SteemFoods Contest 6. Promote A Traditional Food ( Nasi Kuning)

in SteemFoods4 years ago (edited)

IMG_20201114_122802.jpg

Assalamu'alaikum. Salam sejahtera untuk anda semua. kali ini saya ingin kembali berpartisipasi dalam kontes yang diadakan oleh @alikoc07 di komunitas steem foods yang keren ini.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan salah satu resep makanan tradisional di negara saya Indonesia. Resep Makanan tradisional yang saya bagikan kali ini adalah "Nasi kuning". Saya sangat sering membuat masakan ini karena anak-anak saya sangat menyukainya. Selain mudah dalam membuatnya bahan-bahannya pun sangat sederhana.

Indonesia terdiri masyarakat yang majemuk. Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai makanan tradisional. Makanan tradisional di setiap daerah memilki cita rasa yang berbeda Nasi kuning merupakan makanan tradisional yang populer di kalangan masyarakat. Pewarna alami yang digunakan supaya nasi kuning berwarna kuning adalah kunyit sehingga dijamin aman untuk dikonsumsi.

Nasi kuning biasanya disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti telur, abon, kering tempe dan sebagainya. Nasi kuning memilki cita rasa yang manis dan gurih. Jika anda kurang suka makan makanan yang manis, anda bisa makan nasi kuning menggunakan sambal.

Berikut lebih detail bahan dan cara membuatnya 👇

bahan-bahannya :
IMG_20201114_131925.jpg

4 cup beras ( cuci bersih)
2 batang serai (geprek)
5 lembar daun salam
2 gelas santan
5 siung bawang merah (iris2)
4 siung bawang putih (iris2)
secukupnya garam (saya pakai 1 sdt)

Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang putih
Kunyit 1 ruas jari

IMG_20201114_132347.jpg
bahan yang akan dihaluskan

Cara membuat nya:

  1. Panaskan sedikit minyak goreng
    IMG_20201114_132822.jpg

  2. Tumis bawang merah dan bawang putih
    IMG_20201114_133024.jpg

  3. masukkan bumbu halus
    IMG_20201114_134240.jpg

  4. Masukkan daun salam dan serey
    IMG_20201114_134344.jpg

  5. Tuanglah santan dan aduk sampai mendidih
    IMG_20201114_134354.jpg

  6. Masukkan beras sambil diaduk biar bawahnya tidak gosong
    IMG_20201114_134412.jpg

  7. Aduk terus sampai santan mengering
    IMG_20201114_134426.jpg

  8. Kukus selama kurang lebih 25 menit
    IMG_20201114_134446.jpg

  9. Nasi kuning siap dinikmati
    IMG_20201113_191747.jpg

Terimakasih atas kesempatanya @alikoc07. Mudah-mudahan anda dan semua sahabat yang lain menyukainya. 🙏💕

Salam
@safridafatih

Sort:  
 4 years ago 

Hai:

Partisipasi Anda dalam kontes, yang saya selenggarakan dengan tag #steemfoods-traditional, telah berhasil disetujui. Terima kasih banyak telah berbagi dengan kami secara detail bagaimana "Nasi Kuning", salah satu resep tradisional Indonesia dibuat. harga beras kuning kilogram di Turki: 3:52 $ dan sulit ditemukan di supermarket varietas beras ini. Berapa harga beras kuning di Indonesia? :) Saya telah menambahkan resep ini ke "Kiriman Terbaik Hari Ini". - Kami akan mencoba memberikan suara dukungan untuk posting ini dengan -steemcurator01. Saya menantikan resep lain yang akan Anda siapkan di Komunitas SteemFoods. :)

Terimakasih @alikoco7. Beras yang saya masak bukan beras kuning @alikoc07 tetapi beras biasa. Pewarna alami yang digunakan supaya nasi kuning berwarna kuning adalah kunyit sehingga dijamin aman untuk dikonsumsi. InsyaAllah saya akan berusaha membagikan resep sederhana saya lainya. Terimakasih

Terimakasih telah berpartisipasi dalam kontes yang kita adakan kali ini @safridafatih. Nasi kuning yang wangi cirikhas Aceh dengan pewarna alami yang sehat sangat menggugah selera. Cocok dimakan setiap waktu, bahkan siangpun banyak yang makan nasi kuning.

Semoga resep ini juga diapresiasi oleh kawan-kawan lainnya dalam komunitas ini. Jangan sungkan untuk mengunjungi postingan kawan-kawan yang lain dan menghargai resep mereka. Mari kita saling mendukung untuk memajukan komunitas kita ini dengan saling memberikan dukungan dan apresiasi yang akan meningkatkan solidartas dalam komunitas kita ini

Kepedualian kita akan sagat bermakna untuk sahabat kita

Salam sukses dan selamat memasak

Terimakasih pak @el-nailul atas dukungan dan saranya. Segala saran dan kritikan bapak dan teman-teman lainnya selalu saya tunggu. Syukran

Sepertinya lezat dan cara membuatnya pun kelihatan gampang. Selama ini saya pakai cara rendam beras nya dulu di dalam air kunyit, selama setengah jam setelahnya baru di kukus. Ternyata lebih gampang caranya bu @safridafatih.

Alhamdulillah lezat banget bu @ernaerningsih. Sering banget saya buat bu. Alhamdulillah mudah caranya, semoga bu erna bisa mencoba nya.

Kue lapis kemarin belum coba. Resepnya ketinggalan di kantor guru. Tadi padahal niatnya mau ambil. Tapi karena pulangnya buru2, jadi lupa lagi. 🤦‍♀🤦‍♀🤣🤣

😇😇😂😂

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.12
JST 0.031
BTC 68916.78
ETH 3733.42
USDT 1.00
SBD 3.73