Save The World: Usaha Kecil Saya Menjaga Kelestarian LingkungansteemCreated with Sketch.

in STEEM FOR BETTERLIFElast year

PhotoCollage_20221108_030302195.jpg

6VvuHGsoU2QBt9MXeXNdDuyd4Bmd63j7zJymDTWgdcJjo1Te6wL9LjZqyAyk3gAjJDLyXPpwh6b4HCFTVAAYEMmS4UYuHvUkp5pXsCQQPR7H3KFQApPDpiLVDesCSJ.png

Save The World

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh...

Selamat malam sahabat semuanya dimanapun berada Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat, selalu dalam keadaan yang terbaik tidak kurang satu apapun, sukses dengan berbagai aktivitas yang telah kita rencanakan

Postingan saya kali ini merupakan keikutsertaan saya dalam kontes yang diinisiasi oleh sahabat kita, seorang steemian senior yaitu Bang @irawandedy dengan tema Save The World

Sahabat semuanya...

Akhir-akhir ini di berbagai belahan dunia sangat sering terjadi berbagai bencana alam seperti banjir bahkan dalam Minggu ini banjir besar melanda saudara-saudara kita di Aceh Tamiang dan belum lama kita juga merasakan banjir di Aceh Utara

Bumi yang kita tempati sepertinya semakin hari semakin rusak sehingga harus ada upaya sekecil apapun untuk melestarikan bumi ini agar dapat kita wariskan untuk anak cucu kita tanpa merusaknya

Mungkin bagi saya hanya bisa melakukan hal-hal yang kecil untuk merawat lingkungan sebagai bentuk usaha saya untuk menyelamatkan bumi kita dan secara khusus menyelamatkan lingkungan saya agar dapat terus Lestari dan tidak rusak

Beberapa upaya kecil yang telah dan terus akan saya lakukan dalam upaya menyelamatkan lingkungan diantaranya adalah saya rutin mengikuti kegiatan gotong royong dan penghijauan yang saya lakukan baik di kantor saya maupun di rumah saya sendiri

IMG_20220722_091929.jpgIMG_20220722_093255.jpg
IMG_20220910_164900.jpgIMG_20220910_164523.jpg
Gotong Royong di Rumah dan di Kantor

Penghijauan Yang saya maksudkan adalah menanam berbagai tanaman baik sayur-sayuran maupun buah-buahan yang produktif karena dengan kita menanam apa saja, pada hakekatnya kita sedang menyelamatkan bumi karena setiap tanaman yang kita tanam akan menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida yang hari ini memicu pemanasan global karena banyaknya produksi karbondioksida dari berbagai industri

Dengan semakin banyaknya pepohonan yang kita tanam walau sekecil apapun sesungguhnya kita telah berkontribusi untuk menjaga kelestarian alam dan sesungguhnya kita telah bersedekah dengan menghasilkan oksigen yang dihirup oleh makhluk hidup tidak hanya manusia

IMG_20221102_062626.jpgIMG_20221102_062713.jpg
IMG_20220716_093355_1.jpgIMG_20220716_093341_1.jpg
Merawat Tanaman yang Menghasilkan Oksigen

Usaha lainnya dalam melestarikan alam dan menyelamatkan bumi yang bisa saya lakukan selaku masyarakat biasa adalah dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan dan menjauhi penggunaan pestisida kimia khususnya dalam menanam sayur-sayuran atau buah-buahan.

Saya menggunakan pupuk alami bekas air cucian beras dicampur larutan EM4, dan juga ketika kita bertani ke sawah usahakan menggunakan pupuk alami dan menghindari penggunaan racun dan pestisida kimia yang bisa menjadi limbah bagi lingkungan sekitar dan berbahaya bagi manusia

IMG_20221105_094848.jpg
Menyemprot Tanaman Dengan Pupuk Alami

Usaha lainnya yang bisa saya lakukan untuk menyelamatkan bumi adalah menjaga kebersihan dan keindahan dari lingkungan di mana kita tinggal hal ini memang sepertinya sesuatu yang sepele dan kecil namun kalau kita biarkan Sampah berserakan tentu akan mencemari lingkungan bahkan kalau kita membuang sampah sembarangan Seperti membuang ke sungai akan menyebabkan bencana seperti banjir

IMG_20220716_093241.jpgIMG_20220716_093428.jpg
IMG_20220716_093429.jpgIMG_20220716_094154.jpg
Membersihkan Sampah Sebagai Bentuk Menjaga Kelestarian Alam

Seringkali kita melihat banjir yang terjadi akibat tergenangnya air yang disebabkan dari tidak berfungsinya Parit dan selokan dengan baik karena dipenuhi dengan sampah yang dibuang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab hal ini Tentu saja sangat merugikan bagi kita semua

Untuk saat ini saya rasa perhatian dari pemerintah sudah lumayan besar untuk masalah lingkungan hidup walaupun yang kita harapkan tentu lebih besar lagi dan didukung dengan aksi nyata pemerintah seperti menghentikan penggundulan hutan yang merupakan penyebab utama terjadinya banjir karena ketika musim hujan hutan yang seharusnya menyerap air tidak ada lagi sehingga air langsung mengalir ke sungai dan kapasitas sungai tidak mampu menampung air sehingga terjadi banjir yang menyengsarakan kita semua

Namun yang perlu saya soroti adalah perhatian dari masyarakat dalam menjaga dan menyelamatkan bumi masyarakat sepertinya Acuh Tak Acuh dalam upaya melestarikan alam masyarakat saya lihat terkesan tidak peduli seperti masih banyak kita dapati teman kita tetangga kita membuang sampah sembarangan di Parit atau selokan demikian juga masyarakat tidak peduli dengan kebersihan lingkungan disekitarnya

35FHZ8gBpndbrF88KC8i6DmfoqNdVfSnhzJshZCJksDJs243vG7kAKJQpBcMmRoNV2yFaN3ryEwszuhV7WsffLmmwuhVHyKbu3om8nEaCq...p8vFa7YxK4PxBsQmaDpKxiUtVbWTmk6MS1Vg7517BLP2AoYCEcwgYAoBuaJryUUmXAxvBRU1DpLFKakoPNJpxg2gTrsoPrNT5ugQ457rJk5U8r5FK7wD16LY4N.png

Demikian postingan saya dengan tema Save The World, semoga bermanfaat untuk semuanya, terima kasih kepada sahabat semuanya yang berkenan membaca dan memberikan dukungan untuk saya, dan pada siang yang baik ini saya ingin mengajak rekan-rekan saya @waterjoe, @anroja, @ridwant, @radjasalman, @tucsond @nadiaturrina, @fantvwiki, @f2i5, @emsonic, @sailawana, @kouba01 dan lain lain untuk ikut dalam kontes ini

Silahkan buka tautan berikut ini, Link, untuk ikut serta dalam kontes ini

Terimakasih Untuk Admin, Mod dan Seluruh Anggota Steem For Betterlife Community dan Sahabat Steemians Semuanya dimanapun Berada

Set 15% Untuk Kegiatan Amal via @worldsmile

Best Regard,

@abialfatih

Aboutme


4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg


Sort:  
 last year 

Rajin x lah abi..

 last year 

Semangat 45...hahah

 last year 

Save the World, Great Job

 last year 

Thanks for your support my friend...

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 63697.39
ETH 3145.23
USDT 1.00
SBD 3.83