The Food Diary Game Season2 : 09 . 10 . 2021 | #sfcharity50pc | Sabtu : Resep Sederhana Memasak Saya

in SteemFoods3 years ago

PicsArt_10-09-09.19.46.jpg



Hai sahabat Steemians, Selamat Malam teman Steemfoods..?

Pagi

Pagi ini saya bangun sedikit lebih cepat, seperti biasa saya bangun untuk menyajikan sarapan pagi ke pada keluarga tersayang , tetapi pagi ini sedikit berbeda dari sebelumnya saya tidak cukup bahan untuk memasak jadi saya datang ke warung terdekat untuk mencari makanan untuk keluarga sebelum kehabisan, saya membeli ubi goreng karena ubi sangat baik untuk di konsumsi dan juga dapat menahan lapar sedikit lebih lama dari pada cemilan lainnya. Di warung ini terdapat banyak pilihan gorengan dan sarapan pagi lainnya tetapi Saya hanya membeli ubi goreng serba 1000 saja, saya memesan 8 buah ubi goreng jadi jumlah pembelian saya 8x1000 = IDR 8000.

IMG20211005081628-01.jpeg

Setelah membeli, saya bergegas pulang ke rumah dan menyinyapkan minuman hangat karena kondisi pagi ini terlalu sejuk. saya memasak air untuk membuat teh hangat, karena ubi goreng sangat cocok dan enak di nikmati dengan teh hangat. Tentunya keluarga saya tidak kesulitan menghentikan perut lapar pagi ini sebelum aktifitas di mulai dan ubi juga dapat menjaga daya tahan tubuh kita.

IMG20211005081609-01.jpeg



Waktu Tambahan

Pukul 09am, saya mengajak suami saya untuk pergi ke pasar yang terdekat , saya harus membeli perlengkapan memasak untuk siang kami, siang ini saya ingin memasak menu baru karena beberapa hari ini saya ngidam sayur soup, lalu kami datang ke pasar tradisonal, pasar tradisional terdiri dari beribu toko tidak dapat hitungan, ibu kami sering mengatakan dengan sebutan pedagang kaki lima, toko pedagang kaki lima terlalu banyak di wilayah pasar ini mereka meperdagangkan berbagai jenis keperluan ibu-ibu kami. Ada beberapa toko yang saya kunjungi mari ikuti jejak kaki saya. what3words

IMG20210921095412-01.jpeg

Pertama saya datang ke pedagang pasar mie, saya memesan mie ke pada mereka mie di proses di sini dan di perluaskan, banyak orang yang datang ingin membeli mie pada pedagang ini, karena itu saya juga ingin memesan mie 1kg, mie ini sangat nyaman di konsumsi lansung karena mereka sudah memasak sebelumnya dan tentunya tidak mengandung bahan pengawet. Pesanan akan di bungkus menurut keperluan kita, saya hanya memesan 1kilogram IDR 7000.

IMG20210921095405-01.jpeg

Yang kedua saya berjalan lagi ke toko yang lainnya, saya datang untuk membeli ayam, beberapa hari ini ayam menjadi naik tidak seperti harga pasar biasanya, tetapi pedagang ayam ini sudah menjadi langganan tetap setiap kami ingin mencari ayam, di pedagang ini kita dapat menentukan ayam pilihan kita tidak dengan ayam mereka juga menjual daging bebek ayam kampung dan sebagainya. Tetapi kali ini saya sedikit berbeda ingin memesan ayam pedaging (ayam potong). Setiap ayam akan di bersihkan oleh mereka, ini sangat beruntung saya tidak lagi lelah untuk membersihkan ayam, tentunya ini sedikit membantu. Saya hanya memesan separuh dari daging ayam itu 900gr karena saya tidak membuat hidangan besar kali ini jadi separuh ayam cukup setara dengan IDR 20000.

IMG20210803132901-01.jpeg

Yang ketiga saya datang ke pedagang bumbu halus, saya mencari bumbu giling, setiap sudut pasar memiliki bumbu giling yang terlengkap dan juga gilingannya sangat hancur, tentunya sangat bagus, di toko ini sangat banyak sekali pilihan bumbu giling, saya datang hanya memesan untuk bumbu sop saya mereka akan membuat pesanan itu, karena mereka sudah mengetahui resep setiap keperluan orang.

Pedagang ini sangat hebat, tidak memasak tetapi semua yang di perlukan bisa dicampurkan. Saya hanya memesan bumbu halus sop beserta perlengkapan sayurnya IDR 7000, tetapi saya hanya menominalkan dengan uang jadi saya tidak pengaruh dengan Gr/Kl , setelah memeriksa perlengkapan memasak semua cukup kami pulang ke rumah untuk melakukan memasak.

IMG20210920173224-01.jpeg



Siang

IMG20210921113502-01.jpeg

Sebelum waktu sarapan siang datang, saya memasak setelah berbelanja, beberapa hari yang lalu saya menyimpan somay di dalam mesin pendingin, somay jadi yang dapat di konsumsi langsung. Hari ini saya akan memasak sop somay setidaknya itu nama yang saya ketahui dari ibu saya, tetapi sekarang telah beralih dengan banyaknya warga desa menyebut dengan mie bakso ayam.

Mie bakso ayam sangat ternama di daerah kami, banyak dari kami termasuk saya menyukai mei bakso ayam, tetapi kali ini saya sedikit berbeda ingin memasak resep itu ke pada keluarga saya untuk sarapan makan siang, ini sangat sederhana dan sangat mudah di sajikan, dan dengan bahan-bahan mudah hanya saja mempersiapkan sop lezat.

Bahan-Bahan
Mie 1 kg, IDR 7000
Siomay 500gr, IDR 13000
Daging Ayam Separuh, IDR 20000
Bumbu Giling/Bumbu Halus, IDR 5000
Penyedap Rasa/Royco 2 Sachet, IDR 1000
Daun Saledri, Daun Prei, IDR 3000
2 Lembar Daun Salam Kering, 2 Butir Kapu Laga, sedikit Kayu Manis, 3 Siung Bawang Merah, IDR 2000
Minyak Sedikit
Air Secukupnya

IMG20210921102627-01.jpeg

Step 1 Cincang atau Potong-Potong Bawang Merah dan daun saledri, prei sesuai selera masing-masing.

IMG20210921104028-01.jpeg

Step 2 Tumis, sebelumnya siapkan Wajan Dan Tuangkan sedikit minyak sampai panas lalu tuang potongan bawang merah bersaman dengan rempah-rempah daun salam, kapu laga, kulit kayu manis dan bunga lawang hitam, Tumis sampai mengharum.


IMG20210921104411-01.jpeg

Step 3 Masukkan Bumbu Giling, aduk sampai merata.


IMG20210921104515-01.jpeg

Step 4 Air, Beri secukupnya air karena air dapat mengatur masakan kita jauh dari hangus/gosong. Setidaknya air lebih dari cukup untuk sayur somay, aduk juga agar benar-benar tercampur merata denga bahan lainnya.


Step 5 Penyedap Rasa, Saya menggunakan Penyedap rasa royco kaldu ayam karena royco dapat mengatur rasa lebih lezat, tentunya royco dapat mengatur masakan yang pas, lalu aduk sampai mendidih.

IMG20210921105309-01.jpeg

Step 6 Masukkan Potongan sayur saledri dan prei, saya menuangkan kedaunya dengan bersamaan agar masakan kita lebih mengeluarkan aroma sedap, sangat sedap saat mendidih.


IMG20210921110230.gif

Sajikan sayur kuwah sop siap sajian dengan 20 menit dan sangat mudah di lakukan, untuk resep kuwah selesai dengan sangat sederhana, sekarang saya akan menggoreng ayam agar benar-benar serupa dengan masakan restauran.

IMG20210921111030-01.jpeg



Step Goreng Ayam Pertama-tama siapkan wajan yang berisi secukupnya minyak untuk menggoreng ayam, sebelumnya anda dapat merubus ayam terlebih dahulu agar stektur daging ayam sedikit lebih mudah empuk saat di goreng. Saya ingin warna daging ayam sedikit memerah agar terlihat sangat mewah saat semuanya tercampur di dalam mangkok Mie Bakso Ayam


IMG20210921110805.gif

Karena sebelumnya saya rebus daging ayam maka waktu menggoreng ayam tidak terlalu lama, setidaknya daging ayam berubah warna me merah, ini terlihat sangat enak , empuk. Lalu saya diamkan sampai dingin.

IMG20210921111610-01.jpeg

Setelah ayam goreng terasa dingin, saya mengambil daging ayam tersebut lalu mensobek-sobek sedikit bantuan dari ujung pisau agar mudah pecah, anda dapat menyimbangi sesuai selera masing-masing, ketika ayam itu hancur sangat nyaman saat di makan langsung.

IMG20210921112942-01.jpeg

Masakan menu spesial saya siap saya sajikan dengan kasih sayang berjalan dengan sempurna, mie bakso ayam dapat saya hidangkan ke pada anggota keluarga saya, sarapan siang kami sangat sederhana sekali. Mie utuh tidak perlu di masak dan juga somai.

Ketika kita mencampurkan segalanya terasa lebih nikmat seperti di bayangkan, bakso membantu saya sangat tentunya saya bersemangat untuk mencicipinya, suami saya sangat senang dengan masakan ini, saya akan memakan setelah semuanya tercampaur di dalam satu mangkok, sangat enak. Selamat Menikmati.


IMG20210921113514-01.jpeg

Sekian postingan #thefooddiarygame seasone 2 saya, Jika ada kata dan kesalahan dalam tulisan saya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Semoga harimu menyenangkan . . . ?


🙏TERIMA KASIH🙏


#sfcharity50pc


Gambar ini saya ambil menggunakan perangkat kamera Oppo A37f.


Best regards @maulidar
20210530202346160.gif


Sort:  

Great post. Resteemed :-)

Thank so much 😊

You are very welcome :-)

Nice post. if you haven't Get the recent prize from bittorent for steem community don't get behind Sign in Now CLICK HERE and claim your BTT now

Congratulations, your post has been upvoted by @dsc-r2cornell, which is the curating account for @R2cornell's Discord Community.

Manually curated by @jasonmunapasee

r2cornell_curation_banner.png

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 68067.77
ETH 2640.37
USDT 1.00
SBD 2.72