The Diary Game || Kamis 16 Mei 2024 || Pengalaman Saya Saat Mengikuti Tes Ujian PPS

in STEEM FOR BETTERLIFE3 months ago

IMG20240516081840_01.jpg
Didepan Gedung GOR

Hai.. sahabat steemian, apa kabar semuanya, mudah-mudah sehat selalu ya? Kali ini saya ingin berbagi sedikit cerita saya tentang pengalaman saya saat mengikuti tes ujian PPS Pilkada pada Kamis, 16 Mei 2024.

Pagi ini, saya terbangun dengan perasaan gugup dan tegang. Hari ini adalah hari yang sangat penting bagi saya karena saya akan mengikuti tes ujian PPS untuk Pilkada tahun 2024. Apalagi, lokasi tes yang telah ditentukan adalah di Gedong GOR kota Sigli, jadwal saya masuk dalam sesi 1 dan saya harus tiba tepat waktu pada pukul 8:30 pagi.

IMG20240516081819.jpg
Halaman Gedung GOR

Sebelum berangkat ke lokasi tes, saya telah menyiapkan segala sesuatunya dengan rapi, baju putih, celana hitam dan sepatu hitam, Saya memastikan bahwa saya memiliki semua persyaratan yang diperlukan sebelum memasuki ruangan ujian, seperti alat tulis, Saya juga membaca referensi sebanyak yang saya bisa untuk mempersiapkan diri dengan baik.

IMG_20240516_123125.jpg
Selfie Didepan Gedung GOR

Sesampainya di lokasi tes, saya merasakan kelegaan karena ternyata masih banyak waktu sebelum kunjungan para penguji ujian. Saya dan teman-teman yang lain berkumpul dan berbicara tentang segala macam hal. Kami juga saling memberikan dukungan dan semangat untuk menghadapi tes ujian selanjutnya.

IMG20240516083452.jpg
Suasana Didalam Gedung GOR

Setelah kami memasuki ruangan ujian, kami didudukkan di satu kloter yang terdiri dari peserta dari kecamatan Glumpang Baro atau 21 desa yang berbeda-beda. Kami duduk dengan jarak yang cukup dekat satu sama lain. Namun, meskipun begitu, suasana di ruangan ujian tetap tenang dan hening.

IMG20240516083446.jpg
Suasana Didalam Gedung GOR

Saat ujian sedang berlangsung, saya merasa ada beberapa soal yang sulit dan membuat saya agak kesulitan. Namun, saya merasa sangat beruntung karena peserta di sebelah saya sangat ramah dan mudah bergaul. Kami mulai membuka percakapan tentang soal-soal tersebut dan kami bisa sharing jawaban.

IMG20240516083448_01.jpg
Suasana Didalam Gedung GOR

Sharing jawaban ini sangat membantu karena kami bisa memahami soal-soal tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Kami juga saling membantu ketika ada soal yang lebih sulit. Hal ini memberikan sebuah rasa aman, karena kita tidak merasa kesepian dalam menghadapi ujian.

IMG_20240516_123201.jpg
Selfie Didalam Gedung GOR

Namun, saya tetap ingat bahwa saat sharing jawaban, kita harus tetap hati-hati dan tidak memberikan jawaban secara terbuka. Kami hanya membuka diskusi sampai seberapa tahu yang kami ketahui tanpa memberikan jawaban semuanya. Hal ini agar ujian tetap adil dan tidak merugikan peserta yang lain.

Setelah ujian selesai, kami berterima kasih satu sama lain atas sharing jawaban dan saling memberikan dukungan. Di luar gedung, banyak peserta ujian yang berkumpul dan saling berbicara tentang soal-soal yang telah mereka jawab. Kami merasakan sebuah perasaan yang bersamaan, yakni kebahagiaan, ketika mendengar jawaban dari peserta lain yang sama dengan jawaban kami.

IMG_20240516_123100.jpg
Selfie Saat Keluar Gedung GOR

Setelah selesai mengerjakan ujian tulis selama lebih kurang 1 jam lebih, kami akhirnya keluar gedung untuk beristirahat sejenak. Langit terlihat biru cerah, udara segar ditemani dengan angin sepoi-sepoi, benar-benar membuat kami merasa rileks setelah selesai menyelesaikan ujian.

Kami duduk bersama di halaman gedung, berbincang-bincang dan minum bersama. Perasaan lega terasa begitu menghampiri kami saat tahu ujian sudah selesai. Kami merasa bersyukur bahwa kami bisa melewati ujian dengan baik dan masih bisa bertemu dengan teman-teman lain di luar gedung.

Kami tidak hanya berbicara tentang soal-soal yang telah kami jawab di ujian, tapi juga saling mengenal lebih jauh dan berbagi pengalaman. Saat itu, kami juga saling memberi penjelasan mengenai perbedaan soal-soal yang kami jawab, dan memberikan piranti belajar dan catatan yang kami buat selama mempersiapkan ujian tersebut. Dengan begitu, kami bisa saling membantu untuk mempersiapkan diri secara lebih matang bila ada kesempatan ujian lain, atau bagi yang belum lulus kali ini bisa saling mengajarkan satu sama lain.

Waktu terus berlalu, semakin lama semakin banyak peserta ujian yang muncul di luar gedung. Kami pun mulai bersiap-siap untuk pulang. Kami saling berpamitan, berjanji untuk tetap jaga komunikasi dan saling berbagi informasi jika ada yang terkait dengan ujian tersebut.

Setelah istirahat sebentar di luar gedung, kami akhirnya berpisah satu sama lain untuk menuju ke tempat masing-masing. Untuk saya, saya menyusuri jalan yang sama dengan saat berangkat, yaitu menggunakan motor.

Saat perjalanan pulang, saya merenungkan kembali soal-soal yang telah saya jawab di ujian tadi. Saya merasa cukup yakin dengan hasil yang telah saya capai dan berharap untuk lulus dengan baik. Namun, saya tetap tidak sabar menunggu pengumuman hasil ujian nanti.

Saat tiba di rumah, saya langsung memeriksa ulang semua persyaratan dan dokumen yang saya bawa tadi pagi. Saya ingin memastikan bahwa tidak ada dokumen yang tertinggal atau tercecer.

Setelah mengikuti ujian hari ini, saya berharap semoga hasilnya bisa membuahkan hasil yang baik di pengumuman nanti. Saya benar-benar yakin bahwa usaha dan kerja keras yang telah saya lakukan selama ini akan berbuah manis.

Semoga saya lulus pada pengumuman yang akan diumumkan oleh KIP kabupaten Pidie dalam minggu ini, dan bisa melanjutkan ke tahap tes wawancara satu tahap lagi. Saya akan tetap berdoa dan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih hasil terbaik.

Saya yakin bahwa ujian yang saya ikuti hari ini hanya menjadi satu langkah awal menuju kesuksesan saya di bidang panitia penyelenggara pilkada ditingkat desa atau PPS.

Terima kasih telah membaca kisah pengalaman saya tentang mengikuti ujian PPS Pilkada pada Kamis, 16 Mei 2024. Saya harap cerita ini bisa memberikan semangat bagi siapa saja yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian serupa.

Wassalam,

@muhammaddahron

Sort:  
Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 60340.89
ETH 2615.66
USDT 1.00
SBD 2.56