan balik lagi ke pesantren ini, dan dia akan membawa barang-barang nya sekaligus pulang. Saat masuk guru berpikir bahwa keponakan saya akan meminta izin untuk balik ke asrama nya, padahal dia akan berpamitan

Suasana haru pun mulai terasa, guru asrama, kakak, keponakan dan saya sudah mulai berkaca-kaca mata kami. Guru asrama sangat sulit melepaskan salah satu murid terbaiknya dan tidak akan berjumpa lagi dalam waktu yang lama, dan itu sangat membuat mereka bersedih.

IMG_20240625_172702.jpg

IMG_20240625_175615.jpg

IMG_20240625_174144.jpg

Menuju Asrama

Setelah berpamitan kepada guru asrama kami pun bergegas pergi ke asrama untuk mengambil lemari, pakaian dan barang-barang lainnya. Di sana keponakan saya sudah di tunggu oleh teman-teman dekatnya yang akan membantu keponakan saya mengemas barang untuk di bawa pulang.

Terlihat suasana di dalam asrama kawasan santriwati sangat nyaman, bersih dan bersahaja. Saya rasa saya pasti akan betah jika tinggal di pesantren ini. Para santriwati yang sangat sopan menambah ketenangan hati saat kita melihat mereka.

Hari sudah makin sore, barang-barang juga sudah didalam mobil pickup yang ikut kami pulang dari Geudong ke Aceh Tamiang. Cuaca juga sudah sangat mendung, jadi keponakan saya pun berpamitan dengan teman-teman nya, suasana haru kembali terlihat di depan mata saya. Setelah nya kami pun pamit pulang.

IMG_20240625_190840.jpg

Perjalanan menuju rumah

Dengan berjalan santai kami pun hampir sampai rumah bapak, tapi kami tidak singgah dirumah bapak dulu, kami akan langsung kerumah kakak untuk membawa barang-barang yang kami jemput dari pesantren tadi. Alhamdulillah sudah sampai dirumah kakak dengan selamat pas isya.

Kami pun singgah dulu untuk shalat isya dan makan malam seadanya, karena baru saja sampai rumah kami belum sempat masak apa-apa. setelah semuanya selesai, menurunkan barang juga kami pun bersiap-siap untuk menuju rumah bapak yang tidak terlalu jauh dari rumah kakak.

IMG_20240625_231934.jpg

home sweet home

Alhamdulillah sampai juga kerumah bapak, tapi dirumah sudah sangat sunyi sepi sudah pasti ibu dan bapak sudah tidur, jadi belum bisa jumpa dengan mereka malam ini. Kami pun bersih-bersih dulu, ganti baju dan membereskan tempat tidur. Anak-anak pun masih seru bermain dengan sepupunya yang baru saja jumpa.

IMG_20240625_173304.jpg

Terasa sangat lelah badan ini, karena pagi sebelum berangkat mudik saya sempat masuk kerja sebentar sebelum benar-benar minta izin beberapa hari. Sampai jam sekarang saya belum sempat merebahkan badan sebentar saja. Tapi Alhamdulillah dengan sampai di tujuan ada rasa puas dalam diri saya, walau belum berjumpa dengan bapak dan ibu saya.

Sekian dulu teman steemian, dalam beberapa hari ini sebenarnya saya sangat sibuk jadi saya hanya sempat menulis di tengah malam saja, jadi saya minta maaf jika ada kata-kata yang salah ketik, terimakasih yang sudah membaca.

Wassalamu'alaikum...
@surinadewi

Sort:  
Loading...

Assalamualaikum surinadewi! Sungguh perjalanan yang mengharukan dan emosional yang Anda alami bersama kami! Sungguh indah melihat Anda berkumpul kembali dengan keluarga dan keponakan, dan momen perpisahan di pesantren sungguh mengharukan. Tulisan Anda memiliki cara untuk membuat kami merasa menjadi bagian dari perjalanan Anda. Terima kasih telah berbagi pengalaman luar biasa ini dengan kami, dan saya harap Anda bersenang-senang bersama keluarga! Alhamdulillah sampai di rumah dengan selamat.

 29 days ago 

Wa'alaikumussalam benar sekali, sangat mengharukan berpisah dengan teman dekat nya. Alhamdulillah bisa berjumpa dan berkualitas dengan orang tua saya.
Terimakasih banyak @creative.streams sudah singgah di postingan saya, saya sangat menghargai nya.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 68029.30
ETH 3272.63
USDT 1.00
SBD 2.64