The Diarygame kamis 11 april 2024" Menjemput anak di dayah Darul huda"

in STEEM FOR BETTERLIFE24 days ago

IMG_20240411_085121.jpg

Hallo sobat steemit dimanaoun anda berada.

Sobat steemit yang tercinta, mentri agama indonesia telah menetapkan hari raya idul fitri 1445 H/2024 pada hari rabu tanggal 10 april 2024, akan tetapi lain halnya dengan di dayah darul huda paloh gadeng krueng gekueh tempat anak saya menuntut ilmu agama, disana hari raya diambil pada hari kamis 11 april 2024. Kita tidak mengerti kenapa itu bisa terjadi, tetapi para ulama di dayah itu lebih mengerti tentang hal tersebut.

Anak saya yang lagi menuntut ilmu agama di dayah Darul huda paloh gadeng tidak pulang pada bulan puasa ini, karena dia mau melaksanakan ibadah khalut dan baru bisa pulang setelah keluar dari khalut yaiyu pada saat lebaran tiba yaitu pada tanggal 10 april 2024, tetapi tepatnya pada malam hari raya anak saya mengirim pesan melalui watsab, agar saya jangan menjemputnya besok hari, karena disini belum hari raya, disini hari rayanya pada hari kamis 11 april 2024 katanya melalui pesan watsap. Berkenaan dengan itu pula, maka saya mengurungkan niat saya untuk menjemputnya.

Hari ini tepatnya tanggal 11 april 2024, maka pagi-pagi sekali yaitu sekitar jam 7 wib, saya sudah berangkat ke dayah Darul huda paloh gadeng dengan menggunakan sepeda motor yang berjarak tempuh kira-kira 30 km, guna menjemput anak saya tersebut. Saya Sampai di dayah darul huda, tengku-tengku dan para santri baru saja menyelesaikan shalat ied idul fitri.

Kemudian saya langsung saja mencari anak saya di kerumunan. Setelah mendapatkanya, anak saya langsung bersalaman dengan saya dan mengajak saya untuk foto bersama. Kemudian kami ke bilik tempatnya khalut untuk mengambil barang-barang yang harus kami bawa pulang. Setrlah mengambil barang-barang tersebut, kami langsung pulang.

IMG_20240411_085121.jpg

Di dayah Darul huda Paloh gadeng.

Kemudian setelah sampai di rumah, tidak lama kemudian kami sekeluarga pergi lagi ke tempat pemakaman umum ( kuburan umum )di desa Lancang, yang disana ada juga kuburan orang tua kami. Dimana di tempat kami, setiap lebaran sudah menjadi tradisi dengan selalu mengadakan sedikit kenduri serta do'a bersama untuk mengenang dan menkasatkan fahala kepada almarhum dan almarhumah keluarga kami yang telah lebih dahulu pergi meninggalkan dunia yang fana ini.

IMG_20240411_113634.jpg

IMG_20240411_113711.jpg

IMG_20240411_113814.jpg

Di pemakaman umum desa lancang kede klep.

Kemudian setelah selesai berdo'a dan berkenduri, kami sekeluarga tidak langsung pulang ke rumah, akan tetapi kami melanjutkan lagi perjalanan untuk berkunjung lebaran ke rumah-rumah saudara kami yang ada di lancang kede klep dan di sawang blang nibong. Selesai berkunjung ke semua rumah saudara, kemudian kami baru kembali ke rumah.

Sampai di rumah,kami istirahat sebentar, kemudian kami mrkanjutkan lagi untuk bersilaturahmi ke rumah-rumah saudara dari pihak isteri saya yang berada di desa beunot syamtalira bayu, pokoknya dalam satu hari ini harus selesai mengunjungi semua saudara-saudara kami, begitulah isteri saya, kalau sudah melangkah tidak mau di tunda-tunda lagi. Kalau semua sudah di kunjungi, maka esok hari hanya tinggal duduk-duduk saja di rumah, begitulah menurutnya.

Setelah selesai mengunjungi semuanya, kami kembali lagi ke rumah. Sampai di rumah sudah hampir magrib, tidak lama kemudian azanpun dikumandangkan, sayapun langsung ke kamar mandi, guna membersihkan diri serta berwudhuk dan kemudian melaksanakan kewajiban shalat magrib. Seusai shalat saya tidak kemana-mana lagi, saya hanya menunggu waktu isya saja, karena hari ini saya terlalu kecapean, maka saya berencana setelah menunaikan shalat isya untuk langsung mengambil masa istirat.

IMG_20240411_141801.jpg

IMG_20240411_181502.jpg

Di rumah-rumah saudara kami, yang kami kunjungi untuk bersilaturahmi.

Demikianlah diarygame saya hari ini kamis 11 april 2024, sampai jumpa lagi.

Salam
by @mthaib
13 april 2024

Sort:  
 23 days ago 

Minal aidin wal faidzin
Mohon maaf lahir bathin

Kegiatan yang sangat padat ya pak, dihari idul fitri bersilahturahmi kerumah saudara

 23 days ago 

Saya juga mengucapkan minal aidin walfaidzin mojon maaf lahir batin. Semoga uhkwah tetap terjaga dan terimakasih telah singgah di postingan saya.

 23 days ago 

Sama-sama🙏

 22 days ago 

DescriptionInformation
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
Support burnsteem25
Support Community or Charity
Status ClubClub5050
Free AI Article
Verificator@irawandedy

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 63659.40
ETH 3075.69
USDT 1.00
SBD 4.01