SteemFoods Minggu Kedua: Keahlianku Masak Telur Bebek Rebung Kala

in SteemFoods3 years ago


IMG_20210402_120311.jpg

Aktivitasku saat memasak Telur Bebek Rebung Kala

Pada postingan kali ini aku ingin memperkenalkan diri terkait hobi memasak yang aku miliki. Perkenalkan namaku @darmawanbuchari. Aku tinggal di Kota Lhokseumawe, Aceh. Aku memang suka akan makanan terutama makanan khas Aceh. Oleh karena itu aku belajar memasak agar mudah menyalurkan hobiku terkait makanan. Aku belajar memasak makanan khas Aceh yang kaya akan rempah-rempah dengan cita rasa yang sangat enak.

Salah satu keahlianku adalah memasak makanan Telur Bebek Rebung Kala. Makanan ini juga terdapat di daerah lain, seperti di Padang, Sumatera Barat. Akan tetapi penambahan asam sunti sebagai bumbu khas Aceh membedakan makanan ini dengan tempat lain. Aku akan menceritakan bagaimana aku memasak makanan Telur Bebek Rebung Kala khas Aceh ini.


IMG_20210402_121114.jpg

Penampakan Telur Bebek Rebung Kala yang sudah masak

Sebelum memasak, tentu perlu diketahui bahan-bahan yang diperlukan. Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  • Telur bebek 4 butir
  • Rebung kala 3 batang
  • Bawang merah 4 siung
  • Cabe hijau 5 buah
  • Serai 1 batang
  • Daun kari 1 helai
  • Cabe rawit 5 buah
  • Asam sunti 4 buah
  • Kunyit ½ sendok the
  • Ketumbar bubuk ½ sendok the
  • Santan 1 buah kelapa
  • Garam 2 sendok the


IMG_20210402_113726.jpg

Bahan-bahan yang diperlukan

Cara Memasak

Adapun cara memasaknya adalah sebagai berikut. Mula-mula aku membersihkan rebung kala dan mengirisnya tipis-tipis. Rebung kala aku rebus untuk menghilangkan getahnya. Lalu aku menghaluskan bumbu-bumbu yang diperlukan.
Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk dihaluskan sebagai bumbu adalah cabe rawit, asam sunti, kunyit, dan ketumbar bubuk. Bahan-bahan tersebut aku haluskan menggunakan blender.


IMG_20210402_111020.jpg

Membersihkan rebung kala


IMG_20210402_113703.jpg

Merebus rebung kala


IMG_20210402_113929.jpg

Menghaluskan bumbu

Aku mengiris tipis-tipis bawang merah dan cabe hijau. Kumasukkan dalam rebung kala. Bumbu yang telah aku haluskan, aku masukkan ke dalam rebung kala yang telah direbus. Aku mengaduknya hingga merata.


IMG_20210402_114137.jpg

Memasukkan irisan bawang dan cabe hijau


IMG_20210402_114016.jpg

Menambahkan bumbu halus ke dalam rebung kala

Aku menggeprek batang serai agar mudah menyerap saat dimasak. Kumasukkan juga daun kari. Langkah selanjutnya adalah menuangkan santan ke dalam rebung kala dan bumbu yang sudah dicampurkan. Aku memanaskan menggunakan api kompor.


IMG_20210402_114530.jpg

Menuangkan santan kelapa

Aku mengaduk bahan-bahan tersebut saat dimasak. Ketika makanan sudah mendidih, aku memasukkan telur bebek satu per satu. Aku mengaduk pelan-pelan agar telur tidak hancur. Aku mengaduk pelan-pelan hingga telur menggumpal dan masak sempurna. Jika sudah masak, maka masakan Telur Bebek Rebung Kala khas Aceh siap untuk disajikan.
Aku menyajikan masakan tersebut dalam sebuah piring untuk disantap. Tidak lupa batang serai yang sudah masak disajikan juga untuk menambah keindahan sajian Telur Bebek Rebung Kala.


IMG_20210402_120314.jpg

Menambahkan telur bebek

Aku memang sangat tertarik dengan makanan. Apalagi makanan khas Aceh. Hampir semua makanan khas Aceh pasti aku menyukainya. Rasanya yang sangat khas akibat penambahan rempah-rempah dan asam sunti selalu menggoda lidahku. Tentu masih banyak resep dan keahlianku memasak makanan khas Aceh yang akan aku bagikan melalui komunitas SteemFoods ini.


IMG_20210402_134251.jpg

Menu Telur Bebek Rebung Kala siap disajikan

Aku sangat tertarik dengan komunitas SteemFoods ini. Melalui komunitas ini, aku dapat membagikan keahlianku dalam meracik makanan. Selain itu, aku juga dapat melihat resep makanan dari belahan dunia lainnya yang dibagika melalui komunitas ini. Aku sangat berharap dapat memasak semua makanan dari belahan dunia lain. Tentu saja setelah aku memperlajarinya dengan seksama.

Aku sangat yakin komunitas ini akan berkembang dengan pesat. Terlebih lagi selalu ada para steemians baru yang bergabung dengan komunitas ini. Dengan sendirinya turut memperbesar komunitas ini. Aku juga akan selalu mendukung komunitas ini dengan konten-konten makanan yang dapat aku masak. Semoga komunitas ini bermanfaat bagi steemians yang menyukai makanan.

Please support @alikoc07 @steemitfoods @el-nailul @steemcurator01 @steemcurator08 @steemseacurator @booming dan other all community of SteemFoods. Greetings always success.

Thank You and Be Useful

Sort:  

Ternyata pak Jon @darmawanbuchari disamping jago Fisika, jaga masak juga nich.. kapan2 kalau ngumpul bisa kita minta pak Jon yang masak.. hehe

Siap, hhhaha

Wow sedap nya,pakai rebung kala

Betul, sangat sedap dan enak.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.027
BTC 60256.67
ETH 2327.64
USDT 1.00
SBD 2.46