The Diary Game | Senin 17 Juni 2024 | Kegiatanku di Hari Raya Idul Adha 1445 H

in STEEM FOR BETTERLIFE5 days ago

Selamat malam sahabat steemiant semuanya, sebelumnya saya ingin mengucapkan Minal Aizinwalfaizin, Selamat hari raya Idul Adha 1445 H. Mohon Maaf atas segala kesalahan baik lahir maupun Bathin.


IMG20240617081646.jpg
Pulang Shalat Ied

Pagi ini saya bangun jam 06.50 wib dan saya langsung kekamar mandi untuk mandi sunat, karena hari ini merupakan hari raya Idul Adha. Selesai mandi shalat dan selesai shalat saya bersiap siap ke mesjid untuk melaksanakan Shalat ied.

Lebaran idul adha atau lebaran Haji shalat ied dilakukan lebih awal karena kita di sunatkan untuk imsak dahulu. Imsak adalah menahan diri untuk tidak makan dan tidak minum sebelum selesai shalat ied. Jam 06.45 wib saya tiba dimesjid dan jamaah sudah memenuhi mesjid sampai diluar, Saya mendapatkan saff diluar.

IMG20240617070736.jpg

IMG20240617070753.jpg

IMG20240617070137.jpg

IMG20240617070236.jpg

Shalat Ied di Mesjid Syuhada Bayu


Saya melakukan shalat bersama dan mendengarkan khutbah sampai selesai. Poin yang menarik dari isi khutbah adalah kita jangan pernah lupa pulang ke rumah orang tua kita selagi beliau masih ada. Buatlah mereka senang dengan kehadiran kita, bukan malah beban yang kita bawa ke mereka.

Selesai shalat id saya pulang dan menyiapka anak anak saya untuk memakai baju baru, terus saya ke rumah mertua untuk salam sengkuman hari raya.

IMG20240617084434.jpg
Met Raye Semuanya

Selesai kami menyicipi makanan dirumah mertua saya nyuci piring disana dan setelah itu kami bertamu ke rumah saudara atau makcik kami depan rumah, di situ kita si suguhi dengan makanan lontong, dan kami menikmati lontong bersama.

IMG20240617105104.jpg

IMG20240617105051.jpg

Menikmati Lontong di Rumah Makcik


Selesai di rumah depan kami lanjut ke rumah wawak kami di desa Dayah Tuha. Disana kita menikmati minum dan kue lebaran alakadar karena perutpun sudah sesak dengan makanan. Inilah momen lebaran selalu kenyang dan gembira.

IMG20240617123212.jpg
Di Tempat Wawak

Selesai dari tempat wawak saya kembali ke rumah untuk shalat zuhur dan istirahat sebentar, karena nanti kami mau pulang ke Pirak Timu di Rumah orang tua saya dan insyaallah kami nginap di sana.

Jam 16.00 Wib saya bangun shalat Ashar, terus saya siap siap mengemaskan pakaian untuk pulang le Pirak Timu. Sebenarnya pulang kampung itu perkara gampang cuma masalahnya kami pulang dengan satu kereta dan membonceng 4 orang lainnya, yaitu saya dan 3 anak kami. Itulah yang menjagi sedikit kepayahan kalau kami pulang lebaran gini. Muda mudahan kami tidak ada hambatan sehingga lancar perjalanan kami sampai di Pirak Timu.

IMG20240617172152.jpg
Full Muatan

Walaupun diperjalanan sempat berenti 3 kali karena kedua anak saya didepan tertidur. Makanya sebelum pulang saya usahakan untuk tidur supaya saya tidak ikut mengantuk di jalan.

Perjalan sekitar 1 jam baru sampai kerumah mamak saya, biasanya kalau saya pulang sendiri itu sekitar 30 atau 40 menit. Ngak papa lambat asalkan selamat. Sampai di rumah kami duduk bersama keluarga ada keluarga dari adik saya dan ada keluarga dari abang saya.

IMG20240617181944.jpg
Bersama Keluarga di Pirak Timu

Sambil bersenda gurau saya masak menyiapkan makan malam, karena mamak saya lagi kurang vit, jadi mamak saya ngak banyak masak lebaran ini. Habis magrib kami makan bersama,. Terus saya shalat insya. Selesai shalat saya menyelesaikan postingan diary saya hari ini sebelum saya tidur.


Sekian postingan kegiatan Lebaran Idul Adha Kali ini, Maaf lahir bathin untuk semua kawan kawan yang ada di flatfom steemit ini

SALAM


Sort:  
Loading...

TEAM 7

Congratulations! Your post has been upvoted through steemcurator09.

Curated by : @sahmie

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 64400.67
ETH 3506.16
USDT 1.00
SBD 2.53