Kenduri syukuran di kolam bersama keluarga

in STEEM FOR BETTERLIFE20 days ago

Assalamu'alaikum teman Steemit, apa kabar hari ini?, semoga semuanya sehat-sehat,Hari ini hari yang sangat cerah matahari bersinar dengan terik, hari ini saya dan keluarga akan pergi ke kolam atau di sebut juga dengan tambak ikan, karena ada sedikit kenduri atau syukuran setiap tahunnya, kenduri ini hanya adat turun temurun sebagai rasa syukur atas pencapaian hasil panen di kolam,jadi di adakan setiap tahunnya

Keluarga saya pergi terlebih dahulu,mamak,nenek,adik,Abang dan kakak ipar,karena harus memotong dan membersihkan ayam terlebih dahulu di kolam,saya bersama suami dan juga anak pergi agak terlambat,kami perginya menggunakan motor karena jarak yang di tempuh lumayan jauh, jalan menuju ke kolam lumayan lebar,jadi yang ingin pergi menggunakan mobil juga bisa.

1000050515.jpg

Sudah sampai di kolam, saya melihat nenek saya lagi siap-siap mau memasak ayamnya, mamak dari mamaknya saya,sebelum masak nenek minta di fotoin dulu katanya untuk kenang-kenangan,lucu sekali nenek berfoto dengan gaya memegang wajan dan ember, kami semua sangat terhibur melihat gaya berfotonya nenek, nenek adalah orang yang sangat lembut,penyayang dan penyabar, masakan nenek juga sangat enak, pasti teman-teman juga sangat menyukai masakan nenek.

1000052702.jpg

Ini dia penampakan ayamnya yang udah di masak, ayamnya di masak merah, yang masak nenek sama mamak, masaknya menggunakan kayu karena di kolam tidak ada kompor, sebenarnya masakan lebih enak rasanya kalau di masak menggunakan kayu seperti ini,ini di masaknya di bawah gubuk, gubuknya lumayan tinggi jadi di bawah gubuk bisa untuk masak-masak dan bersantai, apa lagi cuaca sangat panas, jadi di bawah gubuk lumayan dingin tidak terkena cahaya matahari.

Selesai masak,ayamnya di bawa kedalam gubuk ,untuk di makan rame-rame bersama keluarga,untuk kenduri ayamnya di pisahkan di mangkok bersama nasi bungkus dan di bawa ketempat orang tua yang lagi kenduri berdoa,jadi yang ikut makan kenduri itu cuma orang laki-laki saja di tempat khusus yang telah di sediakan, yang perempuan tidak ikut makan kenduri bersama orang laki.

1000052719.jpg

Selesai makan saya dan keluarga saya duduk di teras depan gubuk, karena di dalam sangat panas, kalau di luar lumayan dingin terkena hembusan angin, bersantai sambil melihat pemandangan sekitar yang dikelilingi pohon Bangka dan sungai, setelah beristirahat waktunya untuk berfoto-foto, cuacanya juga sangat mendukung, masih sangat panas.

1000050512.jpg

1000050513.jpg

1000050516.jpg

Nah ini dia hasil kami berfoto dengan pemandangan yang begitu indah, langit biru dan hijaunya pepohonan yang mengelilingi kolam,kami berfoto bergantian,ini akan menjadi sebuah kenangan bersama keluarga saya, lihat gaya berfoto nenek saya, ini nenek bergaya tanpa di kasih tau gaya seperti apa, nenek senang sekali jika di ajak berfoto, dan kami juga sangat senang melihat tingkahnya nenek, semoga nenek sehat selalu, supaya saya bisa memakan masakan nenek terus.

1000050514.jpg

Tidak lupa juga, saya mengambil foto mamak bersama nenek, supaya ada kenangan foto mereka berdua, mereka adalah orang yang sangat berarti bagi hidup saya, dua orang yang berperan sebagai ibu bagi saya, dua orang yang masakannya sama-sama sangat enak, terkadang saya sangat merindukan masakan mamak dan nenek semenjak saya tinggal di rumah sendiri,semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan keberkahan umur kepada keduanya.

Hari mulai sore, waktunya berkemas-kemas barang dan juga alat masak,badan juga sudah mulai lelah ingin segera bertemu dengan kasur dan bantal, siap berkemas saya dan keluarga kembali pulang kerumah masing-masing, sampai di rumah langsung aja mandi dan bersih-bersih, setelah itu istirahat bersama keluarga kecil saya, sampai di sini dulu cerita dan pengalaman selama di kolam, jangan bosan-bosan baca cerita saya, semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin.

Assalamu'alaikum..

Sort:  

Kenapa tidak ada gambar ayam masak merah yang sudah diletakkan di piring?
Saya pikir itu pasti bagus dan rasanya juga sangat enak.

 20 days ago 

Maaf saya lupa mengambil foto saat sedang memakan ayamnya,lain kali saya tidak akan lupa lagi

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 59762.43
ETH 2663.65
USDT 1.00
SBD 2.41