#club100|| Health: Beberapa Penyakit Yang Sering Terjadi Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago (edited)
Beberapa Penyakit Yang Sering Terjadi Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

IMG_20220514_184427.jpg

35FHZ8gBpndbrF88KC8i6DmfoqNdVfSnhzJshZCJksDJs243vG7kAKJQpBcMmRoNV2yFaN3ryEwszuhV7WsffLmmwuhVHyKbu3om8nEaCq...p8vFa7YxK4PxBsQmaDpKxiUtVbWTmk6MS1Vg7517BLP2AoYCEcwgYAoBuaJryUUmXAxvBRU1DpLFKakoPNJpxg2gTrsoPrNT5ugQ457rJk5U8r5FK7wD16LY4N.png

Memiliki anak merupakan dambaan setiap orang tua, dan saya sangat bersyukur dikaruniai beberapa orang anak yang membuat suasana di rumah menjadi lebih ceria, untuk saat ini saya mempunyai dua orang anak yang masih bayi yang paling kecil berumur baru 6 bulan dan abangnya berumur 1,5 tahun dan dua anak yang sudah duduk di kelas 5 dan kelas 2 Sekolah Dasar.

Sebagai orang tua kita tentu sangat sayang kepada anak dan memperhatikan segala kebutuhannya termasuk masalah kesehatan, pada postingan saya kali ini saya ingin berbagi pengalaman atau cara saya bersama istri menghadapi masalah kesehatan pada bayi yang umumnya sering sakit, apalagi umurnya berdekatan, ibarat bahasa Aceh puleh abang ih saket adoe ih

IMG_20220521_112355.jpg

Sebagai orang tua kita harus peka menangkap sinyal yang dikirimkan si kecil bila Dia sedang sakit, karena terkadang bayi hanya bisa menangis apabila dia kesakitan, tangisan bayi adalah bahasa bayi untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya termasuk ketika dia sakit, selain dengan tangisan bayi sebenarnya mengungkapkan sakit dan tidak nyamannya dengan sejumlah tanda-tanda, Maka sebagai orang tua pengalaman saya kita harus pandai mengamati tanda bayi kita atau anak kita sedang sakit karena boleh jadi antara satu anak dengan anak yang lain perilakunya berbeda-beda ketika sakit

Menangis adalah tanda paling umum bagi bayi yang menunjukkan sakit, jadi coba kenali perbedaan beberapa tangisan bayi anda!! tangisan karena kesakitan akan berbeda dengan tangisan lapar atau tangisan akibat popoknya yang sudah penuh, biasanya nada Tangisan Anak sakit adalah nyaring dan keras serta tidak henti-hentinya berbeda dengan tangisan akibat yang lain

IMG_20220514_184447.jpg

Selain tangisan sebagai orang tua pengalaman saya kita dapat mengenali kalau anak sakit melalui bahasa tubuhnya, tanda yang paling mudah menurut saya adalah melalui ekspresi wajahnya seperti anak memejamkan atau mengernyitkan kedua matanya sehingga dahinya berkerut menahan sakit, atau anak memejamkan kedua matanya rapat-rapat dengan kuat, kadang-kadang Saya melihat anak saya Ketika sakit menggerakkan kedua pahanya dengan gelisah dan memegang bagian tubuhnya yang terasa sakit ini bagi bayi yang sudah di atas 1 tahun, Contohnya seperti yang saya alami pada anak saya yang nomor 3 yang sekarang berumur 1,5 tahun.

Berdasarkan pengalaman saya beberapa permasalahan atau sakit yang dialami oleh anak berumur dibawah 2 tahun dan gejalanya diantaranya adalah seperti ruam popok yaitu gangguan akibat mungkin terlalu lama memakai popok sehingga si kecil merasa tidak nyaman, tandanya yang mudah kita lihat adalah Adanya warna kemerahan pada kulit bayi yang tertutup popok bila sudah berlanjut dapat menyebabkan lecet dan peradangan kulit

IMG-20220521-WA0008.jpg
Ruam Popok pada Bayi Saya

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti popok si kecil lebih sering, tentu secara ekonomi agak memberatkan kita namun kesehatan lebih mahal daripada uang dan saya yakin kita lebih sayang terhadap anak kita dibanding dengan uang pastikan jangan terlalu lama Papa harus segera diganti bisa juga memakai salep kulit seperti yang saya pakai yaitu salep aloe vera

IMG_20220521_110523.jpg
Salep Aloevera Untuk Mengatasi Ruam Popok

Masalah kesehatan lainnya yang sering dialami anak bayi yang berumur dibawah dua tahun seperti pengalaman saya adalah sembelit, kita bisa memperhatikan ekspresi atau mimik wajahnya saat mengejan buang air besar wilayah mengalami sembelit mukanya akan berubah menjadi kemerahan terkadang anak juga menangis kesakitan

Cara mengatasinya adalah dengan memberi ASI eksklusif bagi anak yang di bawah 6 bulan dan sebagai orang tua kita bisa membeli buah-buahan dan sayur-sayuran untuk dikonsumsi oleh anak untuk menambah makanan yang berserat sehingga buang air besarnya menjadi lancar dan boleh juga pijat bayi juga dapat membantu anak-anak yang mengalami sembelit

Hal lain yang juga sering terjadi bahkan seingat saya ketika saya masih kecil ketika anak-anak adalah nyeri telinga, mungkin akibat infeksi yang ditandai dengan keluar cairan dari telinga atau kotoran atau bahasa Acehnya Tuengkiek

bila parah bisa menyebabkan anak demam, cara paling mudah bagi orang tua adalah mengkompres bila si anak demam dan bisa juga bila tidak terlalu parah dengan mengorek telinganya dan mengeluarkan kotoran dan cairan yang menyebabkan peradangan

IMG_20220521_112150.jpg
Korek Telinga Untuk Bayi

Gangguan kesehatan lainnya yang saya amati sering terjadi adalah perut kembung atau masuk angin, tandanya yang mudah kita amati bayi menangis tidak jelas tapi bukan tangisan kesakitan yang berkepanjangan tanda lainnya adalah bayi tampak gelisah dan rewel ketika disusui oleh ibunya

Cara mengatasi bayi yang mengalami perut kembung adalah dengan menggendong bayi pada bahu anda dengan perlahan-lahan kemudian mengusap punggungnya agar angin di perutnya keluar dalam bentuk sendawa atau juga boleh menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih terserah merek apa saja, namun menurut saya penggunaan balsem tidak disarankan

IMG_20220521_112422.jpg
Minyak Kayu Putih untuk Bayi

Satu lagi gejala atau gangguan kesehatan yang sering terjadi pada bayi Menurut pengamatan saya adalah ketika tumbuh gigi menimbulkan rasa tidak nyaman biasanya saya lihat anak saya Ketika akan keluar giginya disertai demam tandanya berupa warna kemerah-merahan pada gusinya dan sering menangis dan tangannya sering dimasukkan ke dalam mulut

Cara mengatasi gangguan tersebut adalah bila sudah demam tentu harus memberikan obat penurun panas kepada anak yang bisa didapatkan pada dokter atau tenaga Kesehatan, untuk anak juga baik diberikan makanan ya lunak dan dingin untuk dikunyah-kunyah berikan sayuran rebus misalnya wortel rebus atau potongan buah yang sudah didinginkan untuk melatih gusi dan giginya yang baru keluar

IMG_20220521_110536.jpg
Obat Penurun Panas untuk Bayi

Demikian postingan saya tentang kesehatan anak-anak, permasalahan kesehatan bagi bayi yang di bawah 2 tahun yang sering terjadi yang saya alami sendiri Semoga bermanfaat bagi para orang tua yang sedang berjuang mengasuh anaknya

Salam Sehat

35FHZ8gBpndbrF88KC8i6DmfoqNdVfSnhzJshZCJksDJs243vG7kAKJQpBcMmRoNV2yFaN3ryEwszuhV7WsffLmmwuhVHyKbu3om8nEaCq...p8vFa7YxK4PxBsQmaDpKxiUtVbWTmk6MS1Vg7517BLP2AoYCEcwgYAoBuaJryUUmXAxvBRU1DpLFKakoPNJpxg2gTrsoPrNT5ugQ457rJk5U8r5FK7wD16LY4N.png

Terima kasih atas dukungan sahabat semuanya @tucsond, @waterjoe @radjasalman @alee75 @moer @ridwant dan lain lain, dan khususnya anggota komunitas STEEM FOR BETTERLIFE

Terima kasih saya untuk:
Admin : @heriadi, @el-nailul, @irawandedy dan @miftahuddin
Moderator: @sofian88, @liasteem, @mariana4ve dan @klen.civil

IMG-20220212-WA0070.jpg

Best Regard
@abialfatih

35FHZ8gBpndbrF88KC8i6DmfoqNdVfSnhzJshZCJksDJs243vG7kAKJQpBcMmRoNV2yFaN3ryEwszuhV7WsffLmmwuhVHyKbu3om8nEaCq...p8vFa7YxK4PxBsQmaDpKxiUtVbWTmk6MS1Vg7517BLP2AoYCEcwgYAoBuaJryUUmXAxvBRU1DpLFKakoPNJpxg2gTrsoPrNT5ugQ457rJk5U8r5FK7wD16LY4N.png


Sort:  

Congratulations!
This post has been upvoted through @steemcurator08.

IAT.gif

 2 years ago 

Thanks for your attention and support @steemcurator08

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 56588.25
ETH 2399.94
USDT 1.00
SBD 2.32