Bahagia Bersama Canva: Upgrade Keterampilan Desain dan Grafis bersama PPI Taiwan

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago (edited)

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah digunakan. Tak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui perangfkat Destop ataupun Mobile yang dapat disinkronkan. Dengan demikian, canva memudahkan anda untuk berkreasi kapan pun dan dimana pun.



296141950_357646916565022_6717996495765444078_n.jpg

Para peserta pelatihan konsentrasi pada project desain masing-masing di Kantor KDEI Taipei https://what3words.com/rabu.templok.ditelepon



“Usia tak membatasi untuk terus belajar dan mengupgrade ilmu pengetahuan”begitulah prinsp yang saya pegang, hingga akhirnya membawa saya pada Pelatihan Desain Grafis Canva yang dilaksanakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan & Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei. Beberapa tahun lalu, saya sudah menginstal aplikasi canva di HP, tetapi karena belum familiar, sehingga jarang saya gunakan. Namun, setelah saya mengikuti pelatihan, saya jadi gemar mengedit menggunakan Canva, bahkan untuk membuat PPT untuk presentasi, Canva hadir dengan kemudian dan desain yang menarik.

297632117_886757329253679_2931683206965366850_n.jpg

Modul Canva [https://www.canva.com/] dari penyelenggara


Apa itu Canva?

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah digunakan. Tak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui perangfkat Destop ataupun Mobile yang dapat disinkronkan. Dengan demikian, canva memudahkan anda untuk berkreasi kapan pun dan dimana pun. Aplikasi ini memiliki dua versi: yakni versi gratis dan versi berbayar. Karena masih tahap pemula dan belajar saya menggunakan versi gratis.

Canva sangat membantu sekali dalam dunia desain seseorang menekuni bisnis online untuk melakukan editing produk untuk diposting ke media social, sebagai sarana promosi agar lebih menarik. Tak hanya itu, Canva juga menyediakan vitur desain untuk membuat Kartu nama, Flyer promosi, Banner pengumuman, Undangan, Desain Sertifikat, dan juga Banner Menu yang dipajang saat membuka usaha Café, Warung, dan lainnya.

Dengan menguasai Canva, seseorang dapat menghemat biaya desain saat akn melakukan promosi dalam usahanya. Selain itu, menguasai Canva juga dapat menjadi lahan empuk untuk membuka usaha percetakan, yang dapat dikolabirasi dengan fotocopy, foto wisuda dan menjual alat-alat tulis lainnya.

Screenshot (127).png


Screenshot (128).png

Desain Kartu nama yang saya desain sendiri



Sistem Pelatihan Canva yang saya ikuti

Kelas pelatihan dilakukan secara online dan offline. Setiap pertemuan pada sesi akhir peserta diberikan tugas yang akan dievaluasi pada pertemuan mendatang. Awalnya saya sangat sulit mengiktu ritme pelajaran, karena saya sendiri memiliki aktifitas padat dalam menulis, bekerja dan juga masih menempuh Pendidikan saat ini.

Tantangan dari animo peserta lain yang sangat antusias, membuat saya mematok diri “harus bisa”, karena baik untuk kepentingan saya sebagai creator konten dan juga kelak untuk membuka usaha. Berawal dari membuat Menu usaha, lalu membuat logo, flyer, dan kartu nama, sampai saya juga bisa menggunakan untuk membuat presentasi dalam bentuk PPT. Kemajuan tekhnologi membuat kita semakin mudah dalam berkarya dan mengembangkan keterampilan.

296006368_764127108181226_2951869107721573651_n.jpg

Awalnya saya menemui kendala, tetapi saya tanyakan langsung pada tutor di jam istirahat



Kesimpulan: Tekhnologi tak Membatasi Ruang dalam Berkarya

Dari seluruh peserta yang ada, mayoritas adalah mba-mba pekerja migran wanita yang memiliki impian untuk membuka usaha kelak di Indonesia, baik itu bisnis online, Toko kue (Pastries), Kedai Kopi hingga rumah makan. Mereka begitu gigih belajar dan mengerjakan semua sesi tugas dengan baik. Sehingga dapat menambah keterampilan untuk berwirausaha setelah pulang ke tanah air. Melalui desain grafis yang dibuat, tentunya dapat melakukan promosi baik secara online ataupun offline.

Dengan menguasai Desain Canva bagi saya sendiri sangat memberi arti dalam sebuah keterampilan. Ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi saya yang mencintai dunia menulis, Dengan mengkombinasikan literasi, desain grafis dan photography saya berharap dapat berkompetisi dengan kemajuan zaman yang terus berkembang. Karena ilmu akan terus berkembang sesuai kebutuhan.

271992513_486698246299132_1762409968272736574_n.jpg

Meskipun sebagai wanita dan ibu rumah tangga, melek tekhnologi saat ini dibutuhkan, karena keahlian yang dimiliki terus berkembang sesuai kemajuan zaman. Kemajuan tekhnologi melalui gadget dan internet membuat seseorang dapat berkarya di mana pun juga, tidak pernah tersekat oleh batas, ruang dan waktu bahkan usia.

Best Regards
@ettydiallova

About Me

Sort:  
 2 years ago 

Memanfaatkan teknologi digital utk mengembangkan kreatifitas nya 👍👍

 2 years ago 

Betul sekali Bu @wantimaulidar
Memanfaatkan tekhnologi tanpa batas untuk kreatifitas dan menambah keterampilan
Terima ksih sudah berkunjung 🤗

 2 years ago 

Smoga jadi desainer yang mantap

 2 years ago 

Amiiiinnnn
Terima kasih atas supportnya 🙏

Your post has been successfully curated by our team via @irawandedy at 40%. Thank you for your committed efforts, we invite you to do more and keep posting high quality posts for a chance to win valuable upvotes from our team of curators and why not be selected for an additional upvote later this week in the Top Seven.

received_495607172074545.jpeg
Note: Always use the tag #fintech to quickly access your post.

 2 years ago 

Thank you very much for supported my post SC05 Sir, @irawandedy..:)

 2 years ago 

Ayoo mbak kembangkan steemit di taiwan. Kami akan siap memandu semampunya.

 2 years ago 

Dua bulan lagi saya pulang ke Indonesia Bang,
Saya lebih memilih mengembangkan Steemit di Lampung Timur, nanti saya kenalkan pada teman2 mahasiswa di Daerah saya.

 2 years ago 

Desain kartu nama yang sangat bagus

 2 years ago 

Terima ksih sudah hadir di postingan ini:)

 2 years ago 

👌

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 56922.13
ETH 2347.73
USDT 1.00
SBD 2.43