The Diary Game Rabu 8 February 2023 || Advokasi Pemerintah Kecamatan Dan Mengikuti Ist dari TAPM Kabupaten

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago

Assalamualaikum wr wb


Hai sahabat steemians
Bagaimana khabarnya hari ini ?
Tentu baik - baik saja bukan?
Kita selalu berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar selalu diberikan kelancaran, kemudahan dan kesehatan dalam menjalani berbagai kegiatan sehari - hari.

20230208_113000.jpgMengikuti Ist dari TAPM Kabupaten

Baik syedara ku dimana pun anda berada hari ini kembali saya ingin menshare kegiatan harian saya dalam sebuah bingkai the diary game pada platform steemit ini.

Saya hari ini punya berbagai agenda yang harus saya lakukan dalam lingkup pekerjaan saya sebagai pendamping desa di kecamatan saya sendiri, dalam beberapa minggu ini saya mendapat tugas tambahan karena koordinator kecamatan nya cuti selama 20 hari untuk beribadah umrah ke tanah suci.

Pada awal tahun setiap tahunnya kami sebagai pendamping desa mempunyai tugas yang lumayan berat dibandingkan dengan bulan - bulan lainnya, mengapa demikian? Pada awal tahun merupakan awal mula nya semua desa dibawah pendampingan kami melakukan perencanaan serta pengajuan dana desa tahap awal. Dalam pengaujuan dana desa tahap awal ini tentu banyak syarat - syarat yang harus dipenuhi oleh desa untuk dapat melakukan pengajuan tahap pertama, misalnya harus dilengkapi dengan Laporan Pertanggungjawaban ( LPj ) tahun sebelumnya.

Pagi - pagi sekitar jam 9 pagi saya sudah meluncur ke kecamatan untuk bertemu dengan camat, kasi PMD dan stafnya dalam rangka melakukan advokasi percepatan pengajuan dana desa tahun 2023. Sebelum saya sampai di kantor kecamatan saya menyempatkan diri minum kopi dulu di salah satu warung kopi sekitar kantor camat.

Setelah saya ngopi di warung lalu saya beranjak menuju kantor camat dan langsung menuju ruang PMD dimana disana saya akan bertemu dengan Bapak Ibrahim, SE selaku kasi PMD di kantor kecamatan Nurussalam.

Di dalam ruang PMD ternyata ada beberapa staf yang sedang bekerja dan kasi PMD juga sehingga langsung minta waktu sebentar untuk berdiskusi tentang progres pencapaian desa dalam persiapan pengajuan dana desa tahap awal, setelah kami berdiskusi panjang lebar dengan kasi PMD dan staf nya akhir nya kami sepakat masuk ke ruang camat untuk mendiskusi kan beberapa rekomendasi saya dalam percepatan pengajuan dana desa tahap awal.

20230208_094611.jpgSaya dengan Kasi PMD Kecamatan Nurussalam

Saat kami memasuki ruang camat kami lansung dipersilahkan oleh pak camat yang secara kebetulan pak camat lagi sendiri di ruangnya. Akhir kami mengutara kan rencana kami dalam proses percepatan pengajuan dana desa tahap awal, pak camat langsung menyambut baik langkah - langkah yang kami tawarkan untuk segera di eksekusi. Camat langsung memanggil staf nya agar segera dibuat undangan kepada seluruh kepala desa untuk rapat koordinasi dan akan dilaksanakan pada hari jumat ini yakni tanggal 10 - 02 - 2023 dengan agenda evaluasi proses perencanaan yang telah dilakukan oleh pemerintah desa.

20230208_094628.jpg

Kamudian saya pamit untuk meninggalkan kantor kecamatan karena saya harus menghadiri kegiatan lain yang sudah teragenda yakni rapat koordinasi dengan seluruh PLD dalam kecamatan Nurussalam serta mengikuti IST yang akan dilakukan oleh TAPM tentang pengimputan APBDes Perubahan pada aplikasi monev DD.

Saya langsung menuju tempat dimana tempat yang telah kami sepakati sebelumnya, disana mereka sudah berkumpul tinggal menunggu saya datang saja sambil mereka juga menyelesaikan beberapa pekerjaan yang belum selesai. Lalu kami mulai buka acara dan langsung ke inti nya dimana saya melakukan evaluasi tentang progres perencanaan di desa masing - masing dampingan mereka. Setelah mereka persentasi satu persatu dan kami lakukan diskusi mencari cara mudah agar persoalan didesa dapat segera terselesaikan.

Setelah kami berdiskusi beberapa jam dan melahirkan beberapa rekomendasi bersama yang segera akan dilaksanakan oleh PLD di tiap desa dampingannya masing - masing.

Kemudian pak Chadafi dengan nama di platform steemit @waterjoe dan timnya datang selaku TAPM di Kabupaten Aceh Timur untuk melakukan Ist terhadap kami PD dan PLD dalam kecamatan nurussalam dalam memposting APBDes Perubahan.

Dalam melaksanakan ist ini pak chadafi sudah membawa alat - alat yang dibutuhkan saat ist mulai dari laptop, proyektor dan lainnya untuk kelancaran pelaksanaan ist ini. Kemudian acara ist pun dimulai kami membuka laptop langsung membuka pada web monev DD yang telah disediakan oleh kemendesa sebagai wadah kami melakukan pelaporan terhadap realiasasi anggaran dana desa yang telah dikucurkan oleh pemerintah pusat.

20230208_112949.jpgSeriusnya dalam mengikuti Ist

Dalam ist ini jika kami menemukan berbagai kendala kami langsung di bimbing untuk dapat mengatasinya dengan segera dan sambilan kami belajar rupanya progresnya langsung naik sekitar 40% karena saat ist kami langsung melakukan imputan pada aplikasi webnya.

Kemudian setelah selesai semuanya dan kami sudah memahami dengan sempurna tentang materi nya pak cahadafi pun ingin pamit untuk melaksanakan kegiatan di kecamatan lainnya.

Kami lanjutkan pengisiannya sampe jam 14.00 siang dan setelah itu kami pun bubar dan ada beberapa desa yang belum terimput akan dilanjut oleh masing - masing PLD di rumahnya nanti. Lalu saya pun pulang kembali ke rumah untuk makan siang serta melaksanakan shalat zuhur di rumah. Setelah shalat zuhur saya istirahat di rumah sampai dengan sore hari.

Setelah mangrib saya pun kembali keluar rumah untuk nongkrong di warung kopi sambil bermedia sosial dan mengobrol dengan kawan - kawan.

Demikaian lah diary saya hari ini semoga ada faedah nya buat kita semua, akhirul kalam wabillahitaufq wal hidayah
Asaalamualaikum wr wb....

Salam hangat dari saya
@ishakaceh

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.032
BTC 59249.61
ETH 2526.11
USDT 1.00
SBD 2.46