Steemit Engagement Challenge (SEC)| S12W2- "Self Motivation"

in Steem4Nigeria10 months ago

Hallo salam sejahtera untuk sahabat steemians semua dimanapun berada, apa kabarnya hari ini? Semoga semuanya tetap dalam keadaan sehat dan dapat menjalankan segala aktivitas dengan baik. Pada kesempatan kali ini saya kembali mengikuti kontes yang diadakan oleh Komunitas Steem4Nigeria dalam Steemit Engagement Challenge Season 12 Week 2 dengan tema kontes: "Self Motivation"

C3TZR1g81UNaPs7vzNXHueW5ZM76DSHWEY7onmfLxcK2iPZZVyRxjABymmTg3fDwaN1cGpKxgTcuo2rcEPoFEtxi1v6uXTw3STj741qERpnEs9PX6XfMwL2.png
Sumber

Motivasi merupakan suatu dorongan yang timbul pada diri seseorang baik secara sadar atau tidak untuk melakukan suatu tindakan dengan maksud tertentu. Bagi yang sedang tidak bersemangat ataupun sedang bersedih, kata motivasi mungkin saja bisa membuat bangkit kembali. Motivasi bisa menjadi suatu alasan yang kuat untuk melakukan suatu tindakan. Motivasi ini bisa didapatkan kapan dan di mana saja, baik dari keluarga atau orang terdekat, para motivator, dan sebagainya. Namun, yang dapat membuat kita bangkit dan memutuskan untuk melakukan suatu hal adalah diri kita sendiri.

Setiap orang dalam hidup mungkin pernah mengalami atau kehilangan motivasi saat ingin mencapai sesuatu. Penyebabnya bisa berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Akibat kehilangan motivasi tersebut bisa menyebabkan rasa malas yang menghampiri dan terkadang dapat melupakan tujuan awal yang hendak dicapai. Mungkin seseorang kehilangan motivasi dalam pekerjaan jika tidak ada perkembangan dalam pekerjaannya. Ada orang yang kehilangan motivasi dalam kehidupan saat menghadapi masalah hidup namun orang-orang di sekitar tidak ada yang peduli atau memberikan semangat untuk bangkit.

girls-407685_1280.jpg
Sumber

Setiap orang yang menjalani kehidupan di dunia yang penuh tantangan dan rintangan pasti pernah merasakan putus asa atau depresi. Bermacam permasalahan timbul baik dalam rumah tangga, pekerjaan, maupun hal lainnya. Hal ini sangat wajar dialami manusia normal dalam menghadapu kehidupan. Apalagi saat ini dimana kondisi banyak orang yang mengalami berbagai macam problema. Jika tidak bijak dalam menanggapi segala masalah akan timbul depresi atau putus asa. Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi perasaan, cara berpikir dan bertindak seseorang.

Saya pribadi pernah merasakan depresi atau lebih tepatnya mengalami putus asa. Saat itu saya mengalami masalah yang hampir tidak bisa saya selesaikan dengan baik. Masalah yang saya alami juga tidak mampu saya ceritakan kepada orang lain karena rasa malu dan tidak percaya diri. Namun saya sadar bahwa semua masalah harus dihadapi dan dapat diselesaikan jika kita terus berusaha. Saat itu saya mulai bangkit dan memotivasi diri untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Motivasi diri merupakan faktor penggerak atau faktor pendorong yang dapat memicu timbulnya semangat dan mampu merubah tingkah laku individu agar lebih baik untuk dirinya sendiri. Sangat penting bagi kita untuk memiliki motivasi diri karena kita melakukan sesuatu bukan atas keinginan orang lain melainkan karena keinginan sendiri. Motivasi diri memungkinkan kita untuk mengubah perilaku, mengembangkan potensi, menjadi lebih kreatif, mengembangkan bakat, dan hal-hal positif lainnya.

mug-3403963_1280.jpg
Sumber

Saya bergabung di steemit sejak tiga tahun yang lalu dan sudah banyak hal yang saya dapatkan di sini. Semua yang sudah saya dapat semakin menambah motivasi saya untuk berbuat yang lebih baik lagi. Menurut saya apapun yang kita kerjakan harus selalu berusaha untuk menjadi lebih baik ke depan dan harus menjadi motivasi bagi orang lain. Karena dengan tambahan motivasi semakin membuat saya semangat di steemit. Saya semakin termotivasi di steemit setelah memperoleh banyak hal yang tidak saya duga sebelumnya. Di samping dapat menambah teman saya semakin lancar dalam menulis yang tidak saya dapatkan sebelumnya. Semoga ke depan saya semakin konsisten dalam menghasilkan karya terbaik serta bermanfaat untuk sahabat steemian lain.

Saya juga mengundang sahabat @kouba01, @patjewell, @waterjoe, @wilmer1988, @pelon53, @albenis, @goodybest, @suboohi, @crisvera, @chant dan lainnya untuk mengikuti kontes ini.

Salam,
@fadlymatch

Sort:  
 10 months ago 

It is true that the self motivation increase the confidence level of an individual in achieving their goals. That is why we should always be motivated and connected to our goals 😃.
Success to you 🤗

Greetings,
Self-motivation is a level of confidence in oneself. The higher and more stable the level of confidence, the more successful the person.

Loading...

Self-motivation is of utmost importance.
If you cannot motivate yourself to keep going and work towards those goals, you will never achieve them in life.
It is wonderful that you can motivate yourself to give your best here on Steemit.
Keep on working so hard!

Good luck with the contest, and thank you for the invitation.

It is certain that a self motivated individual is a positive person. Nothing stops you from getting to where you want at the stipulated time. We realize that so many things come to stop us from moving further but with a positively motivated mind you overcome it and achieve your goals

For sure never stop dreaming as it leads you to your success. Being motivated is essential for us every day.

Thanks for sharing

Most times, we are often motivated not just for our selves but for others because there are people looking up to to us as their mentors and a field to pitch their tent of life, we just have to live up to it.

Goodluck to you.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 60209.45
ETH 3212.30
USDT 1.00
SBD 2.43