Steemit Engagement Challenge (SEC)| S12W2- "Self Motivation

in Steem4Nigeria10 months ago (edited)

Steem Engagement challenge S12-W2 dari @Steem4Nigeria mengenai Self Motivation ini, bagi saya cukup menarik karena setiap orang pasti memiliki cara untuk memotivasi dirinya. Saya akan mencoba menjabarkan sudut pandang saya dalam hal ini. Untuk Challenge ini saya mengundang @heriadi @irawandedy @goodybest untuk ikut berpartisipasi.

image-02.jpeg

edit with snapseed


What do you think causes people to lose their motivation in life?



Kehilangan motivasi dalam hidup adalah hal yang biasa terjadi, bisa terjadi pada siapapun baik status sosial yang tinggi maupun yang dibawah. Penyebabnya bisa berbagai macam. Namun biasanya memiliki trigger nya selalu sama.
Perasaan negatif yang berlebih. Rasa Kecewa, Sedih, Malu, dan Putus asa adalah trigger yang paling sering menjadi penyebab orang kehilangan motivasi dalam hidupnya. Bahkan di beberapa negara menjadi penyebab naiknya angka bunuh diri.

Manusia diciptakan memiliki perasaan, tanpa itu kita tidak akan bisa hidup dalam masyarakat, karena perasaan dan emosi membentuk perilaku pengambilan keputusan kita, dan membangun hubungan sosial kita. Perasaan manusia ada yang Bersifat positif: seperti Rasa bahagia, cinta, kedamaian, Rasa Syukur, Kepuasan, empati, dan masih banyak perasaan positif lainnya. Namun ada juga perasaan yang bersifat negatif seperti kemarahan, Ketakutan, Rasa Malu, kesepian, rasa bersalah, sedih, cemburu, penyesalan dan masih banyak lagi.

Tanpa pengelolaan perasaan yang baik dan tidak seimbang akan membuat kita mengalami Depresi dan kehilangan motivasi untuk hidup ini. Mengapa hal ini bisa terjadi? Bisa jadi karena kita kehilangan tujuan hidup kita. Manusia kadang menentukan tujuan hidupnya namun kadang banyak hambatan yang terjadi sehingga kita melenceng dari rencana awal kita. Bisa jadi karena tujuan awal kita juga tidak realistis untuk di capai sehingga ketika tujuan kita tidak tercapai kita kecewa dan mengalami Depresi dan kehilangan motivasi untuk hidup.

Have you been discouraged or depressed before? How did you handle it


Ya sudah pasti saya pernah mengalaminya. Ada tahapan dalam hidup kita dimana semua berjalan tidak seperti yang kita kehendaki. Dan ketika kita berhasil mengatasi membuat kita semakin kuat dan belajar dari pengalaman kita sebelumnya.
Contoh yang pernah terjadi pada saya dan mungkin juga teman-teman Steemian lainnya adalah Putus Cinta. Saya yakin semua orang pernah mengalaminya, bahkan ada yang sampai bunuh diri karena putus cinta.

Lalu bagaimana cara saya menghadapi perasaan depresi atau kehilangan motivasi dalam hidup saya?
Sebagai manusia kita butuh waktu untuk mencerna segala hal yang terjadi dalam hidup kita, ketika saya mengalami perasaan depresi saya akan mencoba mencerna perasaan saya saat itu, apa yang saya rasakan bisa saja saat itu saya kecewa, marah, malu, kesepian.

ton.jpg

Setelah mengenali perasaan kita, saya akan mengutarakan perasaan itu kepada keluarga Karena mereka adalah "safety net" yang selalu memotivasi saya untuk bisa bangkit.
Selanjutnya sebagai orang yang beragama, saya memohon kepada Tuhan untuk memberikan ketenangan pada Jiwa kita agar bisa berpikir jernih.

Setelah Tenang, saya mencoba mengalihkan pikiran saya pada hal-hal positif. Misalnya dengan menentukan kembali Tujuan hidup kita, membuat rencana yang jelas, fokus pada tujuan awal kita. Selanjutnya menjaga pikiran tetap positif dan konsisten. Saya banyak membaca buku atau artikel-artikel, film yang memotivasi diri saya, sangat banyak sumber yang bisa menjadi sumber inspirasi kita untuk bangkit jika kita mau mencarinya.

WhatsApp Image 2023-09-12 at 14.55.39.jpg
Salah satu Buku Favorit Saya Le Petit Prince Foto ini diambil saat kunjungan saya ke Little French Korea

Is self-motivation a good practice? Explain


Ya setiap orang harus tahu cara untuk memotivasi dirinya sendiri, jika tidak maka akan banyak kasus bunuh diri yang terjadi karena kehilangan motivasi hidup.

Lingkungan keluarga yang baik adalah sumber utama orang belajar untuk memotivasi hidupnya.
Selanjutnya Belajar Agama, seperti dalam Islam sebuah kalimat yang mengatakan bahwa "Allah Tidak akan menguji manusia melebihi batas kemampuannya" (Q.S Al-Baqarah Ayat 286) senantiasa menjadi mantra untuk kita manusia tidak patah semangat dalam menghadapi ujian hidup.

On Steemit what keeps you motivated


Saat ini saya baru memulai Steemit sehingga semangat dan motivasi saya untuk terus menulis dan berkarya masih sangat tinggi, semoga saya bisa selalu konsisten dan terus belajar melalui platform ini. Semoga saya bisa belajar dari orang-orang yang konsisten dengan Steemit dan banyak membantu para newuser.

Bagi Saya Steemit sebagai platform yang membantu saya menyalurkan hobi menulis dan Fotografi saya. Saya bersyukur di Steemit ada banyak komunitas yang sesuai dengan Niche saya, sehingga memotivasi saya untuk terus berada di Platform Steemit. Semoga Kurator dan developer Steemit selalu membantu untuk platform ini berkembang semakin baik.

Tentunya banyak hal yang bisa juga membuat orang menjadi tidak termotivasi seperti banyaknya postingan yang mungkin kurang berkualitas namun memiliki payout yang tinggi. Namun saya percaya jika Steemit dengan bantuan dari Kurator dan komunitas yang solid akan mengalahkan mereka yang memandang Platform ini hanya sebagai Money maker belaka.

Demikian tulisan saya mengenai Self Motivation
Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Salam hangat selalu.
Best Regard @mytravelandscape
Makassar, 12 September 2023

Sort:  
 10 months ago 

Hi Mytravellandscape I'm glad to read your entry, I can see a lot of improvement in your writing and post arrangements, keep it up!

Indeed we are the number 1 person to motivate ourselves, because many out there want to see us fail, they're trying to push us down but we shouldn't let that get into us. Success!

Note, your cover image should always stand alone and should be in landscape.

Thank you for your feedback. I really appreciated.

Congratulations! Your Comment has been upvoted through steemcurator07. We support good comments anywhere..

1000190282.jpg

Curated by : @waterjoe

 10 months ago 

Thank you @waterjoe

 10 months ago 

Apa yang anda kata tentang pengelolaan perasaan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan berbagai aktivitas.

 10 months ago 

Motivasi ketika memulai sesuatu adalah hal yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan sesuatu untuk meraih sebuah kesuksesan

Loading...
 10 months ago 

Break up leads to low motivation, and yes I can imagine what you felt during those times.

A good family environment is the main source of learning for people to motivate their lives.

I agree with you on this because I have seen someone who hanged himself because of bad words from family, although he was saved almost at death point.

Good luck!!!

Thank for your comment

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 60238.27
ETH 3215.90
USDT 1.00
SBD 2.46