Contest Environment : Homesteading – Kebun Kecilku

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago

Assalamualaikum wr. wb.

Halo Steemians...

Bagaimana kabarnya hari ini...? Mudah-mudahan hari-harimu lebih banyak tersenyum ya

20221026_182757_0000.png

Salah satu cara memanfaatkan pekarangan rumah yaitu dengan menanam. Baik menanam bunga, tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan buah (mangga, kelapa dll) atau menanam tanaman palawija. Tanaman palawija merupakan tanaman yang bisa di panen dalam waktu dekat. Sehingga tidak perlu kuatir jika kita menanamnya di rumah kontrakan yang kita huni. Asalkan pekarangan rumah tersebut memadai untuk kita tempati beberapa pot atau polibag.

Seperti yang saya lakukan dalam satu tahun terakhir ini. Saya menanam tanaman palawija di pekarangan rumah yang saya sewa untuk saya tinggal bersama keluarga kecil saya. Saya mulai menyewa rumah ini di awal bulan 12 tahun lalu. Hingga saat ini hampir mencapai penghujung tahun.

IMG20221026075208.jpg
Bawang merah yang mulai tumbuh dan berkembang biak

Di awal-awal saya menyewa rumah ini, saya menanam beberapa jenis tanaman palawija seperti terong ungu, cabai, mentimun, pandan, serai dan daun kari (salam koja). Tujuan saya menanam tanaman palawija tersebut untuk membantu meringankan keperluan dapur ummi Dek Shanum (istri saya). Sehingga kami tidak perlu membeli bumbu masak semua yang diperlukan (bisa di ambil di kebun kecil sebagai kecil).

IMG20221026074842.jpg
Memindahkan tunas seledri ke dalam pot lainnya

Dua bulan terakhir ini kami menanam beberapa seledri dan bawang merah. Mengingat masa kontrak rumah kami yang akan berakhir beberapa bulan lagi, kami menanam seledri dan bawang merah di polibag. Ini bertujuan agar saat pindah rumah nanti, kedua tanaman ini bisa kami bawa dengan mudah.

IMG20221026075003.jpg
Seledri dan bawang merah yang mulai tumbuh subur

Di antara beberapa tanaman palawija yang saya tanam, ada tiga jenis tanaman yang tumbuh begitu subur. Ketiga tanaman ini saya tanam langsung di tanah. Tanaman tersebut yaitu:

  • Serai
IMG20221026075341.jpg
Serai yang baru saya rapikan daunnya

Tanaman yang satu ini tumbuh begitu lebat di pekarangan rumah saya. Sehingga saya harus merapikan daunnya setiap minggu agar terlihat rapi. Saya menanam serai ini di lima titik. Tiga diantaranya tumbuh begitu subur. Hal ini bisa membantu ummi Dek Shanum dalam memasak. Terutama saat memasak kuah tumis dan kuah kas Aceh lainnya.

  • Salam Koja (daun kari)
IMG20221026075357.jpg
Salam Koja / Daun kari juga tumbuh begitu subur

Tanaman yang satu ini tidak kalah penting di dalam memasak. Terutama dalam memasak masakan khas Aceh. Daun kari ini menjadi suatu bumbu pengharum masakkan Aceh. Tumbuhan yang satu ini bisa tumbuh dengan mudah di seluruh pelosok Aceh. Setiap ada batang induk, pasti ada tunas muda yang tumbuh di bawahnya. Sehingga tanaman ini sangat mudah dibudidayakan.

  • Pandan
IMG20221026075328.jpg
Pandan yang subur mulai menghasilkan tunas di bawahnya

Dari sekian banyak tanaman palawija yang saya tanam di pekarangan rumah, tanaman yang satu ini sangat saya kagumi. Bagaimana tidak, di awal-awal saya menanamnya, saya tidak yakin tumbuhan ini akan tumbuh begitu subur di pekarangan rumah saya. Bahkan di saat-saat mulai tumbuh, sempat di makan oleh kambing. Di mana daun-daunnya dilahap habis oleh kambing tersebut. Namun sekarang tanaman pandan ini tumbuh kembali begitu subur. Bahkan sekarang sudah ada beberapa tunas yang sudah bisa dikembangbiakkan kembali.

IMG20221026075122.jpg
Jeruk perut yang mulai bercabang lebar

Selain itu, di kebun kecilku juga terdapat tanaman jeruk purut. Di mana saat ini mulai tumbuh subur. Ini tentu sangat menyenangkan ummi Dek Shanum saat hendak memasak kuah pliek.

IMG20221026074513.jpg
Kebun kecilku

Sekian uraian singkat mengenai kebun Kecilku. Semoga bermanfaat bagi Steemians yang membacanya. Terima kasih kepada senior-senior kami: @klen.civil @heriadi @irawandedy @el-nailul @miftahuddin @irawandedy @sofian88 @radjasalman @patjewell

Salam

@sabarman

Myself
Facebook
Instagram

Sort:  

Hello .....@sabarman

Why are you mentioning these names when you are already posting in thier community?

Thanks to our seniors: @ klen.civil @ heriadi @ irawandedy @ el-nailul @ miftahuddin @ irawandedy @ sofian88 @ radjasalman @ patjewell

 2 years ago 

Saya menyebutnya sebagai bentuk terima kasih saya kepada mereka. Jika ini melanggar kode etik, saya mohon maaf.

Mohon arahannya bagaimana yang seharusnya saya lakukan. Agar saya bisa memperbaiki di postingan selanjutnya.

 2 years ago (edited)

I don't mind you doing it at all but SC02 asked us not to.
Best would be rather to leave the names out. (•ิ‿•ิ)

As for you post... You have done a great job by planting plants not only in your garden but also as pot plants.

I can see that you have "green fingers". Play it forward and teach some children about planting plants. That will be awesome!!

 2 years ago 

Thanks for the correction and direction, sis @patjewell. I will improve my next post.

Thank you also for the support. I'll try to share what I can. Especially about gardening procedures. My first target is Boy Scouts.
Hehehe

 2 years ago 

Good target! They can earn a badge for conservation or an interest badge for gardening (•ิ‿•ิ)

 2 years ago 

Yes, sis. Their clothes will be decorated with gardeners later.

 2 years ago 

All the plants that are in your house that are used to make Acehnese food, plants that must be in Acehnese homes, yes.

 2 years ago 

Not necessarily. It depends on the chef in our house. coincidentally at my house the chef is Acehnese. So the plant is the most appropriate for him.

 2 years ago 

The plants in your garden are very beautiful. I also take care of the plants in the garden. One of my hobbies is growing plants. I actually bring my cultivations to the diaries. I have done a new crop these days. Your article is very nice. You have written it beautifully. And your photos are beautiful. Appreciate your photography too. Thanks for sharing with us.

 2 years ago 

Congratulations on your first harvest. I hope the next harvest you will share with me. Hehehe

Thank you for the support my sister.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66263.69
ETH 3419.88
USDT 1.00
SBD 2.63