"Contest:Tell us about your livestock."

in Steem of Animals10 months ago (edited)

Hai sahabat steemians dimanapun anda berada, apa kabar hari ini? Semoga kita selalu dalam lindungan ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala, Aamiin.

IMG_3950.jpeg

Pada hari ini saya berkesempatan meluangkan waktu mengikuti kontes pada komunitas ini tentang: ”Tell us about your livestock”. Disini saya akan menceritakan tentang binatang peliharaan dan binatang ternak saya.

Berbagai macam binatang ternak dapat dijadikan hewan peliharaan yang menguntungkan. Binatang ternak menghasilkan berbagai hal yang berguna bagi kehidupan manusia, seperti telur ayam yang menjadi makanan sehari-hari banyak orang. Selain itu, ternak dan hewan peliharaan dapat diklasifikasikan sebagai bisnis atau perusahaan. Dengan berbagai keuntungan yang diberikan hewan ternak dan hewan peliharaan, tidak heran kita bisa mendapatkan keuntungan dan penghasilan yang cukup besar.

Apakah Anda memiliki hewan ternak di rumah? Ceritakan tentang mereka.

Saat ini saya sudah memiliki empat ekor sapi dari satu sapi betina yang saya ternakkan. Seharusnya saya sudah memiliki enam ekor sapi, namun dua diantaranya mati beberapa minggu sesudah dilahirkan. Kedua sapi saya tersebut mati saat merebaknya penyakit mulut dan kuku. Saat itu, penyakit mulut dan kuku sesuatu yang sangat ditakuti oleh peternak sapi, kambing, kerbau dan hewan sejenis lainnya yang berkuku belah. Penyakit yang diakibatkan oleh virus tersebut bersifat akut dan sangat menular dengan ciri-ciri adanya lepuh pada mulut, gusi, lidah, lubang hidung, puting dan sekitar kuku yang dapat menyebabkan kematian pada binatang ternak.

IMG_3092.jpeg

Alhamdulillah, setelah ada penanganan serius dari pemerintah melalui dinas peternakan lambat laun penyakit yang sangat meresahkan peternak dapat diatasi. Sekarang sapi-sapi saya tumbuh dan hidup dalam keadaan sehat, saya sangat bersyukur. Awal mula saya memelihara sapi saat kelahiran anak pertama saya dengan membeli seekor sapi betina yang sedang hamil di pasar hewan. Sapi ini saya dedikasikan kepada anak-anak saya kelak bila sudah dewasa sebagai biaya pendidikan dan modal usaha mereka. Dengan izin ALLAH berkat niat dan tujuan saya yang baik, sapi saya tersebut telah berkembang biak menjadi empat ekor.

Manfaat apa yang diberikan ternak dan burung kepada kita?

Tujuan utama dari peternakan adalah untuk mengembangbiakkan hewan ternak dan membudidayakan hewan tersebut untuk bisa mendapatkan hasil dan manfaat. Sebagaimana kita ketahui bahwa jenis binatang ternak itu sangat banyak dan menghasilkan sumber pangan yang berbeda-beda pula. Seperti sapi, kerbau dan kambing, daging dan susunya bisa dimanfaatkan sebagai sumber pangan manusia yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, kulitnya bisa dimanfaatkan untuk membuat pakaian seperti baju, sepatu, tas dan lain sebagainya. Begitu pula dengan ayam yang menghasilkan telur dan daging untuk dikonsumsi oleh umat manusia.

IMG_3091.jpeg

IMG_3094.jpeg

Sedangkan dari segi beternak dan memelihara burung juga bisa memberikan manfaat yang sangat banyak. Burung-burung yang memiliki beragam corak dan warna serta suara yang merdu biasanya sangat digemari oleh kaum pria, apabila bisa dikembangbiakkan dengan baik dan benar maka akan menghasilkan pendapatan keuangan yang sangat besar mengingat burung-burung tersebut sangat tinggi harganya. Selain itu dengan memelihara burung bisa membuat kita senang dan terhindar dari stres. Manfaat lain dari memelihara burung sangat bagus untuk kesehatan. Bisa membuat kita lebih relaks dan membuat kita merasa bahagia.

IMG_3951.jpeg
pixabay

Pemeliharaan ternak memberikan kekayaan bagi keluarga. Ekspresikan pendapat Anda.

Hewan ternak adalah salah satu harta kekayaan yang dimiliki oleh manusia dan sangat diperlukan untuk pemenuhan hajat hidup. Dengan beternak akan mampu menghasilkan keuntungan atau laba dari penjualan ternak yang kita kembangbiakkan. Untuk mencapai tujuan tersebut kita harus mampu menerapkan proses manajemen, pembukuan serta pemasaran yang baik. Beternak memegang peranan penting untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera sebagai penopang perekonomian dalam kehidupan. Saya melihat, tidak sedikit orang-orang yang memperoleh kekayaan dari hasil beternak, apalagi bisa mendirikan peternakan yang berskala besar otomatis akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak itu sendiri.

IMG_2993.jpeg

IMG_2994.jpeg

Demikian yang dapat saya sampaikan, dan inilah keikutsertaan saya dalam kontes Steem of Animals Contest: Tell us about your livestock.. Semoga anda menyukainya, sekian dan terima kasih atas waktunya.

Saya turut mengajak teman-teman steemians @apoy01 @teukuipul87 @sisol @ridwant agar sudi kiranya berpartisipasi dalam chalengge ini :

Steem of Animals Contest: Tell us about your livestock.

Best Regard,
@yuswadinisam

Steem.png

Saya mengundang Anda untuk mendukung @pennsif.witness untuk pertumbuhan di seluruh platform melalui komunikasi yang kuat di semua tingkatan dan pengembangan hasil tinggi yang ditargetkan dengan sumber daya yang tersedia.


Click here

Steem.png

About Me

Sort:  

Memiliki hewan ternak sendiri juga sebuah aset yang sangat berharga untuk kelangsungan hidup kita.... semoga selalu beruntung bang

 10 months ago 

Untuk bekal masa depan anak-anak

 10 months ago 

your animals are very beautiful.You have made great arrangements for their food.animals give us many benefits. As we give milk from them.I like your post.I wish you success.

 10 months ago 

You are right, farm animals have provided many benefits for all of us. It's a good idea to adjust their diet so they don't go berserk and enter other people's gardens. Thank you for the positive response, I hope we achieve success together

Loading...
 10 months ago 

Saludos amigo.
Los animales diferentes que tenemos en casa desde las aves hasta el ganado nos aporta mucho beneficios ya que ellos sirven de alimentos para el hogar

 10 months ago 

Ojala tu tambien tengas ganado en casa que nos de muchos beneficios

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 69849.38
ETH 3709.01
USDT 1.00
SBD 3.73