Lesson 8: Correlation between Power Up and Rewards on Steemit

in STEEM FOR BETTERLIFE18 days ago

Corelation.png


Dear Newcomer...

Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman pribadi dengan berbagai latar belakang steem power yang saya miliki sehingga dapat dijadikan bahan bacaan untuk newcomer diplatform ini.

Latar belakang

Meskipun saya bergabung diplatform ini sebagai generasi pertama tahun 2016, steemit merupakan hal yang baru bagi saya, artinya banyak hal yang belum saya pahami secara menyeluruh tentang platform ini dan ekosistemnya. Namun saya terus mencoba belajar dari siapapun sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Pengalaman sebelumnya menjadi pembelajaran penting bagi saya ketika mulai bergabung dan memilih berhenti karena beberapa alasan klasik. Tak dapat dipungkiri bahwa sebelumnya orientasi saya hanya bersifat konsumtif, memiliki reward dari postingan, menjualnya dan hasilnya dalam bentuk mata uang konvensional saya gunakan untuk kebutuhan harian dan sebagian darinya untuk biaya pendidikan sarjana dan pendidikan profesi.

Apakah saya melakukan hal yang salah? Saya pikir disatu sisi keputusan tersebut merupakan hal yang tepat dilakukan mengingat dengan steem saya telah mampu menyelesaikan 2 jenjang pendidikan, tetapi disisi lain jika dilihat dari sisi bisnis, saya merupakan produk gagal. Membuang peluang besar yang telah ada dan kembali dari 0 pada Maret 2021 sebagai dormant.

Sebagai pengguna baru (dormant) dengan steem power layaknya newcomer membatasi ruang gerak saya dalam berplatform, saya hanya dapat menulis postingan tetapi minim interaksi. Hal ini merupakan dampak dari rendahnya Steem Power yang saya miliki.

Saya menyadari bahwa kondisi ini akan menyulitkan saya, kemudian berinisiatif untuk melakukan power up 1000 steem dari market external.

Saya belum menyadari eksistensi dari SP seutuhnya sehingga dengan lahirnya inisiatif club diplatform ini saya terus fokus dalam club100 dengan memperoleh SP sampai 5000.

Disinilah awal kesadaran pentingnya SP untuk sebuah akun, selain sebagai aset investasi, ternyata SP juga menjadi pasif income melalui kurasi yang saya jalankan.


Screenshot 2024-05-09 at 22.22.55.png

Sebelum menulis lebih lanjut tentang topik ini, saya yakin bahwa newcomer belum memahami tentang steem power dan power up. Saya akan menjelaskan menurut pandangan saya dalam bahasa yang sederhana.

Power Up merupakan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna akun dengan meningkatkan steem power yang bersumber dari steem cair yang tersedia di dompet akun.
Steem yang tersedia di dompet akan bertambah sesuai dengan jumlah yang dipower up.

Sebagian pengguna khawatir ketika melihat bahwa steem power tidak dapat langsung di transfer keluar. Anda harus ketahui bahwa steem yang telah dipower up akan meningkatkan kekuatan akun, semakin banyak steem power yang dimiliki maka semakin besar reward yang diperoleh dari hasil kurasi.

Untuk melakukan cash out Steem Power akan membutuhkan waktu selama 4 Minggu, bahkan rentang waktu sebelumnya sampai 3 bulan. Power Down merupakan upaya untuk menarik Steem Power dan dalam periode mingguan akan masuk kedalam wallet berupa steem.

Reward Kurasi

Reward kurasi merupakan imbalan yang diperoleh oleh sebuah akun dari distribusi upvote yang digunakan.
Saya mencontohkan bahwa setiap postingan pengguna lain yang saya upvote, dalam rentang waktu 7 hari akan menerima imbalan.

Screenshot 2024-05-09 at 22.40.32.png

steemworld

Tingginya reward kurasi yang diperoleh dipengaruhi oleh beberapa faktor:

  1. Jumlah Steem Power yang dimiliki
  2. Mana Power Akun
  3. Waktu kurasi
  4. Persentase upvote yang diberikan

Keempat poin diatas akan saling mempengaruhi terhadap jumlah reward kurasi yang diperoleh. Artinya sebuah akun dengan 10.000 SP akan memiliki reward kurasi yang berbeda dengan akun dibawah atau diatasnya. Namun perlu diperhatikan metode kurasi berupa waktu efektif kurasi, jumlah kurator yang telah mendukung konten yang akan di upvote juga akan memberikan Pengaruh yang signifikan.

Untuk lebih efektif maka jalankan kurasi maksimal Mana Power berada pada angka 80% sehingga dalam waktu 24 jam mana power tersebut akan kembali pulih menjadi 100%.

Terus tingkatkan Steem Power sehingga reward kurasi akan meningkat. Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa waktu kurasi yang dilakukan terhadap konten yang akan memasuki masa payout, reward kurasi yang diperoleh akan sangat minim. Saya akan memberikan contoh secara langsung pada 3 postingan yang berbeda.

Screenshot 2024-05-09 at 22.10.49.png

Screenshot 2024-05-09 at 22.12.39.png

Screenshot 2024-05-09 at 22.13.43.png

Screenshot 2024-05-09 at 22.14.11.png

Saya akan membagikan tentang panduannya pada tulisan saya 3 tahun lalu dengan topik -Achievement 6 by @irawandedy : Understanding Curation and Community. Berikut kutipannya:

Hadiah rewards kurasi yang akan didapatkan oleh creator konten dan kurator adalah 50% untuk pemilik postingan dan sisanya diperuntukkan untuk kurator sebagai pemberi suara. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari alokasi 50% dipengaruhi oleh waktu saat memberikan suara, saya akan coba menguraikan penjelasan file FAQ steemit antara lain sebagai berikut :

  1. Tidak memperoleh reward : kondisi ini terjadi karena kurator memberikan suara saat konten baru di post dan waktunya dibawah 1 menit.
  2. Reward 20% dan 80% : Upvote yang diberikan saat postingan baru di posting 1 menit, kurator mendapatkan 20% dan 80% sesuai reward pool.
  3. Reward 40% dan 60% : Upvote yang diberikan saat postingan baru dirilis 2 menit, kurator mendapatkan 40% dan 60% sesuai reward pool.
  4. Reward 60% dan 40% : Upvote yang diberikan saat postingan baru dirilis 3 menit, kurator mendapatkan 60% dan 40% sesuai reward pool.
  5. Reward 80% dan 20% : Upvote yang diberikan saat postingan baru dirilis 4 menit, kurator mendapatkan 80% dan 20% sesuai reward pool.
  6. Reward 100% : Upvote yang diberikan saat postingan baru dirilis 5 menit, kurator mendapatkan 100% dari reward yang diberikan 50% kurasi untuk kurator.

Apa Hubungannya Power Up dengan Reward?

Pada prinsipnya reward yang diperoleh tidak hanya melalui publikasi postingan tetapi reward juga dapat diperoleh melalui kurasi, artinya manajemen kurasi yang efektif yang digunakan akan mempengaruhi jumlah reward yang diperoleh. Oleh karena itu mari terus meningkatkan Steem Power sebagai bagian penting untuk investasi di steem, memperoleh pasif income hanya dengan distribusi upvote dalam bentuk steem power.

Reward kurasi ini akan terus meningkat sehingga menunjang peningkatan investasi dimasa mendatang. Saya pikir Power Up dan Reward di steemit dalam bentuk kurasi memiliki keterkaitan dan dua aspek yang tidak terpisahkan.

Semoga bermanfaat.... Salam Power Up!

Indonesia, May 09, 2024
@irawandedy

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 17 days ago 

Thank you very much for publishing your post in Steem For Betterlife Community

DescriptionInformation
Verified User✔️
Club Status#club5050
#steemexclusive
Plagiarism Free / AI Article Free
✔️
Bot Free✔️
Beneficiaries
* #burnsteem25

null 25% ✔️

Appeal to community members:

  • Let's increase Steem Power (SP) to support each other by joining at least #club5050
  • Maintain the authenticity of your content to get greater support
  • Only use original photos or copyright-free images by linking the image source

Verified by @𝘩𝘦𝘳𝘪𝘢𝘥𝘪


We support quality posts and good comments posted anywhere and with any tag.

Curated by : @𝗁𝖾𝗋𝗂𝖺𝖽𝗂

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 68571.56
ETH 3910.03
USDT 1.00
SBD 3.66