SEC S15W4: "Broken Trust"

in Steem4Nigeria5 months ago

Hai teman Steemian selamat malam

Hari ini saya ikut kontes dengan topik menarik "Kepercayaan yang Rusak"
dan saya mengundang temanku sesuai nama akun @sailawana, @ayijufridar, @asiahaiss dapat klik link nya Disini

Menurut Anda apa arti kata percaya?

nature-3106213_1280.jpgSumber Gambar

Kata percaya ini tentu memiliki makna yang amat luas sekali. Bagi saya sendiri 'percaya' merupakan kata yang amat melekat dalam segala aspek kehidupan manusia. Setiap orang dalam suatu hubungan mestilah saling percaya karena ini merupakan kunci dari hubungan yang awet dan sehat. Percaya akan perbuatan dan kelakuannya akan selalu jujur walaupun sedang berada dibelakang kita atau kita tidak melihat nya. Percaya terhadap seseorang yang selalu menjalankan amanah dengan rasa tanggung jawab yang tinggi bahwa dia tidak mungkin mengingkari atau mengkhianati kepada orang yang mempercayainya

Saat ini di negara Anda, apakah warga negara merasa aman untuk saling percaya? Jika tidak mengapa? Dan jika ya, mengapa?

puzzle-2515123_1280.jpgSumber Gambar

Menurut pandangan saya pribadi, di negara saya orang-orang sudah sulit untuk saling percaya. Walaupun tak jarang masih banyak diantaranya yang dengan gampangnya percaya kepada orang lain tanpa merasa terancam. Ini disebabkan banyaknya hoax atau berita bohong yang dengan gampangnya beredar dimedia sosial. Tak hanya itu, orang-orang pun sering mengucapkan kata-kata yang kenyatannya tidak benar dan membalik-balikkan fakta yang ada dan ini sering kali terjadi dan membuat tak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk percaya kembali pada orang lain dengan aman. Berita bohong atau hoax pun amat gampang masuk ke gadget tiap orang, dimana setiap orang baik dari usia belia hingga yang tua memiliki gadget yang dilengkapi dengan jaringan internet. Kita percaya dengan seseorang yang selalu berbuat dan berkata jujur atau perbuatannya sesuai dengan perkataannya dan dia tidak pernah berbohong yang bisa membuat kita merasa nyaman kepada orang seperti ini

Pernahkah Anda memiliki pengalaman ketika kepercayaan Anda pada seseorang hancur? Atau skenario seperti itu dari Teman?

bridge-2892681_1280.webpSumber Gambar

Tentu orang yang pernah percaya terutama kepada orang lain akan merasa dikecewakan ketika dia dibohongin, hingga kepercayaannya dihancurkan berkeping-keping. Rasa kecewa dan hancur ini dapat datang baik dari keluarga maupun teman. Skenario seperti ini pernah saya rasakan dari pada saat kita melakukan transaksi kepada orang yang sudah kita kenal namun dia berbalik memperdayai hanya untuk mengambil keuntungan materil. Saya sampai merasa tak nyaman untuk mendatangi tempat yang terdapat ia didalamnya, padahal kami memang akan sering bertemu untuk kepentingan bisnis. Namun saya bersyukur saya dapat memaafkan orang yang telah membuat saya merasa hancur sekalipun dan melupakan segala kenangan buruk itu. Bisa saja sewaktu-waktu saya kembali berbaikan dengannya hingga lebih dekat lagi. Bagi saya, yang paling penting adalah memberikan rasa percaya. Walaupun amat sulit menghindari rasa kecewa juga hancur dari perasaan percaya yang sudah kita tanam, berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu mereka dapat menghancurkan kepercayaan saya menjadi hal yang baik untuk dilakukan

Bisakah Anda menyarankan cara untuk memperbaiki kepercayaan yang rusak?

Cara ampuh bagi saya untuk memperbaiki kepercayaan yang rusak adalah dengan melupakannya kekeliruan dan kesalahan di masa lalu. Terdengar sederhana namun cukup rumit untuk dilakukan tapi tetap saya memberikannya kesempatan yang kedua untuk mempercayainya kembali. Bagaimana kita melupakan kepercayaan kita yang telah dirusak?. Bentuklah hubungan serta kenangan baru dan lebih banyak dengan orang yang telah membuat kita kecewa itu. Ini merupakan cara ampuh bagi saya untuk memperbaiki kepercayaan yang rusak sekalipun tidak melupakan rasa kecewa itu seutuhnya. Rasa kecewa dan kepercayaan yang telah dirusak dapat dijadikan pelajaran berharga, untuk kita supaya tidak terlalu cepat dalam menaruh kepercayaan pada seseorang, bukan berarti kita harus berhenti percaya sama sekali. Tips lain dari saya, setiap hendak tidur ingatlah semua rasa sakit dan kecewa serta sedih yang dirasakan pada hari itu dan maafkan semuanya. Maafkan orang yang telah membuat kita merasakan hal itu, maafkan apapun yang membuat kita merasa demikian. Lalu ingatlah juga hal-hal yang membuat kita senang pada hari itu sekalipun hal-hal kecil yang patut kita syukuri. Semoga tips-tips tersebut dapat membantu steemian semua dalam menghadapi rasa kecewa serta hancur dan timbul rasa dari diri sendiri untuk terus percaya bahwa hal-hal baik akan datang setelah berlalunya waktu semua akan membaik kembali

Demikianlah tulisan saya dalam rangka berpartisipasi di topik kontes yang menarik ini

Salam spesial buat semua teman Steemian ku
Tentang Saya 👉@waterjoe

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Loading...
 5 months ago 

Anda jelas menggambarkan arti kepercayaan dan tantangan memperbaiki kepercayaan yang rusak. Saran Anda untuk melupakan masa lalu dan membangun hubungan baru adalah pendekatan yang bijaksana. Terima kasih atas kontribusi singkat dan berharga Anda. Semoga tulisan Anda menginspirasi orang lain tentang pentingnya kepercayaan dalam hubungan.

 5 months ago 

Thank you very much for giving a good review for this content :)

It's true that when your actions match your words, people will stand to trust you the more.

Success all the way.

 5 months ago 

My dear friend @watwerjoe This of course has a very broad meaning. To me personally 'faith' is a word that is very connected to all areas of human life. Everyone in a relationship must trust each other as this is the key to a long lasting and healthy relationship. I definitely love to gain trust and believe in others. Good luck to you

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 61521.43
ETH 3387.82
USDT 1.00
SBD 2.49