lesson 5#: processing waste from leaves into organic fertilizer

in STEEM FOR BETTERLIFE8 months ago

IMG_20230928_084109.jpg

Salam sobat steemian.
Apakabar hari ini semoga sehat selalu, jumpa lagi dengan saya @azwar82

Tidak ada yang tidak berguna bila kita ingin melakukannya dan ada kesempatan untuk kita lakukannya sebelumnya saya telah melakukan lesson 1, lesson 2, lesson 3 dan lesson 4, kali ini saya berkesempatan mengolah dan kering menjadi pupuk organi.

Sebelumya saya ingin nenjelaskan tentantang daun kering, sobat steemian daun kering merupakan sampah yang membuat kita jengkel, kenapa tidak setiap pagi dan sore dedaun akan rontok di halaman rumah yang membuat halaman rumah kita kotor dan merusak pemandangan.

Menyapu
dengan melihat begitu banyak sampah daun-daun yang rontok membuat saya termotivasi untuk membuat sampah daun mebjadi pupuk organik, sobat steemian begitu juga dengan sampah-rumahan setiap hari bida mencai 3-4 kg sampah.

Terimakasih STEEMIT dengan saya bergabung di platfrom steemit saya bisa menggembang kan ilmu-ilmu yang saya miliki, dan berguna buat rakan-rakan steemia di mana pun berada

Sobat steemian ini lah cerita singkat saya mengenai sampah daun yang mengotori halaman rumah kita, sobat steem yuk kita belajar sama-sama bagamana cara menggolah daun kering menjadi pupuk organik ada beberapa hal yang harus di persiapkan

Mengulpukan daun kering

Saya kali ini mengumpulkan sampah daun menggunakan karung dan saya masuksukan semua jenis sampah baik itu ranting maupun buah yang sudah membusuk setelah saya kumpulkan bersih tidak ada yang tersisa.

IMG_20230928_085312.jpg
Nasi sisa

IMG_20230928_110316.jpg
Air

Kumpulkan semua nasi sisa yang tidak habis kita makan, untuk kita jadikan bakteri-bakteri yang akan menguraikan,untuk kita jadikan bakteri menggunakan nasi sisa gampang sobat steem tinggal masukkan saja nasi sisa kedalan air yang telah kita sediakan kemudian aduk-aduk sampai nasi sisa tercampur merata dengan air

Sobat steem pasti bertanya-tanya apa guna nya nasi sisa ya kan, sedikit ilmu yang saya ketahui bila nanti nasi sisa akan membentuk ulat-ulat yang akan membuat media saun dau tersebut akan membusuk sendirinya berkat bantuan ulat-ulat tersebut kalau kita sebut bahasa lain bakteri.

Setelah sobat kehui sedikit penjelasan dari saya mungkin sobat tidak akan bertanya-lagi tentang nasi sisa tersebut, setelah saya jelaskan beberapa hal tentang media yang di gunaka, kali ini saya akan mengak sobat untuk mmelihat dan menbaca secara detil supaya tidak akan gagal paham nantinya

Cara memproses tahap pertama

Sobat steem tuangkan setengah karung sampah daun kering ke permukaan tanah kemudian siramkan air ke atasnya hingga merata, sobat steem air yang kita siram air campuran nasi sisa tadi ya, kemudian sisakan air sedikit jangan sobat tunagkan semua ya karena ada proses tahap selanjutnya

Proses tahap selanjutnya

Setelah daun yang kita basahkan menggunakan air campuran nasi sisa kemudian sobat steem maksukkan kembali kedalam karung guna untuk kita fermentasi dan ikat menggunakan tali, setelah diikat dengan rapat letak kan ditempat yang lembab supaya tidak terkena matahari.

Sobat steemian untuk dapat kita gunakan pupuk organik yang kita pelajari tadi membutuhkan waktu selama 20 - 30 hari baru bisa kita gunakan, sobat saya akan menggunakan pupuk ini nantinya selama 20 hari kemudian

Untuk yang akan datang saya akan mengunakan pupuk daun organi sebagai pupuk andalan di media tanam saya natinya sebagai promotion STEEMIT, sobat steem doa kan saya supaya sehat dan di beri kesempatan untuk saya PROMOSIKAN pupuk daun organik sebagai bahan utama untuk media tanaman.

IMG_20230928_111313.jpg
Mengikat karung

Setelah mengikat karung dengan rapat biarkan saja selama 20 hari

Cukup disini dulu ya sobat steem semoga bermamfaat
Terimakasih kepada kawan-kawan steemian yang telah mendukung saya

Salam dari saya

indonesia 29 september 2023
@azwar82

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  

Congratulations!

This post has been supported through the account Steemcurator06. for containing good quality content.

Curated by : @harferri

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 70118.25
ETH 3744.50
USDT 1.00
SBD 3.84