Activist Diary Game : 03/03/2024 | Minggu Yang Mengesankan, Menikmati Aksi Anak-Anak Desa Menangkap Ikan

in Steem of Animals4 months ago

Salam Semua Para Steemians.?

Hari minggu salah satu hari libur bagi seluruh negara Indonesia, tercantum di dalam kalender bulan-mingguan bahwa hari itu sudah menjadi hari libur nasional secara global. Dengan adanya hari itu banyak dari kita menghabiskan waktu luangnya dengan kesenangan sebagai liburan yang menjadi tempat hiburan berarti yang begitu menyenangkan didalam kalangan anak-anak dan orang dewasa, lebih sempurna menjadi momen bahagia.

Selagi di hari minggu, hari libur sekolah bagi anak-anak desa sebagian dari mereka mencari waktu celah dengan kesenangan bagi mereka untuk mengisi hiburannya dengan aktifitas yang berbeda-beda. Tentunya akan menjadi keseruannya perburuan yang menyenangkan bagi mereka anak-anak desa di hari liburnya. Alangkah indahnya dan menyenangkan?

IMG_20240303_105759_481.jpg
Melihat Anak-Anak Menangkap Ikan Di Irigasi Pinggir Jalan

Jadi, Pagi ini saya awali kesibukanku seperti biasa, menjaga kios (berjualan). sehingga matahari mulai terang di kejutkan dengan aktifitas yang menyenangkan saat anak-anak desa mencari ikan di irigasi di pinggir jalan, dekat dengan tempatku berjualan.

Upaya Pengeringan Kolam Secara manual

Saat musim kemarau datang banyak ikan yang menjadi sasaran bagi mereka anak-anak desa di irigasi maupun di rawa yang sudah mulai mengering dicarinya, Lalu saya datang untuk menikmati kegiatan mereka di langsungkan saat menangkap ikan di irigasi itu, berhubung pelanggan belum datang. Jadi, saya melihat berbagai upaya untuk mengeringkan air kolom yang berisi ikan. Proses secara manual dengan tenaga tangan dapat mengatur kecepatan. Extraordinary?

Beraksi Menangkap Ikan

Setelah beberapa jam air mulai surut, menjadi satu titik untuk kolam ikan berkumpul. Ini saatnya bagi mereka menangkap ikan dengan tangan meskipun harus berlumpur di seluruh badan, dengan itu membuat tangkapan dapat di hasilkan sedikit mudah dengan meraba-raba di dalam air berlumpur itu membuatnya mudah, begitu lincah pokoknya.

IMG_20240303_105648_285.jpg
Hasil Tangkapan, Memuaskan

Sehingga tangkapan dapat di taklukkan dengan hasil yang memuaskan, ikan munjair dan ikan betok. Meskipun harus terlibat dengan lumpur sebagai tantangan saat menarik ikan keluar di pindahkan ketempat aman (wadah) satu persatu. Waw, ini luar biasa dapat menangkap ikan. Ikan segar yang menjadi santapan. Tetapi, mereka tidak ingin menyantap ikan ini selain memelihara di kolam, ini hal biasa bagi anak-anak menangkap ikan sebagai isi kolam di rumah.

Masa-masa kecil yang menyenangkan. mengingat hal ini saya kembali di masa kecil, saya sering menangkap ikan di rawa juga seperti mereka menjadi momen bahagia. Tidak lama, saya kembali ketempat ku berjualan karena salah satu pelanggan datang, mencari kebutuhan, meninggalkan mereka masih melanjutkan mencari ikan. Beberapa jam kemudian azan dhuhur di komandangkan, lalu saya pergi menyelesaikan shalat dhuhur terlebih dahulu selagi banyak waktu.

IMG_20240303_140707_726.jpgIMG_20240303_140838_988.jpg
Mengambil Bayi Bebek Di Rumah Tetangga Menetas Setelah Lama Mengeram

Selesai shalat dan makan siang, saya kembali berjualan. Itu profesi ku yang dapat aku jalankan untuk membangun ekonomi sebagai tabungan masa depan. Waktu terus berlalu, tiba-tiba tetangga ku datang menghampiri ku yang sedang berjualan membawa kabar gembira bahwa bebek saya mengeram sudah tiba waktunya, menetas dan sudah turun dari sarangnya mengeram, hal ini membuat saya bahagia, ±35 hari menunggu hal ini tiba.

IMG_20240303_140907_558.jpg
Warnanya Begitu Lucu Dan Imut

Usai percakapan, saya secepatnya pergi dari belakang untuk mengambil bebek yang sudah menetas di rumah Tetangga yang tidak jauh dari rumah. Saya tiba di sana, ternyata bebek ku benar menetas dan sudah turun ke tanah di bawa oleh induknya berkeliaran. saya menangkap bayi bebek itu sehingga memasukkannya ke dalam wadah meskipun hal ini membuat iduknya marah. Bayi yang lucu dengan bulu halus dengan warnanya yang indah. Saya mengumpulkan mereka dan secepatnya bawa pulang induknya juga saya ikutkan Sehingga memasukkannya ke kandang agar bebek ku terpelihara dengan mudah.

IMG_20240303_152104_597.jpgIMG_20240303_152129_794.jpg

IMG_20240303_152127_395.jpg

Membeli Umpan Bebek Di Kios Aron

Kemudian, saya pergi ke kios-Pakan aron untuk membeli umpan pakan sebagai makanan mereka makan. Dengan kecepatan sepeda motor saya melaju kesana sehingga tiba di tujuan karena keberadaan kios-pakan tidak jauh dari tempat saya tinggal. saya tiba lansung memesan pakan yang sesuai dengan umur bebek ku makan, saya membeli satu kilo Bravo-511 sebagai percobaan pertamanya mereka makan, setelah membayar umpan itu saya kembali pulang ke rumah sekaligus ke kandang karena istri masih berjualan.

IMG_20240303_172839_805.jpg

Memberi Makan Bebek Di Kandang

Setelah mandi dan shalat ashar saya kembali ke kandang bebek untuk memberinya makan, mengingat mereka akan lapar sudah seharian tidak makan dan menyediakan mereka air sebagai isi tambahan makanan sampingan. Saat ini saya melihat mereka belum pandai makan karena belum terbiasa. meskipun itu saya harus memberinya makan agar terbiasa. Selepas itu saya kembali berjualan mengingat sang istri sedang kewalahan melayani pelanggan karena si kecil juga di jaganya.

Yap' begitulah cerita saya hari ini, melihat anak desa menangkap ikan dan kabar gembira datang setelah bebek menetas selesai mengeram dan membawanya ke kandang melihat aksinya lucu, Gemesin. Terima kasih sudah membaca articel post saya. Sampai jumpa?

Salam @muksa

Sort:  
Loading...

TEAM 3
¡Congratulations! This post has been upvoted through -steemcurator06.
We support quality posts anywhere and with any tags.

Coment.jpg

Curated by : <@edgargonzalez>

 4 months ago 

Terima kasih atas dukungan yang anda berikan 🙏 @edgargonzalez

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 61775.46
ETH 3455.88
USDT 1.00
SBD 2.52