CONTEST#4 : YOUR BAD HABITS FOR HEALTH|| DAMPAK BURUK BEGADANG BAGI KESEHATAN

in Steem Healthcare3 years ago

Saya sangat tertarik dengan tema dari kontes mingguan ini yang membahas tentang kebiasaan buruk yang saya lakukan sehingga membuat kesehatan saya berkurang. Saya sangat menyadari terlebih dengan latar belakang pendidikan kesehatan yang saya jalani, saya sangat paham kebiasaan buruk ini merupakan hal yang sangat fatal dilakukan dan ini sudah berlangsung dari awal saya memulai perkuliahan pada 2014 dan masih berlangsung sampai sekarang.

kontes jadi.jpg

Kebiasaan buruk ini adalah begadang sampai subuh, hal ini sudah berlangsung sangat lama. Saya mengetahui resikonya akan tetapi sangat sulit untuk membuat hal itu berubah karena memang saya terbiasa bekerja begadang dengan mengerjakan tugas dan sekarang begadang untuk bekerja. Saya akan bercerita sesuai dengan poin yang diminta oleh kontes sehingga anda semua dapat membaca dengan seksama.

Sejak kapan kamu melakukan kebiasaan ini?

Awal saya begadang itu saat 2014, tahun itu adalah tahun pertama saya menjadi mahasiswa dengan tugas yang bisa dibilang sangat banyak, bergai macam tugas dan laporan harus saya kerjakan dimalam hari karena pada siang hari saya harus memasuki ruang kuliah. Saya hanya tidur beberpa jam saja dan hal itu masih berlangsung sampai sekarang dan itu menjadi kebiasaan yang sangat buruk dan saya sadar itu akan membuat poin kesehatan saya akan sangat berkurang.

Apa pengaruh kebiasaan ini terhadap kesehatan Anda?

Tentu sangat berpengaruh bagi kesehatan, yang pertama pasti saya sering kehilangan focus karena tidur yang kurang, saya mengetahui bagi orang dewasa tidur yang baik adalah 7-9 jam dalam sehari sehingga kebutuhan istirahat kita tercukupi dengan baik. Selain itu saya juga sering merasa pusing yang tidak tertahankan sehingga membuat saya merasa ingin terjatuh saat berjalan, saya rasa memang sudah waktunya untuk mengebalikan istirahat yang cukup.

Apakah Anda berniat untuk meninggalkan kebiasaan itu, jika demikian bagaimana Anda mengubah kebiasaan itu?

Tentu saya sangat berniat membuat kebiasaan buruk ini hilang, saya akan mencoba melakukannya mulai dari sekarang. Hal pertama yang harus saya lakukan adalah membuat jadwal tidur dan bangun, saya harus memaksa tidur walaupun sebenarnya mata masih belum mengantuk, dari paksaan itu akan terciptakan kebiasaan yang berlanjut sehingga saya akan merasa jika saya tidak tidur dengan jawal yang sudah saya tentukan saya tidak akan dalam kondisi baik besok harinya.

Kesimpulan

Tidur yang cukup sangat diperlukan oleh tubuh anda sahingga anda takan mengurangi factor menurunnya kesehatan anda. Silahkan buat jawal untuk waktu tidur anda sehingga anda bisa mengikuti rutinitas itu, setalah itu akan terjadi perubahan untuk kebiasaan yang anda lakukan.

Terimaksih kepada admin pak @imamalkimas dan @mudajuli serta moderator @ahyar92 karena telah membuat kontes yang sangat luar biasa ini. Dengan tema kontes yang selalu menarik saya sangat yakin komunitas #SteemHealthcare ini akan sangat maju seiring berjalannya waktu, saya juga menyertakan tautan menuju kontes YOUR BAD HABITS FOR HEALTH agar orang lain dapat berpartisipasi di kontes ini.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 65771.81
ETH 3174.77
USDT 1.00
SBD 2.61