My charity with 1 Steem, Membeli Kue Kesukaan Ibu

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago

50% Payout to @worldsmile

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada @sofian88, yang telah mengadakan kontes yang berjudul What Charity Activities Can You With 1 Steem #2nd Edition. Ini merupakan edisi kontes lanjutan yang pernah diadakan sebelumnya.

Salah satu Proyek yang berperan aktif dalam segi amal (charity) atau tindakan kebaikan adalah WorldSmile. Untuk menyukseskan kegiatan ini, perlu keterlibatan kita semua dalam hal penggalangan dana. Salah satu contoh kecilnya adalah dengan mengikuti kontes ini.

Tema yang diusung sangat erat kaitannya dengan kebaikan apa yang bisa kita lakukan dengan menggunakan 1 steem. Ini mengingatkan kita untuk selalu berbuat baik meski hal tersebut dipandang sebelah mata oleh orang lain (1 steem misalnya).

Berbuatlah kebaikan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, tanpa membandingkan dengan kemampuan orang lain. Tentu hal ini juga harus diiringi dengan keihklasan hati, walau tanpa apresiasi dari manusia sekalipun.


Harga 1 STEEM


Harga 1 STEEM tentu berbeda-beda jika dikonversikan ke dalam mata uang setiap negara. Terkhusus kepada negaraku yaitu Indonesia (IDR), harga untuk 1 STEEM saat postingan ini saya buat, dibulatkan menjadi Rp. 5.000 Rupiah.

Sumber

Dari harga steem diatas, apakah nilai dari 1 STEEM tersebut kecil ?

Belum tentu, nilai ini justru sangat berarti bagi sebagian orang yang ekonominya kurang berkecukupan. Katakan bagi seorang pemulung sampah, pengumpul barang bekas, anak yatim, fakir miskin dan sebagainya.

Jika kita memberi mereka seharga 1 STEEM dengan percuma, tentu mereka akan sangat berterima kasih kepada kita. Mungkin sebagian dari mereka, ada yang berdoa untuk kelancaran rezeki kita.

Berbeda halnya jika kita memberikan 1 steem tersebut kepada penguasa atau bos-bos perusahaan. Sangat kecil sekali artinya bagi mereka, bahkan bisa dianggap sebagai penghinaan.

Intinya adalah bukan seberapa besar nilai dari yang kita beri, namun kepada siapa nilai tersebut kita berikan. Jangan pernah berkecil hati dalam memberi dan Jangan pula menghina pemberian orang lain.


Aktivitas Positif Dari 1 STEEM


Dalam hal ini, kita semua bisa melakukan kegiatan amal apapun yang paling mudah dan dekat dengan kita. Saya mengambil contoh adalah dengan Bersedekah. Baik itu bersedekah secara materi maupun non materi.

Setelah berfikir lama (sekitar 30 menit), akhirnya saya mengetahui kepada siapa saya harus bersedekah terlebih dahulu. Saya teringat akan pesan yang disampaikan oleh para ustad ketika sedang berceramah di mesjid. Yaitu Bersedekah Kepada Orang Tua.

Sumber

Bukankah bersedekah kepada orang tua merupakan salah satu contoh dari Amal Kebajikan ?

Benar sekali teman-teman steemian, bersedekah kepada orang tua merupakan sesuatu yang paling utama dan paling besar pahalanya. Hal ini tertulis dalam kitab suci kita yaitu Al-Quran.

"Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, “Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan.” Dan kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui."(Q.S. Al-Baqarah : 215)
Sumber

Minggu pagi tadi, aku pergi ke pasar dan membeli kue kesukaan ibuku yaitu Kue Boi. Aku membeli kue ini di Pasar Inpres, dekat dengan tempat tinggalku. Sebelum membeli, aku menanyakan harga kue tersebut kepada sang penjual.

“Berapa 1 kue ini kak ? ”
“10 ribu dapat 15 kue bg ! ”

Tanpa menunggu 7 bulan pernama, aku pun meminta sang penjual untuk membungkuskan kue tersebut. Aku membeli kue itu dengan harga Rp. 10.000 Rupiah, kurang lebih setara dengan 2 STEEM.

Setelah itu aku kembali ke rumah dan memberitahukan kepada ibuku tentang makanan kesukaannya. Kami pun makan bersama serta ditemani dengan secangkir kopi, hmm lezat !

Bagaimana dengan makanan kesukaan ibu kalian ?

Demikian ulasan saya mengenai CONTEST : WHAT CHARITY ACTIVITIES CAN YOU WITH 1 STEEM #2nd EDITION.

Saya turut mengundang @longhendra, @fery dan @wendyalexa untuk ikut berpartisipasi dalam kontes yang menarik ini.

Salam hangat dari saya @elweyraiser

Sort:  
 2 years ago 

Terimaksih telah berpartisipasi

 2 years ago 

Terima kasih kembali bg @sofian88

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 68148.22
ETH 3249.65
USDT 1.00
SBD 2.67