Steemit Engagement Challenge Season8 Week1: My learning during the pandemic

png_20230228_155839_0000.png

Sebelum saya memulai di topik kali ini, saya ingin ucapkan selamat untuk komunitas STEEMIT HEALTH dan salam sukses untuk Admin dan Mod komunitas ini.

Dalam tema Pembelajaran Selama Pandemi adalah sebuah subtema yang sangat menarik untuk saya bagikan di komunitas STEEMIT HEALTH dan ini pengalaman saya dalam mengelola usaha selama pandemi yang ingin di kontribusikan di tema ini.

Oke, tampa membahas panjang lebar langsung saja kita mulai pada topik ini. Mari kita bertualang!


Latar Belakang
2019 awal mulanya covid-19 terjadi Tiongkok kota Wuhan yang menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Negara kami tercinta Indonesia. Sejak saat itu dunia di penuhi dengan wabah yang mematikan yang di sebut virus corona/Covid-19.

Bahkan di berbagai Negara menetapkan aturan dari kebijakan pemerintah untuk waspada terhadap wabah yang amat mematikan untuk manusia. Sehingga pemerintah menetapkan aturan "lockdown" hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona agar tidak meluas ke wilayah lain.

Namun dampak dari wabah ini adalah mempengaruhi beberapa sektor ekonomi keluarga yang harus di jalani begitu pahit. Seperti halnya yang terjadi dalam bisnis saya selama covid-19 terjadi, iya untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan sesuai dengan pertanyaan di bawah ini ⤵️

Apa yang Anda anggap sebagai pelajaran utama yang Anda pelajari dari pandemi?

Pelajaran yang dapat saya ambil di pandemi ini adalah pada sektor bisnis yang saya jalani selama 10 tahun lebih dan selama saya berkiprah di usaha kayu tentu saja banyak perubahan yang terjadi dalam usaha saya seperti penurunan pembelian kayu yang menurun begitu drastis selama proses lockdown hal ini di sebabkan oleh adanya pandemi. Mungkin, kalaupun saya bandingkan sebelum terjadinya pandemi sangat jauh berbeda di angka penjualan rata-rata tiap harinya adalah mencapai 20.000.000 IDR atau setara 5.490,77 STEEM yang telah saya konverter coinmarketcap.

Namun, semenjak beberapa tahun pandemi penurunan ini berpengaruh terhadap sektor bisnis saya dan ekonomi keluarga. Tapi sejak memasuki tahun 2023 sedikit-Nya sudah memberikan perubahan walaupun tidak seperti dulu iya, setidaknya cukup dalam mengatur kebutuhan sehari-hari.


Apakah Anda kehilangan keluarga atau teman karena pandemi? Bisa Anda ceritakan tentang hal itu?

Selama pandemi berlangsung yang meluas ke beberapa wilayah Indonesia khususnya Aceh secara singkat mengenai pertanyaan ini. Tentunya saya tidak ada keluarga ataupun teman dekat yang kehilangan nyawa oleh wabah ini. Akan tetapi, sebagian teman ada yang terdeteksi wabah virus corona/covid-19 termasuk yang menular kepada saya sendiri. Namun Alhamdulillah dapat di tangani cepat oleh dokter yang menjadi orang paling berjasa dalam wabah ini.

  • Apa momen tersulit selama pandemi?

Moments tersulit selama pandemi berlangsung adalah saat saya ingin bertemu dengan orang-orang terdekat baik itu teman ataupun keluarga. Iya, di sisi lain pada masa itu saya sedang dalam masa pemulihan virus corona. Jadi untuk mehindar hal ini, saya tidak melakukan aktivitas di luar rumah atau bertemu dengan mereka.

  • Setelah semua proses itu, apakah Anda lebih menghargai kesehatan Anda?

Iya, selama saya terkena virus corona (covid-19) pastinya saya lebih hati-hati dalam melakukan aktivitas sehari-hari dalam pekerjaan dan mengikuti beberapa protokol kesehatan yang rutin di puskesmas terdekat dalam upaya menghindari wabah ini.

  • Apakah pandemi memengaruhi keuangan Anda secara positif atau negatif? Bagaimana Anda mengatasinya?

Seperti penjelasan saya di atas selama beberapa tahun terjadinya pandemi berlangsung sangat berpengaruh terhadap sektor ekonomi keluarga saya dan ini jauh dari yang saya pikirkan. Sehingga pada masa itu saya harus memberhentikan beberapa orang pekerja di karenakan pemasukan yang tidak stabil dengan terpaksa harus saya berhentikan. Dan ini menyedihkan, tapi ini demi stabil keuangan bisnis saya yang harus saya ambil dengan profesional.

Namun, untuk pekerja yang telah saya berhentikan sementara waktu. Tetap saya berikan beberapa uang sebagai inisiatif saya agar mereka dapat memberikan nafkah untuk keluarganya dan ini.



Demikian dalam tema My learning during the pandemic yang dapat saya kontribusi kepada Anda. Walaupun tidak begitu indah setidaknya ini hasil karya saya sendiri. Dan saya juga mengundang steemians Indonesia untuk berpartisipasi di Steemit Engagement Challenge Season 8 week 1 @ridwant @muzack1 @sailawana!

Rabu, 1 Maret 2023
Salam @afrizalbinalka


png_20230225_075727_0000.png

Sebelum Anda meninggalkan postingan ini kami harap Anda telah memberikan dukungan kepada saksi kami @pennsif.witness. Jika Anda belum memberikan vote silahkan kunjungi link Steemworld.org satu suara positif steemians aktif sebuah kehormatan untuk kami.

Sort:  
Loading...

Mantap sekali bg, Sukses terus brother 👍

Hola stemeians @afrizalbinalka, gracias por compartir tus experiencias durante la pandemia, lo que aprendíste en la pandemia sirva para estar más preparado en el futuro. Desde la distancia te deseo buena suerte. Saludos y bendicione amigo.

Memang ketika pandemi melanda banyak sektor kehidupan manusia yang ikut mengalami dampaknya.. tidak hanya dari segi kesehatan. Tentunya sebuah pengalaman berharga yang kita peroleh saat itu dan memberikan pembelajaran bagi kita bagaimana bisa survive.

Sukses untuk kontesnya brother @afrizalbinalka. Thanks udah mengajak saya join di kontes ini.

Terima kasih atas komentarnya yang aat luar biasa kakak @sailawana

You are welcome brother..

 last year 

Hampir semua penduduk bumi masih menyisakan trauma yang dalam atas penyebaran virus covid-19. Era pandemi juga telah melumpuhkan segala aktivitas diluar rumah, perekonomian masyrakat, terhentinya pembangunan, pendidikan dan sejumlah bisnis kecil dan menengah.

Kita memiliki harapan besar dan selalu berdo'a agar penyakit hebat ini dan semacamnya tidak lagi terulang.

Terima kasih banyak kanda @afrizalbibalka atas undangan kontes istimewa ini untuk kami.

Coin Marketplace

STEEM 0.21
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 67073.12
ETH 3507.19
USDT 1.00
SBD 3.18