Contest Environment 9th : Enviromental Hygiene - Menggunakan Kembali Sampah Plastik

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago

25% reward post ini untuk @worldsmile

Melipat Sampah Plastik

Membuang sampah adalah bencana bagi kita semua. Apalagi jika membuang sampah ek sungai atau saluran air. Akibatnya adalah saluran air juga menjadi mampet sehingga ketika turun hujan deras, air tidak bisa segera berlalu sehingga meluap ke jalan. Yang paling parah, bisa menyebabkan banjir juga. Bau busuk serta lumpur kotor warna hitam juga menyebabkan warga menjadi tidak nyaman, selain munculnya berbagai penyakit yang membahayakan.
Saya pribadi membiasakan diri menggunakan kembali (re-use) berbagai kantong plastik yang saya punya. Saya membagi sampah kantong plastic menjadi 3 jenis, yaitu

  1. Yang bagus dan bisa digunakan kembali
  2. Tidak bagus tapi masih bisa digunakan kembali
  3. Tidak bisa digunakan kembali, misalnya plastic bungkus makanan kecil
    Jika kantong plastiknya bagus dan layak digunakan pagi, biasanya saya lipat dan saya simpan untuk saya gunakan lagi di lain waktu. Tujuan dari pelipatan plastic adalah biar rapi dan hemat tempat, selain tentunya hemat uang juga karena jika kita terlalu sering membeli kantong plastic, maka akan membutuhkan banyak uang untuk membayarnya.

IMG20220411031013.jpg

Untuk kantong plastik besar tapi sobek atau tidak layak re-use, maka saya gunakan untuk landasan di tempat sampah. Tempat sampah sebaiknya diberi landasan plastic agar kemudahkan kita untuk membuangnya. Dan lagi jika ada sampah basah agar tidak membasahi tempat sampah yang mana akibatnya bisa menyebabkan bau tidak sedap.
Kalau untuk kantong plastik yang mengalami sobek parah atau ukurannya kecil, baru dibuang di tempat sampah. Karena sampah semacam itu sudah tidak bisa digunakan lagi.

IMG20220411030559.jpg

Dengan Langkah kecil seperti ini, efeknya snagat signikan terhadap kebersihan dan volume sampah rumah tangga kita. Karena selain jumlah sampah ditempat sampah menjadi berkurang, maka sampah yang harus dibuang juga ikut berkurang.
Mari kita bayangkan, jika setiap keluarga bisa mengurangi atau menggunakan 1 kantong plastic setiap hari, maka dalam 1 hari, akan ada milayaran kantong plastic yang tidak jadi dibuang. Hal tersebut tentu saja merupakan berita baik untuk bumi kita.

Hormat saya, @majanan

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57856.68
ETH 2352.26
USDT 1.00
SBD 2.43