Betterlife The Diary|| Jumat 18-03-2022 || Menyambut Datangnya Malam Nisfu Sya'ban || #Club5050

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago

IMG_20220321_091144.jpg

Suara Ayam berkokok membangunkan saya di pagi ini, mengawali kegiatan dengan menuju ke kamar mandi untuk mencuci muka lalu mengambil wudhu untuk shalat Subuh. seperti biasanya selesai shalat rutinitas selesai shalat subuh wajib membaca ayat Al-quran walaupun hanya satu ayat. lalu saya pun membuka jendela di pagi hari, langit tampak mendukung di pagi hari ini.

Saya Menuju dapur untuk membantu ibu, menyapu Ruangan depan lalu mencuci semua piring kotor. setelah itu ibu memberitahukan kepadaku untuk berbelanja kebutuhan Kenduri nisfu sya'ban yang akan dibawakan ke masjid untuk di bagikan kepada orang-orang yang pergi ke masjid pada malam itu. Kenduri untuk merayakan malam nisfu sya'ban sudah tradisi di daerah tempat saya tinggal yaitu di Aceh. setelah selesai shalat insha makanan yang kita bawakan bersama-sama tadi di bsgi ke pada seluruh masyarakat yang melaksanakan Shalat berjamaah di masjid bersama.
Sekilas cerita tentang malam Nisfu Sya'ban.

IMG20220321115016.jpg

Saya pun memakai hijab lalu menghidupkan motor dan menuju ke pasar untuk membeli kebutuhan yang diperlukan. saya menghampiri bank terlebih dahulu untuk menarik uang yang akan saya belanjakan.

IMG20220321115431.jpg
Membeli Ayam

Setiba nya saya dipasar saya menuju ke tukang ayam untuk menanyakan berapa harga ayam perkilogram nya. sekilo ayam ternyata Rp. 23.000/5 steem. Lalu pun saya memilih yang mana yang harus di potong. Setelah selesai membeli ayam.

IMG20220321115616.jpg

Lalu saya pun Menuju tempat perbumbuan untuk membeli bumbu rendang Padang, dan bahan rempah-rempah lainnya.
kemudian saya menuju tempat sayuran untuk membeli perlengkapan bumbu seperti bawang, cabe merah, dan sayuran.

IMG20220321120123.jpg

Setelah selesai membeli semua perlengkapan yang saya butuhkan, saya menuju parkiran untuk mengambil motor. disaat perjalanan pulang saya melihat ibu-ibu sedang membeli buah nanas yang tampak segar. saya menghampiri untuk membeli nanas tersebut. Dua nanas tersebut seharga Rp. 15.000/3 Steem.

Setibanya dirumah saya membawa semua belanjaan kedapur lalu saya Menganti pakaian untuk membersihkan ayam. Masakan untuk Kenduri hari ini ayam rendang, udang tumis, telur sambalado, dan pacri nanas. Akhirnya selesai semuanya untuk masakan Kenduri hari ini.

IMG20220321160041.jpg
Rendang Ayam

IMG_20220321_083214.jpg
Udang Tumis Merah

IMG_20220321_083606.jpg
Telur Sambalado

IMG20220321160050.jpg
Pacri Nanas

Sore harinya setelah selesai mandi dan shalat ashar saya Duduk dikamar menunggu jam 17.00 wib tiba pukul lima sore saya pun menyiapkan semua Kenduri mulai dari membungkuk nasi lalu membungkus menu-menu masakan yang telah disiapkan agar tidak terburu-buru. Kenduri tersebut nantinya akan dibawakan oleh ayah saya.

IMG20220321174725.jpg

Pada hari Nisfu Sya'ban jatuh setiap tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Hijriah. Malam tersebut menjadi salah satu peringatan penting bagi umat Islam sebelum masuknya bulan Ramadhan. Disaat malam tersebut kita di wajibkan untuk melakukan kebaikan, Membaca Al-Qur'an, istighfar, berpuasa, menunaikan shalat tahajud dan lainnya. Malam tersebut adalah suatu malam semua permintaan yang dikabulkan oleh Allah tanpa terkecuali. Namun ada dua dosa yang tidak diampuni yaitu perbuatan musyrik (menyekutukan Allah) dan perbuatan munafik yang menyebabkan perpecahan. Malam Nisfu Sya'ban jatuhnya pada tanggal 18 Maret Malam Jumat.

Azan Maghrib berkumandang saya melihat semua orang berbondong-bondong datang menuju masjid untuk melakukan shalat berjamaah bersama. Nisfu Sya'ban tahun ini saya tidak dapat pergi ke masjid Karena sedang datang bulan sehari yang lalu. Saya merasa sangat sedih, semoga di tahun yang akan datang saya akan berjumpa di malam yang berkah Tersebut yaitu Malam Nisfu Sya'ban. Walaupun kita sedang datang bulan kita juga bisa melakukan Zikir Dirumah.

Demikian Diary saya hari ini tentang rutinitas keseharian menyambut Malam Nisfu Sya'ban. Terima Kasih untuk teman-teman semuanya yang Telah meluangkan waktunya untuk membaca kegiatan hari ini. Mohon dukungannya dari teman-teman semuanya yang sudah lama bergabung disini.

salam hormat @ara01 🙏
Jangan lupa vote comment & Resteem💜

Sort:  

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator08.

Curated By - @disconnect
Curation Team - Life and Humanity

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 67544.78
ETH 3225.94
USDT 1.00
SBD 2.65