CLUB 75 Rural Transportation Reviews, Pit Kebo".

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago

25% reward for @worldsmile

Pit Kebo

IMG20220616153749.jpg

Di daerah saya merupakan daerah yang cukup populer dengan kebiasan orang bersepeda sejak jaman penjajahan Belanda.

Daerah saya ini memang cenderung rata sehingga nyaman sekali ini bersepeda. Anak-anak kecil saja sudah bisa bersepeda sejak sebelum masuk sekolah, termasuk anak-anak saya. Padahal saya sendiri bisa naik sepeda setelah saya kelas 3 SMA karena saya berasal dari daerah pegunungan.

IMG20220616153800.jpg
Ketika awal awal saya bekerja dulu, saya juga biasa bersepeda sejauh sekitar 8 km dan itu artinya saya menempuh jarak 16 km sehari untuk perjalanan pulang pergi. Jarak 8 km tersebut saya tempuh selama kurang dari 1 jam karena memang kondisi jalannya nyaman dan datar.
Screenshot_2022-06-21-06-43-59-88.png
Di berbagai pabrik para karyawannya juga masih banyak yang naik sepeda. Orang orang yang ke pasar juga banyak yang bersepeda. Anak-anak yang sekolah pun banyak yang naik sepeda.

Setiap hari libur banyak orang yang bersepeda pagi baik sendiri maupun beramai-ramai. Jarak yang mereka tempuh buka 5-10 km tapi bisa 100 km dan mereka tempuh seharian. Beberapa teman dan kenalan saya yang hobi bersepeda bisa bersepeda sangat jauh hingga luar daerah dan seharian. Untuk jarak jauh, mereka memakai sepeda khusus yang nyaman dan biasanya harga mahal, bisa mencapai belasan atau puluhan juta.

Bersepeda merupakan aktifitas yang menyenangkan dan menyehatkan. Sambil berolahraga bisa sambil berekreasi.

Dalam bahas Jawa, sepeda disebut "pit" berasal dari bahasa Belanda "Fiet". Adapun untuk model sepeda lama peninggalan era Belanda disebutnya pit kebo. Kata kebo sendiri artinya adalah kerbau. Hal ini mungkin karena sepedanya berwarna gelap dan bentuk stangnya mirip dengan tanduk kerbau, melengkung ke belakang. Sepeda seperti ini mahal karena langka dan jika rusak susah mencari onderdilnya. Biasanya yang punya adalah kolektor barang antik atau toko barang antik.

Terima kasih atas kunjungan dan dukungannya.

Hormat saya @majanan

Semua poto saya ambil ketika acara di hotel, karena mencari sepeda ini di jalan sangat sulit. Hanya pada event tertentu saja ada.

https://steemit.com/hive-172186/@majanan/achievement-1-introduction-by-majanan

Sort:  
 2 years ago 

Nice bicycles
I never got the chance to learn how to ride one
But I'll definitely like to learn though.

Impressive review you have given

 2 years ago 

Welcome

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 60696.11
ETH 3379.76
USDT 1.00
SBD 2.52