CONTEST MARKDOWN STYLE 3rd : SHOW YOUR HOBBY - BOOST THE IMMUNITY (Bernyanyi, Olahraga Beladiri, Menanam Bunga dan Membuat Taman, Memelihara Hewan)

in STEEM FOR BETTERLIFE3 years ago

"Boost The Immunity"

photostudio_1627471355675.jpg

Assalamulaikum sTEeMiANs

Selamat berjumpa kembali di komunitas yang sangat membanggakan ini.

Beberapa hari yang lalu saya membaca postingan @klen.civil tentang kontes Markdown style 3rd : Show Your Hobby dan saya sangat tertarik untuk berpartisipasi di ajang tersebut.

Sobat steemians dimana saja berada dalam kesehariannya kita tentu disibukkan oleh aktifitas kita masing-masing, baik di tempat kita kerja, dirumah dan di lingkungan masyarakat sekitar kita dan dalam rutinitas tersebut kita terkadang kita berada dalam kondisi yang tidak menyenangkan yang sering memicu tingkat stress bagi kita selanjutnya bisa menyebabkan berbagai gangguan baik psikologis maupun gangguan fisik karena sebagian besar penyakit fisik biasanya dipicu oleh adanya gangguan psikis sebelumnya.

"Dahulukanlah yang baik bagi kesehatan, hati, dan pikiran Anda, karena kebaikan adalah sumber dari keberkahan hidup Anda". - Mario Teguh

Mengingat hal tersebut diatas kita harus berusaha menciptakan keseimbangan agar kondisi yang bisa memicu stress dapat kita minimalisir dan netralisir supaya tidak sampai menyebabkan gangguan yang merugikan bagi kita dan masing-masing individu biasanya memiliki tehnik dan cara-cara tersendiri yang bisa dipengaruhi oleh wawasan, bakat, passion dan lain sebagainya.

Sebagai dokter hewan yang bekerja di lembaga pemerintahan, saya terkadang menghadapi kondisi yang kurang nyaman dalam pelaksanaan tugas saya, khususnya sejak delapan tahun yang lalu ketika saya menduduki jabatan structural Eselon III (Kepala Bidang) di Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dimana sehari-harinya saya tidak hanya mengurus masalah tehnis kesehatan hewan namun juga banyak mengurus hal-hal yang bersifat kebijakan yang disebabkan karena saya membawahi para kepala seksi serta puluhan staf saya yang terdiri dari paramedic veteriner dan medic veteriner yang melakukan tugas pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan di 27 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara yang melakukan tugasnya dalam melayani masyarakat petani peternak di 852 Desa.

Olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan hal yang sangat penting di masa pandemik Covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Sedangkan, olahraga dengan intensitas tinggi dan berkepanjangan tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat menyebabkan imunosupresi atau menurunkan imunitas tubuh. Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat mencegah terjadinya gangguan mental yang dialami oleh sebagian orang karena adanya penerapan karantina dan isolasi, maupun jaga jarak (physical dystancing) akibat pandemik Covid-19. Gangguan mental tersebut misalnya depresi, kecemasan, sindrom kelelahan dan stress.sumber

Sebagai dokter hewan terkadang jam kerja saya tidak menentu karena sesuai sumpah jabatan dokter hewan, saya harus melayani pasien kapan saja dan dimana saja bahkan di tengah malam sekalipun ketika ada pasien yang harus ditangani, karena apabila tidak segera ditangani bisa berakibat fatal bagi hewan/ternak tersebut.

Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak menyenangkan yang ditimbulkan oleh kondisi kerja yang demikian saya mengimbanginya dengan berbagai aktifitas yang menyenangkan sesuai passion saya apalagi ditengah pandemi Covid 19 ini kita harus meningkatkan imunitas kita dengan melakukan pekerjaan atau aktifitas yang menyenangkan sehingga hormon endorfin kita meningkat, dan kali ini saya akan membagikan kegiatan/hobby saya kepada sobat semua.

Bernyanyi

Lagu merupakan sumber hiburan dan inspirasi buat saya sehingga saya sangat senang mendengarkan lagu dimana saja dan kapan saja dan hampir disemua aktivitas saya selalu ditemani dengan music dan lagu-lagu. Lagu juga merupakan bahasa kalbu yang dicurahkan lewat nada-nada dan syair-syair yang membuat hidup jadi lebih berwarna. Berbagai rasa bisa dicurahkan lewat lagu, rasa cinta, sedih, gembira, pujian dan sebagainya.

Saya menyukai banyak jenis lagu dari berbagai genre. Saya suka lagu-lagu beraliran metal seperti bandnya Metallica, Firehouse dan lain-lain. Saya juga suka lagu-lagu ballads seperti lagunya band Scorpion dan sejenisnya. Juga saya suka lagu-lagu dari Gun n Roses dengan suaranya Axl Rose yang melengking dan lagu-lagu Cranberries seperti “zombie”. Ada juga lagu-lagu beraliran alternative seperti Pearl Jam dengan suara Eddie Vedder yang seksi. Saya juga menyukai lagu-lagu nasional dan daerah seperti lagu batak Mardua Holong, lagu minang seperti “Manunggu Janji” Andra Respati, lagu jawa “Tatu” dan lain sebagainya.
Hampir semua lagu saya sukai termasuk lagu bernuansa sholawat baik yang berbahasa Aceh seperti grup Salsabil dan juga lagu sholawat berbahasa Indonesia bahkan bahasa jawa seperti lagu-lagunya grup Kiai Kanjeng Cak Nun dan juga lagu-lagu lain seperti Wahyu Kolosebo, Ajine Menungso Urip, Mampir Ngombe, Syi’ir Tanpo Waton, Saben Malam Jumat, Padang Bulan, Pejah Khusnul Khotimah dan seterusnya termasuk lagu sholawat berbahasa arab seperti Ya Hanana Habib Syech dan lain-lain. ini juga sebagai penentram jiwa kita karena sholawat merupakan salah satu ibadah yang sangat disukai oleh Allah SWT serta rasul-Nya.

Kesimpulannya saya sangat menyukai music dari berbagai aliran dan jenis dan sering bernyanyi (karaoke) disela-sela kesibukan saya, tetap dengan Disclamer :

“Kerusakan bukan pada pesawat televisi anda, apabila suara saya terdengar agak cempreng”………….

Karaoke.gif

Karaoke lagu "Hati Lebur Jadi Debu" di Pagi Hari

Olahraga Beladiri

Hobby saya yang lain yang saya tekuni sejak lama adalah olahraga terutama olahraga beladiri.

Diawali saat saya sekolah di Sekolah Menengah Atas tahun 1991 saya berlatih Beladiri Taekwondo di dojang SMA Negeri 1 Lhokseumawe sampai saya tamat sekolah (3 tahun) namun kemudian saya berhenti karena saya ke Banda Aceh untuk menempuh pendidikan Sarjana di Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah sehingga karena kesibukan dan jadwal kuliah yang cukup padat saya tidak bisa melanjutkan latihan taekwondo.

Pada Tahun 2003 saya menjabat sebagai Kepala Seksi Kesehatan Masarakat Veteriner (Eselon IV) setelah menjadi Pegawai Negeri di Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tahun 2001 dan pada saat itu ada arahan dan anjuran dari Bupati Aceh Utara agar pegawai negeri khususnya Pejabat Eselonering untuk ikut latihan beladiri tenaga dalam “SINAR PUTIH”, yang menitik beratkan latihannya di aspek pengolahan tenaga dalam dan kemudian berhenti karena Bapak Tarmizi A. Karim sudah tidak menjabat lagi.

Saya terus mencari olahraga yang bisa disesuaikan dengan usia serta kondisi saya dan akhirnya pada tahun 2015 di saat saya berumur 40 tahun, saya menemukan beladiri yang sesuai dengan saya yaitu Beladiri Hapkido, sebuah olahraga beladiri yang berasal dari korea sama seperti taekwondo, namun di Hapkido ada sedikit perbedaan filosofis yang menganut prinsip Mengalir dan Melingkar. Disini juga banyak mempelajari tehnik-tehnik yang praktis (self Defense) dan bisa disesuaikan dengan umur dan kondisi kita dan ada juga latihan pernafasan yang disebut dengan Danjeon Ho Hup. Pada prinsipnya latihan pernafasan ini dengan menghirup oksigen (O2) sebanyak-banyaknya dan mengeluarkan Karbondioksida (CO2)

Lewat usaha saya dalam berolahraga khususnya Beladiri Hapkido saya memperoleh banyak manfaat terutama bagi stamina dan kesehatan saya. Saya bisa melaksanakan tugas saya yang cukup padat dengan kondisi tubuh yang fit dan energik dan itu merupakan salah satu manfaat kita berolahraga disamping manfaat lain seperti menambah teman dan bergaul dengan orang banyak. Biarpun umur sudah tidak muda lagi namun semangat masih tetap menyala dan karena itulah saya masih bisa beraktifitas dengan optimal sampai dengan saat ini.

Saya akan terus berolahraga untuk mempertahankan stamina dan menjaga kesehatan tubuh saya agar saya tetap produktif bahkan dimasa tua nanti dan juga mewujudkan cita-cita saya melahirkan atlit-atlit berprestasi yang membawa nama harum daerah apalagi tahun ini merupakan ajang eksebisi cabang Hapkido di PON Papua dan Insya Allah tahun 2024 saat Aceh-Sumut menjadi tuan rumah bersama PON, Cabang Hapkido sudah merupakan Cabang resmi yang dipertandingkan di PON dan Kebetulan Cabang Hapkido rencananya akan dilaksanakan di Kota Lhokseumawe-Aceh Utara.

Saat ini ada beberapa dojang Hapkido di bawah Pengurus Cabang hapkido Indonesia Kabupaten Aceh Utara sebagai berikut :
Nama DojangTempat Latihan
Hapkido UniversalLapangan Hiraq
Alviera Martial ArtMatangkuli
Sawang Martial ArtSawang
Hapkido Unimal ClubKampus Unimal

Menanam Bunga dan Membuat Taman

Sejak 2 tahun yang lalu saya mempunyai hobby baru yaitu menanam dan merawat bunga serta membuat taman dimana saat itu lagi booming hobby menanam bunga baik laki-laki maupun perempuan dari segala jenis strata masyarakat. Harga bunga pun meroket saat itu dan bisnis bunga menjadi salah satu bisnis yang paling menguntungkan.

Saya menanam aneka bunga di pekarangan saya yang juga sebagai penghias pinggir kolam ikan saya. Untuk desain dan pengerjaan taman, saya mengerjakan sendiri dengan membuat taman minimalis di halaman depan rumah saya yang saya tanami dengan rumput jepang dan juga dilengkapi dengan steeping stones yang saya susun secara artistik.
Mengurus Tanaman Bunga

Memelihara hewan

Salah satu hobby saya yang lain adalah memelihara hewan dan ikan. Saya sudah memiliki 3 buah kolam ikan yang saya buat sendiri selama Work From Home tahun lalu bermodalkan tutorial saya pelajari di aplikasi Youtube. Saya membuat sebuah kolam koi dengan berukuran 3,5 x 1,5 meter sehingga luasnya sekitar 5,25 m2 yang dilengkapi dengan skimmer, venturi, bottom drain, dan waterfall serta menggunakan sistem filtrasi yang terdiri dari 3 buah chamber yang saya isi dengan material filter seperti batu karang, jaring ikan, kayu arang, batu zeolit dan juga bioball dengan sistem perpipaan model angsa.

IMG20210728145446.jpg

Kolam Utama di Teras Depan

Di kolam tersebut awalnya saya memelihara ikan koi dengan jumlah beberapa puluh ekor namun karena terbawa banjir besar akhir tahun akhinya saya menggantinya dengan ikan nila merah sampai dengan saat ini. Hari-hari saya banyak menghabiskan waktu saya dirumah dengan bermain-main bersama putri kecil saya didepan kolam dengan memberi makan ikan serta merawat ikan-ikan koleksi saya bahkan bekerja ditepi kolam saat pemberlakuan Work From Home kemarin.

Saya merasa sangat bersemangat ketika saya membuat dan beraktifitas di depan kolam ikan dan rasanya semua beban dan stress hilang seketika apabila saya ada dikolam bahkan sering ketika saya menerima tamu biasanya kami duduk ditepi kolam. Sampai saat ini saya sudah memiliki 3 buah kolam ikan yaitu kolam utama yang saya isi Ikan nila merah, kolam samping rumah dan yang terakhir adalah kolam ikan yang rencananya akan saya isi dengan ikan guppy namun sementara ini saya isi dengan ikan patin, lele loreng-albino dan beberapa ekor ikan lainnya.

Saya juga memelihara 3 pasang ayam siam yang sebentar lagi akan bertelur. Ayam ini harganya lumayan mahal karena ini adalah ayam aduan dan mempunyai silsilah juara dari induknya dan minggu yang lalu saya juga diberikan 3 ekor DOC ayam siam oleh kawan saya dari jenis Black Bull persilangan IQ. Saya juga sedang menggarap pembuatan kadang koloni ayam yang saya rencanakan untuk mengembangbiakkan ayam-ayam siam tadi. Saya juga suka memelihara burung parkit yang bersuara nyaring setiap harinya. Sebelumnya ada juga burung Murai daun namun sudah lepas dari sangkar ketika saya sedang Dinas di luar kota dua tahun yang lalu.

Selain memelihara hewan diatas saya juga senang beternak dan telah menetaskan telur bebek dengan menggunakan mesin tetas rakitan saya sendiri dengan angka penetasan diatas 75 %. Sejak kemarin anak bebek yang saya pelihara di kandang brooding sudah saya pindahkan ke kandang umbaran agar mereka lebih leluasa bergerak dan tumbuh dengan optimal.

Untuk pakan ayam dan bebek saya menggunakan Dedak yang saya fermentasi dengan EM4 yang kemudian saya berikan ke ternak bersama Voer.


Anak Bebek di kandang Umbaran

Dengan melakukan semua aktifitas (hobby) diatas saya merasa bersemangat setiap harinya dan bisa mengurangi dampak dari beban kerja yang cukup padat dan melelahkan karena setelah bekerja dikantor saya punya aktifitas yang menyenangkan dan bisa menghilangkan rasa lelah, jenuh dan energi negatif lain dengan menjalankan hobby tersebut bahkan terasa waktu saya terasa tidak cukup setiap harinya.

Demikian beberapa aktifitas (hobby) yang saya jalani selama ini dan semoga sobat steemians bisa terinspirasi dan bagi sobat yang memiliki hobby yang sama saya mengucapkan ‘Salam Satu Hobby……”

Terima kasih pada @klen.civil dan @steem.education yang sudah membuat contest Markdown Style 3rd : Show your Hobby ini, semoga kita bisa saling berbagi pengalaman dan hobby kita kepada teman-teman semua.

50% of this payout is for @steem.amal program acceleration


Markdown yang saya gunakan sebagai berikut :

• Heading
Kode:
# Heading 1
## Heading 2
### Heading 3
#### Heading 4
##### Heading 5
###### Heading 6

• Teks untuk kode/script
Kode : <code>Teks</code>

• Kalimat Kutipan
Kode : >Kalimat kutipan

• Teks Tebal
Kode: <b>Teks disini</b>

• Teks Miring
Kode:
<i>Teks disini</i>

• Teks Tebal dan Miring
Kode:
<i><b>Teks disini</i></b>

• Teks tercoret
Kode:
<del>Teks disini</del>

• Teks berpangkat (superscript)
Kode:
<sup>Teks disini</sup>

• Teks ber Subscript
Kode:
<sub>Teks disini</sub>

• Membuat teks link

Kode: Teks [sumber](link)

• Garis Pembatas
Kode: <hr>

• Paragraf Rata Tengah
Kode:
<p><div class="text-center">PARAGRAF</div></p>

• Paragraf Rata Kiri-Kanan
Kode:
<p><div class="text-justify">PARAGRAF</div></p>

• Paragraf Dua Kolom
Kode:
<p>
<div class=pull-left>
Paragraf 1
</div>
<div class=pull-right>
Paragraf 2
</div>
</p>

• Gambar di Sebelah Kanan Paragraf
Kode:
<p>
<div class="pull-right">link gambar</div>
Teks paragraf
</p>

• Gambar di Sebelah Kiri Paragraf
Kode:
<p>
<div class="pull-left">link gambar</div>
Teks paragraf
</p></div>

• Gambar bergerak (Gif) dibuat menggunakan photos.google

• Video Youtube merupakan Koleksi di Channel Pribadi

• 2 Gambar bergandengan mengurus tanaman bunga
Kode:
<p>
<div class=pull-left>
Link gambar 1
</div>
<div class=pull-right>
Link gambar 2
</div>
</p>

• Text berwarna merah
Kode:
<div class ="phishy">Teks</div>

• Membuat tabel
Kode:
Nama Dojang|Tempat Latihan
-|-
Hapkido Universal|Lapangan Hiraq
Alviera Martial Art|Matangkuli
Sawang Martial Art|Sawang
Hapkido Unimal Club|Kampus Unimal

Catatan : Kode-kode diatas saya kombinasikan agar tampilan lebih berfariasi

Sort:  
 3 years ago 

Terima kasih telah berpartisipasi dalam kontes #markdownstyle

 3 years ago 

🙏

Aneuk bebek yang kecik nyan pue kajet tabi dedak fermentasi

 3 years ago 

Jeut tapi leubeh get Kon DOD...oh Ka umu paduem uroe baro ta bie ta campur dgn Voer atau makanan Laen...

Mantap that pak @alee75 lo ketinggalan

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64168.03
ETH 3172.76
USDT 1.00
SBD 3.84