Berita Duka Dari Sahabat [Selasa 6 Feb 2024]

in STEEM FOR BETTERLIFE3 months ago

image.png

Photo dari teman saya saat anaknya masih dirawat di RSUD Dr. Fauziah Bireuen, setelah selesai pembedahan kepala

Musibah datang tanpa pernah disangka dan tidak bisa diprediksi, sebagian berpandangan bahwa kita hanya bisa berupaya dalam mencegah dan mengurangi akibat buruk yang bisa ditimbulkan dari sebuah musibah. Pun demikian yang terjadi pada seorang sahabat saya sekitar 2 minggu lalu. Saat dia baru saja keluar dari ATM untuk mengambil uang dari upah pekerjaannya sebagai seorang sopir, suasana bahagianya bersama 2 orang anaknya berubah menjadi dukan mendalam, setelah sepeda motornya ditabrak dari samping oleh sebuah sepeda motor yang dikendarai oleh 3 orang remaja yang masih di bawah umur. Akibat dari kecelakaan itu sahabat saya ini mengalami dislokasi tulang siku saat memeluk anak perempuannya yang baru berusia 7 tahun, akan tetepi anaknya yang duduk dibelakang tidak dapat diselamatkan dan terpelanting ke jalan. Anaknya Nafis Al-barizy mengalami pendarahan otak dan harus dilakukan tindakan operasi guna mencegah akibat yang lebih fata. Semua biaya operasi ditanggung oleh BPJS (Asuransi dari Pemerintah), sedangkan sebagaian obat tertentu masih perlu di tebus, yang lebih menyedihkan dari kejadian ini adalah yang bersangkutan tidak bisa bekerja untuk sementara ini. Saya sangat menghimbau kesukarelaan pembaca untuk membantu meringankan beban mereka.

Seperti biasa pagi hari saya menyibukkan diri dengan membantu di posko relawan lingkungan hidup dan mengemasi beberapa dokument hingga jam 10. Maklum tidak ada rencana apapun untuk hari ini karena kondisi keuangan juga tidak memungkinkan untuk sering-sering berada di luar rumah (tempat tinggal).

Sekitar jam 10.30, seorang teman memberitahukan jika seorang teman yang juga sering membantu kegiatan lapangan di lembaga lingkungan ini ingin bertemu dengan saya karena ada hal yang ingin dia sampaikan secara langsung. Saya ok kan karena memang kenal baik dengan mereka ini. Salah satu staf di posko juga ikut menjumpai teman ini di warkop dr.kupi Simpang Buloh.

Tidak butuh persiapan tertentu karena memang saya sudah siap sedari pagi tadi, karena awalnya kami rencana akan ada kunjungan seharian ke Bireuen, akan tetapi karena bapak pejabat yang ingin kami temui di Bireuen sedang ada jadwal penting ke Banda Aceh. Agenda kegiatan berubah dan saya tidak memiliki jadwal spesifik hari ini dan juga kerjaan yang harus saya siapkan juga tidak ada.

Ditemani staf posko, kami berdua ke warkop dr.kupi Sp. Buloh untuk menunggu kedatangan Saiful kawan saya ini yang sedang mengalami muisibah kecelakaan kendaraan sekitar 2 minggu lalu. Kami tiba lebih dulu dan langsung memesan kopi lalu duduk membicarakan masalah yang sedang dihadapi teman saya ini. Selang 30 menit kawan saya ini tiba, terlihat wajahnya kelelahan dan murung.

Saya sengaja tidak memancing pembicaraan terkait kecelakaan yang dialami olehnya 2 minggu lalu, supaya dia tenang dulu dan menikmati kopinya. Kelihatan dari raut wajahnya yang biasa ceria, tapi kali ini seolah kehilangan semangat hidupnya. Setelah kejadian kecelakaan yang menimpa anak lelaki kebanggaan yang sering meraih prestasi baik dalam bidang akademik maupun dalam bidang olah raga beladiri.

20240206_110551.jpg

Saya memperhatikan kawan saya ini yang sedang menikmati segelas kopi, terkesan sedang terburu-buru

Saiful hanya duduk diam sambil menikmati kopi dan beberapa potong kue, sepertinya dia belum makan dari pagi. Kebetulan ada penjual gado-gado yang berhenti didepan Dr.kupi dan saya memesan 3 porsi untuk kami bertiga sebagai makan siang.

Pelan, Saiful mulai menceritakan maksud dan tujuannya menemui saya adalah meminta bantuan untuk menebus beberapa obat yang tidak di cover oleh BPJS dan memang harus di beli di apotik. Memang sangat memprihatinkan dengan kebutuhan mendesak sementara penghasilan yang dimilikinya sebagai tenaga sopir harian yang hanya dapat bayaran jika mendapatkan orderan job. Saya berinisiatif untuk membuat postingan ini agar kawan-kawan dermawan bisa menyalurkan bantuan seikhlasnya dan semana kemampuan para dermawan semua.

Sahabat saya Saiful juga memperlihatkan beberapa photo saat anaknya baru masuk rumah sakit untuk pertolongan pertama kalinya.

image.png

Anak perempuan Saiful yang masih syock dan trauma, tapi tidak mengalami cedera serius

image.png
image.png

Nafis Al-barizy yang masih berusia 14 tahun sekarang masih belum bisa mengingat apapun secara sempurna pasca operasi kepala

Note: Semua foto ini diposting setelah mendapat izin dari orang tua yang bersangkutan

Saya tidak berkomentar apapun setelah mendengar cerita dari sahabat saya ini, hanya membantunya dengan beberapa rupiah yang saya miliki berharap bisa sedikit meringankan bebannya. Sambil menyampaikan bahwa saya nanti sore akan berkunjung ke rumahnya untuk menjenguk Nafis.

Tidak lama kemudian dia pamit untuk menebus obat di salah satu apotik di kota Lhokseumawe dan saya melanjutkan makan siang seporsi gado-gado yang belum habis saat mendengar cerita Saiful.

20240206_113755.jpg

Sebungkus gado-gado yang kehilangan kelezatannya karena teringat cerita duka sahabat

Awalnya saya akan berangkat sendiri ke rumah Saiful setelah sholat Dhuhur, akan tetapi kawan-kawan lain juga ingin ikut menjenguk, akhirnya kami berangkat ke rumah Saiful jam 3.30 sore dan ternyata kedatangan kami memang sudah di tunggu oleh Saiful dan istrinya dirumah semi permanent yang sederhan. Cuaca panas menyengat di area palabuhan membuat Nafis yang terbaringpun berkeringat. Saya hanya terdiam melihat kondisi anak sahabat saya yang terbaring lemas, dan belum bisa mengingat dengan sempurnya bahkan kosa katapun masih terbalik menurut cerita dari orang tuannya.

image.png

Saya dan rekan-rekan saat berkunjung ke rumah sahabat saya Saiful

Teman-teman lain sudah lebih dulu pamit, saya masih duduk sambil berbincang dengan Saiful menanyakan pekerjaan yang mungkin untuk dia lakukan saat ini, tetapi memang dia belum bisa untuk fokus bekerja meninggalkan anaknya, karena anaknya Nafis juga masih sering minta ditemani olehnya dan tidak bisa ditinggal lama. Kondisi ini makin mempersulit keadaan ekonomi saiful saat ini.

Akhirnya jam 6 sore saya pamit dan kembali ke posko yang sudah kosong, disitu saya berfikir bagaimana caranya saya bisa membantu meringankan beban sahabat saya ini. Saya ingin langsung membuat postingan di steemit namun saya belum bisa membicarakan hal ini dengan saiful karena kondisi emosional dan kejiwaannya belum stabil. Meskipun untuk postingan sederhana yang bertujuan untuk menggalang bantuan, tapi jika memposting foto tanpa izin ini melanggar etika.

Setalah semalam saya mendapat izin dari Saiful, hari ini saya mengajak semua rekan-rekan kiranya dapat membantu saudara Saiful yang sedang terkena musibah. Mungkin musibah itu terjadi kepadanya, kedapan bisa jadi musibah tersebut akan menimpa kita. Semoga saja kita tidak pernah mengalami musibah yang akan membebani kehidupan kita. Aamiin. Demikian dari saya hari ini semoga sahabat saya mendapat ketabahan dalam menghadapi persoalan hidup keluarganya hingga selesai.

Hasil payout dari postingan ini akan saya donasikan untuk pengobatan Nafis Al-Barizy dan keluarganya

Salam

El-Nailul

CC: @pennsif
@heriadi
@irwandedy
@worldsmile

Sort:  
 3 months ago 

Mari kita membuat mereka tersenyum kembali dengan World Smile Project

Kita akan mencoba untuk mengalokasikan dana dari WSP jika ini memungkinkan

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

TEAM 3
¡Congratulations! This post has been upvoted through -steemcurator06.
We support quality posts anywhere and with any tags.

Post Upvote.png

Curated by : @f2i5

Thank you very much for your support @f2i5

 3 months ago 

Thank you very much for publishing your post in Steem For Betterlife Community

DescriptionInformation
Verified User✔️
Club Status#club5050
#steemexclusive
Plagiarism Free / AI Article Free
✔️
Bot Free✔️
Beneficiaries
* #burnsteem25
* Community
* Charity

null 25% ✔️
steembetterlife ❌
worldsmile❌

Appeal to community members:

  • Let's increase Steem Power (SP) to support each other by joining at least #club5050
  • Maintain the authenticity of your content to get greater support
  • Only use original photos or copyright-free images by linking the image source

Verified by @𝘩𝘦𝘳𝘪𝘢𝘥𝘪

 3 months ago 

@el-nailul,
It sounds like you had a busy morning helping at the environmental volunteer post and packing documents. Understandably, you didn't have any plans for the day due to financial constraints. Your friend wanted to meet you to discuss something important, and you met at a coffee shop. Your friend seemed tired and gloomy, possibly due to a recent accident. He shared his struggles with paying for medicines that are not covered by insurance. You offered some financial help and planned to visit his house later. It's heartwarming to see your willingness to support your friend in need.

 3 months ago 

Awh what an ordeal!!!
I can just image what the family must be going through right now.

Sorry my friend, I somehow missed this post.

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 66858.35
ETH 3088.97
USDT 1.00
SBD 3.72