Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Rapat Praktik Kerja Lapangan

in STEEM FOR BETTERLIFElast month

Halo Sobat

Minggu pertama diawal tahun pelajaran baru aku disibukkan dengan berbagai kegiatan di sekolah, selain mengajar yang menjadi tugas utama, aku mendapat tugas sebagai instruktur Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru dan pembimbing Praktek Kerja Lpangan (PKL) bagi siswa kelas XII, jadi harap maklum jika aku kurang aktif di platform steemit

Kegiatan MPLS dimulai sejak pagi hari yang di awali dengan sarapan bersama di lapangan, aku memiliki tugas mengajar di pagi ini, tentu saja aku tidak bergabung pada keguatan ini, sesuai jadwal yang telah di terbitkan aku akan menjadi instruktur pada minggu kedua, jam mengangajarku banyak yang beradu dengan kegiatan MPLS.

Apayang terjadi...?

Aku perlu mempersiapkan materi ajar untuk kelas XI karena guru piket akan menggantikan tugas ini dengan masuk kekelasku, sangat tidak mungkin merembakjadwal seluruhnya karena Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah hanya tiga minggu pertama, setelah itu siswa kelas X akan belajar seperti biasanya

Kepala Sekolah juga ikut serta pada Kegiatan sarapan bersama pada pagi ini untuk menjalain keakraban dengan siswa dan siswi baru, aku hanya bisa menyapa mereka ketika melewati lapangan basket.

Aku lanjut ke perpustakaan untuk meminjam buku pelajaran kurikulum pendidikan nasional yang baru didatangkan dari kementrian pendidikan

Sebelum aku meminjam buku, aku memeriksa isi buku pada daftar isi untuk kesesuaian materi dengan Capaian Pembelajaran yang di harapkan oleh kurikulum Pendidikan Nasional 2024. Sebenarnya meterinya sama saja, hanya cara penyampaian dan metode mengajar yang berbeda.

Aku segera masuk kelas setelah bel berdering dan siswa telah menungguku di ruang kelas, sayangnya aku hanya dapat memberikan sedikit materi pembelajaran sebab akan di adakan rapat tentang Praktek Kerja Lapangan untuk kelas XI

Pengalaman pertama menjadi pembimbing PKL

Terus terang ini merupakan pertama kalinya aku menjadi pembimbing PKL, sebalumnya aku selalu menolak untuk membimbing siswa PKL, namun kali ini aku tidak dapat menolak sesuai tuntutan kurikulum. Setiap guru yang mengajar di kelas XI wajib untuk membimbing siswa PKL,

Dalam rapat ini, kepala dan wakil kepala sekolah mengarahkan siswa dan pembimbing dalam tugas PKL serta diumumkan tempat PKL dan siapa yang menjadi pembimbing siswa PKL. Aku mendapat tugas membimbing tiga siswa-siswi secara intensif di kantor PLN hingga mereka menyelesaikan laporan PKL untuk dipresentasikan di hadapan tim penilai

Aku benar benar buta dengan tugas PKL, jadi aku perlu banyak belajar dari guru yang berpengalaman dan bertanya dengan kepala sekolah

Jam mengajarku habis terpakai untuk rapat, setelah rapat tugasku selesai untuk hari ini, aku beristirahat sambil menikmati kopi bersama rekan guru lainnya, aku pulang kerumah 15 menit sebelum jam belajar di sekolah berakhir, dan aku beristirahat saat tiba di rumah.

Malam hari, aktivitasku untuk mengurus komunitas tetap berjalan seperti biasanya namun aku sangat lelah dengang segala aktivitasku sejak pagi

Sekian dan Terima kasih

Wassalam
Indonesia 20 Juli 2024

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

TEAM 3
: Congratulations! This post has been voted through steemcurator05. We support quality posts and good comments.

C3TZR1g81UNaPs7vzNXHueW5ZM76DSHWEY7onmfLxcK2iQS7DDhuAKf29F7vpHfehVs7pHFahUnqLcwM2PB3MNEg4EjKX9tWcXbGwULVvcqMsuW3g1SbYPy.png

Curated by : @ngoenyi

Semangat bertugas pak Guru, sekalipun demikian guru adalah pahlawan dengan segala jasa, tanpa adanya seorang guru, mungkin bangsa ini masih dengan siklus jahilaliah.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.032
BTC 64196.23
ETH 2757.67
USDT 1.00
SBD 2.71