"Kuliner Jalanan || Sarapan dengan menu kaki lima".

in STEEM FOR BETTERLIFE2 months ago
Halo stemian apakabar kalian, Asalammualaikum... Jumpa kembali dengan saya @ifatniza di steem for betterlife. Kali ini saya akan mengikuti kontes kuliner jalanan yang di selenggarakan oleh @irawandedy. Kontes yang menarik ini sebaiknya di ikuti oleh semua stemian yang hobby jajan makanan kaki lima dan saya akan mengajak sahabat saya, @shawlin, @mehwish-almas dan @nancygbemi untuk ikut berpartisipasi di kontes yang menyenangkan ini.

Orange Beige Aesthetic Daily Vlog Youtube Thumbnail_20240706_170924_0001.png
by Canva

Kuliner jalanan adalah makanan atau minuman yang di jual oleh pedagang yang di jajakan di pinggir jalan dan siap dimakan atau di bawa pulang oleh pelanggan tanpa harus menunggu lama. Menu yang di tawarkan juga beragam, mulai dari gorengan, sate angkringan, martabak, makanan kekinian dan segala minuman yang menggugah selera.

Kuliner jalanan juga terbagi dua, ada yang di santap disaat pagi hari, mulai pukul 7 pagi sampai pukul 1 siang dan ada juga untuk sore hari mulai pukul 2 siang sampai 10 malam. dan semua itu di penuhi pembeli, yang malas masak untuk sarapan mereka membeli makanan di pagi hari. Sedangkan yang ingin ngemil sore hari mereka membeli makanan yang di jajakan sore hari.

••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••

Pagi ini saya dan anak saya ingin membeli bubur untuk sarapan, kami langsung menuju ke jalan Darussalam, dimana di situ ada orang yang berjualan bubur, tepatnya di jalan Darussalam depan lorong gegana. Saya memesan 1 bungkus bubur ayam yang segera di sajikan oleh penjualnya. Begitu cepat cara dia bekerja, Mula-mula dia menaruh bubur sebanyak 2 sendok besar, lalu di beri kecap dan kaldu, baru di masukan aneka toping, ada ayam suwir, cakue, kacang kuning goreng, telur rebus dan kerupuk. Di bungkus dan langsung kami bayar harga 1 porsi IDR 13.000. (4.3 steem)

IMG20240705102140.jpg
Gerobak bubur ayam si Abah

IMG20240705102006.jpg
IMG20240705102023.jpg
IMG20240705102105.jpg
IMG20240705102122.jpg

Setelah kami selesai membeli bubur, di seberang jalan terlihat Abang somay sedang melayani pembeli, anakku minta di belikan somay, katanya itu somay legend Mak, aku pun menuju ke Abang somay. Kami membeli IDR 7.000 (2,3 steem) saja, karena nanti akan beli yang lain lagi. (Siomay ini terbuat dari daging ayam yang di campur tepung tapioka, di beri seasoning dan di rebus sampai matang, hampir serupa bakso). Si Abang somay menaruh beberapa buah somay ke dalam plastik lalu menyuruh anakku menaruh sendiri sambal yang dia suka. Lalu anakku memasukkan saus, kecap dan sambal ke dalam somaynya.

IMG20240705102411.jpg
Meracik sendiri

IMG20240705102400.jpg
Somay legend

Kami melanjutkan lagi perjalanan masuk ke jalan gegana dan sampai di depan SD 5 ada yang menjual panada goreng, aku memesan 1 porsi panada dengan 3 varian rasa dan 1 porsi otak-otak, dengan harga masing-masing porsi IDR 15.000 total IDR 30.000 (10 steem) juga aku pesan 2 buah teh poci IDR 10.000. (3,3 steem).

Panada dan otak-otak di goreng sebentar biar panas, karena itu barang prozen sehingga kurang enak bila tidak di goreng lagi. Makannya dengan bumbu yang sudah mereka racik. Aku dan anakku makan di tempat mereka. Di sana terdapat beberapa gerobak makanan, ada yang jual lontong, telur goreng dan lain-lain. Di seberang jalan juga terdapat cafe, yang bila sore dan malam hari ramai di datangi pengunjung, Lhokseumawe sekarang sudah menyala bila malam hari.

IMG20240705103519.jpg
IMG20240705103618.jpg
IMG20240705103825.jpg
IMG20240705104557.jpg
IMG20240705104741.jpg

Menu sarapan pagiku dengan anakku

Selesai makan kami lanjut ke pasar untuk belanja kebutuhan harianku. Demikian sahabat stemian, cerita kulinerku hari ini, semoga kalian suka dengan ceritanya, jangan lupa kalian vote dan kirim komentar yang positif ya. Terimakasih banyak. Wasalam @ifatniza.

Sebagai pendatang baru turut aku lampirkan prestasi 1 di link berikut ini:

https://steemit.com/hive-172186/@ifatniza/achievement1-perkenalan-diri-ifatniza

Sort:  

Salam friend!

Hopefully you are doing great. I read your post and was amazed by the description of Indonesian street food. I just love it. All the dishes look very delicious. You made it easy for us to understand about prices of these foods. You look beautiful and I pray for your smile.

I wish you best of luck for the future.🤞🌼

Terimakasih mehwish atas doanya untuk kesuksesan saya... Saya doakan anda juga sukses ke depannya... Dan saya harap anda juga mau mengikuti kontes ini, agar saya tahu bagaimana di negara anda makanan pinggir jalannya.

Loading...
TEAM 6 : Congratulations!

This post has been curated using steemcurator08. We appreciate your efforts on making quality blogs and post relevant comments. Thank You! 😊

footer.jpg

Curated by : @sofian88

Terimakasih team steemcurator08 atas kesediaannya mengkurasi postingan saya, insya Allah saya akan belajar lebih baik lagi dalam membuat postingan berikutnya.

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 56269.96
ETH 2364.95
USDT 1.00
SBD 2.26