Diary Games, Kamis 22 September 2022 | Membuat Animasi di Adobe Flash CS6

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago (edited)

image.png

Tampilan awal Aplikasi Adobe Flash CS6 saat dibuka

Halo sobat sTeeMians..

Kamis kali ini terasa sangat menyenangkan, tampak berbeda karena ada satu Mata Kuliah yang kedengerannya sangat menarik untuk dipelajari, yaitu Animasi. Banyak Mata Kuliah lain yang menarik, tapi kali ini beda, kalau yang lain dominan banyak materi, kali ini langsung praktek dan itu satu hal yang berbeda.
Dan seperti biasa, saya bangun pagi-pagi sekali untuk shalat dan lanjut dengan beres-beres rumah, biasalah cewek.. setelah semuanya siap, saya langsung cek laptop untuk install aplikasi yang disuruh bapak di grup kelas semalam. Setelah aplikasinya siap, saya langsung siap-siap ke kampus. Oiya, btw nama aplikasinya Adobe Flash CS6 sobat sTeeMians..

Masuk kuliah hari ini jam 10.40 bersama Pak Veri, saya pernah belajar dengan beliau sebelumnya di semester 2. Mata Kuliah kali ini adalah Mata Kuliah semester atas, yakni semester 7. Karena saya tidak mengikuti Kerja Praktek alias KP di semester ini, maka saya bisa mengambil satu MK di semester atas.

Banyak perubahan/revisi KRS(Kartu Rencana Studi) dikarenakan banyak Mahasiswa semester 5 angkatan 2020 kali ini memilih untuk mengikuti program KKN-Tematik karena bisa konversi KP. Jadi sangat sedikit Mahasiswa yang tidak mengikuti program tersebut, dan ini berdampak pada proses belajar-mengajar, kami yang memilih untuk mengambil MK di semester 7 saja agak gimanaa gitu, karena cuma 4 orang angkatan 2020 seperti tadi yang mengambil MK Animasi, padahal sebelumnya banyak, bahkan rame anak 20 ketimbang angkatan 19.

Jadi tadi sekitaran 10 menit Pak Veri datang, saya juga sempat ngobrol sama kating. Karena memang awalnya tidak ada angkatan 20 yang saya kenal, semuanya angkatan 19. MK Animasi ini dapat ruang Lab.Komputer di lantai atas ternyata, dan setibanya Pak Veri kami langsung ke atas.

image.png

Menunggu dosen di lantai bawah

Saat di lab, Pak Veri menampilkan sebuah modul di infocus agar kami bisa mengikuti modul tersebut untuk membuat animasi simple di Aplikasi yang bernama Adobe Flash CS6. Awalnya saya agak bingung.

image.png

Tampilan Menu Utama Aplikasi Adobe Flash CS6


Ternyata sangat mudah, kami disuruh untuk mengikuti modul yang ditampilkan di layar. Pertamanya kami disuruh buat Motion Tween. Jadi langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Buat dokumen baru (File→ New atau dengan shortcut ctrl + N)
  2. Buat objek lingkaran dengan warna biru dan tempatkan di sisi kiri stage.
  3. Pilih/seleksi objek yang baru saja dibuat, kemudian klik kanan pilih Convert To Symbol.
  4. Beri nama Bola pada kotak Name, Type isi dengan Graphics, lalu klik OK.
  5. Klik kanan frame 1 pilih Create Motion tween.
  6. Maka pada panel property terlihat Motion Tween. Ubah isi parameter Ease menjadi 50
  7. Klik kanan dari frame terakhir (frame 24) lalu pilih insert keyframe → Position.
  8. Pilih instance Bola lalu drag/geser ke arah kanan stage serta perbesar ukuran Bola dengan Free Transform Tool
  9. Tekan tombol Enter untuk play atau ctrl + enter untuk melihat hasilnya di flash player.

Hingga nanti akan menjadi seperti ini :

image.png

image.png

Ketika dijalankan, nanti bentuk lingkaran yang semua kecil perlahan-lahan membesar dengan sendirinya. Sayangnya tidak ada video jadi saya tidak letakkan link disini..

Kami juga tadi sempat diberikan latihan sederhana dan Alhamdulillah saya termasuk yang ke-2 tercepat pengumpulan dan mendapat nilai plus. Dan karena hari ini hanya satu Mata Kuliah, saya langsung pulang setelah MK Animasi tersebut usai.

Sesampainya di rumah saya shalat dan istirahat. Dan sekarang saya juga lagi istirahat dan cari erefensi kira-kira besok MK Manajemen IT akan dikupas tentang apa, semoga saja besok ada surprise yang lebih menarik lagi yang sudah Allah persiapkan..

Selamat Malam sobat sTeeMians semuanya, selamat beristirahat.
See you in the next part guys.. <3

ABOUT ME

One Fine Day

@ninaa04
Sort:  

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator06.

Curated By - @harferri
Curation Team - Team 3

 2 years ago 

Thankyouu @steemcurator06 <3

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 65685.57
ETH 2613.86
USDT 1.00
SBD 2.71