Contest Environment : Homesteading- Kebunku Pekarangan Rumahku

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago

IMG_20221026_205147.jpg



Assalamu'alaikum sahabat Steemian semua!
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan semoga juga selalu dalam keadaan bersyukur. Mungkin agak terlambat bagi saya untuk mengikuti kontes Homesteading di komunitas ini, namun Walaupun sedikit terlambat, saya sangat antusias untuk mengikuti kontes ini.
Terimakasih kepada bapak @klen.civil selaku penyelenggara kontes yang cukup menarik ini.

Demikian partisipasi saya, semoga anda menyukainya.



Pekarangan Depan Rumah

Tanah tempat berdirinya rumah saya memiliki bentuk yang memanjang, sedangkan rumah tepat berada ditengah-tengahnya, dengan begitu kami memiliki area pekarangan yang luas di bagian depan dan belakangnya.
Oleh sebab itu kami mencoba untuk memanfaatkan area yang ada untuk menanami beberapa jenis tanaman yang bermanfaat.

  • Tanaman Strawberry

Tanaman ini saya dapat dari kakak ipar saya ketika berkunjung kerumahnya.
Saya yang pada dasarnya sangat menyukai makanan yang memiliki cita rasa asam begitu tertarik untuk membudidayakan tanaman Strawberry ini. Sekarang ada 15 pot yang sudah saya tanami jenis tanaman ini dipekarangan depan rumah saya.



IMG_20221025_183244-01.jpeg

tanaman Strawberry


  • Tanaman Tebu

Tanaman yang menjadi bahan baku pembuatan gula ini tumbuh dengan subur di area kanan samping pagar pekarangan depan rumah saya.
Tanaman tebu tidak pernah absen ditanami dipekarangan rumah saya sedari saya kecil hingga sekarang, kami senantiasa membudidayakan jenis tanaman ini


IMG20221026163517-01.jpeg

tanaman tebu


  • Pohon Naga

Buah yang kaya akan nutrisi ini cukup digemari oleh keluarga saya, baik dikonsumsi secara lngsung ataupun dijadikan jus, oleh sebab itu ketika saya berkunjung ketempat kerabat saya mintakan sedikit batangnya untuk saya tanami sendiri dirumah. Sekarang pohon ini tumbuh dengan subur di pekarangan depan rumah saya.


IMG20221026163351-01.jpeg

Pohon Naga


Ada pula beberapa jenis tamanan lain di pekarangan depan, seperti; tanaman cabai, serai, pandan, seledri, pohon mangga,rambutan, jeruk bali.

Pekarangan Belakang Rumah

Di pekarangan belakang rumah saya manfaatkan untuk menanami jenis tanaman yang menjadi bahan dapur.

Berikut beberapa jenis tanaman yang saya budidayakan;

  • Pohon Jeruk Lemon
    Jeruk lemon ini cukup bermanfaat untuk memberi rasa asam pada masakan, saya juga sering memanfaatkannya dalam pembuatan minuman, seperti teh misalnya.

IMG20221026163640-01.jpeg

IMG20221026163700-01.jpeg

Pohon Jeruk Lemon


  • Tanaman Kunyit

Saya sering menyisihkan sebagian kunyit yang saya gunakan saat memasak untuk saya tanami kembali, selain bisa melipat gandakan buah kunyitnya saya juga suka memakai daunnya untuk memasak rendang.


IMG20221026163738-01.jpeg

tanaman kunyit


  • Tanaman Jahe
    Jahe salah satu bahan yang tidak pernah luput saya pakai ketika memasak, oleh karena itu saya juga suka membudidayakannya sendiri di pekarangan rumah, baik saya tanami langsung pada tanah yang saya gali ataupun memakai media pot.

IMG20221026163746-01.jpeg

tanaman jahe


  • Tanaman Gambas atau Oyong
    Tanaman ini saya tanam di pekarangan belakang rumah, umurnya baru sekitaran satu bulanan. Sekarang sudah memiliki putik-putik buah setelah gugurnya bunga-bunga, mungkin sekitar 10 hari kemudian sudah ada buah yang bisa dipanen.

IMG20221026163806-01.jpeg

tanaman gambas atau oyong


friendship @molida.
السلام عليكم ورحمة الله وبركات

Sort:  

TEAM MILLIONAIRE

Your post has been successfully curated by @fredquantum at 40%.

Thank you for your committed efforts, we urge you to do more and keep posting high quality contests for a chance to earn valuable upvotes from our team of curators and why not be selected for an additional upvote in the weekly list of Top Contests. This is a prize for being a winner in Klen.civil's recently concluded contest.

 2 years ago 

Thanks for your support @fredquantum

 2 years ago 

masyaallah the plants in your house are fresh and very useful

 2 years ago 

Iya mbak, alhamdulillah

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 65668.23
ETH 2619.57
USDT 1.00
SBD 2.65