Tindakan Kebaikan terhadap Hewan dalam Kehidupan Sehari-hari Anda (Menyembelih hewan sesuai dengan ketentuan Syariat

in Steem of Animalsyesterday (edited)

Blue Peach Aesthetic Summer Pool Photo Collage_20240811.png

Assalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sahabat steemian dimana saja kalian berada, terkhusus sahabat steemian di Steem of animal , saya berdoa supaya kalian semua baik-baik saja, begitu juga dengan saya Alhamdulillah baik - baik saja dan juga sehat jasmani dan rohani.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengikuti kontes yang di selenggarakan oleh @uzma4882 di komunitas steem of animals dengan tema kontes Tindakan Kebaikan terhadap Hewan dalam Kehidupan Sehari-hari Anda pada kesempatan kali ini aku ingin mengajak teman-teman ku @dewirusli @sriiza dan @nurlizarizky untuk dapat berpartisipasi dalam kontes ini.

Suasa di pagi hari ini sedikit berbeda dari biasanya, aku mencoba memikirkan , apa yang membedakan hari ini dengan hari biasanya ?
Oh,,,ternyata di surau depan rumah ku, akan ada kegiatan, orang-orang pada berdatangan untuk mengambil lapak. Di surau depan ku akan ada kegiatan berdoa dan makan siang bersama.

IMG20240811.jpg

Di pagi hari, para laki-laki datang ke surau untuk mencari dan menandai lapak sebagai tempat para istri mereka memasak dan mereka duduki untuk makan siang bersama. Keluarga ku tidak sesibuk mereka, dikarenakan orang tua ku memasak di rumah , setelah siap baru kami bergerak ke surau untuk menikmati makan siang bersama mereka.

Disaat aku keluar rumah, aku melihat adik perempuanku sedang memberi makan ayam, dengan tujuan untuk memancing ayam supaya mudah di tangkap. Salah satu dari mereka hari ini akan berakhir hidupnya, setelah ayam sudah berhasil di tangkap sekarang giliran ayahku yang membawa ayam tersebut untuk disembelih. Kebetulan tetanggaku jago dalam hal menyembelih hewan. Penyembelihan hewan juga ada aturannya, tidak boleh disembelih atau dipotong lehernya sembarangan.

IMG20240811.jpgIMG20240811.jpg

Dalam Islam , menyembelih hewan atau binatang sangat dianjurkan untuk dilakukan dengan baik dan lemah lembut. Sebisa mungkin sebelum dan pada saat menyembelih tidak menyakiti binatang. Proses penyembelihan hewan dalam islam tidak hanya mematikan saja, tetapi juga harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh syariat. Untuk mendapatkan daging hewan yang kita sembelih halal untuk kita makan , maka kita harus memperhatikan adab, aturan-aturan, atau ketentuan - ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat islam.

Ayah yang pergi membawa ayam untuk disemebelih, tidak lama setelah ayah pergi membawa ayam yang masih hidup, sekitar 10 menit kemudian ayah kembali dengan membawa ayam yang sudah mati. Sedangkan Ibu ku di rumah sudah siap dengan alat dan bahan untuk memasak ayam tersebut. Ayam yang barusan di potong akan di masak kari oleh ibuku.

IMG20240811.jpgIMG20240811.jpg

Anak-anakku menyukai ayam goreng, dengan segera aku menghidupkan sepeda motor ku dan langsung meluncur ke pasar terdekat dengan rumahku untuk membeli seekor ayam. Namum sebelum ke pasar aku singgah di rumah adikku yang nomor tiga, ibuku memintaku mengundang adikku ke rumah, untuk makan siang bersama di bawah surau depan rumah kami.

Suami adikku sangat mahir dan terampil dalam hal keterampilan tangan, dia sangat pandai melukis, dia melukis wajah anakku sangat mirip. Di rumahnya bnyak sekali tanaman bonsai yang di buat sendiri olehnya. Di rumahnya juga ada beberapa hewan peliharaan, seperti bebek, burung dan ayam. Tetapi karena terburu-buru aku hanya sempat mendokumentasikan bebek, sedangkan burung tidak sempat aku foto dikarenakan area sangkar burung ada di belakang rumahnya. Next time pasti akan kita dokumentasikan ya...

IMG20240811.jpgIMG20240811.jpg
IMG20240811.jpgIMG20240811.jpg

Setelah dari rumah adikku aku langsung ke pasar dan membeli seekor ayam. Nah,,, mudahnya disini ayamnya langsung di potong di tempat, jadi di rumah aku hanya membersihkan saja ayamnya. Di pasar aku tidak hanya membeli ayam, aku juga membeli alat dan bahan dapur dan juga sayuran.
Sepulang dari pasar aku langsung membersihkan ayam dan mengorengnya untuk buah hatiku, ketiga buah hatiku sangat menyukai ayam goreng dan semangatku bertambah 360° demi mereka. Senangnya menjadi ibu rumah tangga disaat melihat anak-anak kita bahagia.

IMG20240811.jpgIMG20240811.jpg
IMG20240811.jpg
IMG20240811.jpgIMG20240811.jpg

Siang hari setelah selesai memasak dan shalat dhuhur aku dan adik-adik ku beserta dengan anak-anak menuju ke surau di depan rumah untuk makan siang bersama-sama dengan para masyarakat desa lainnya.

Siang hari ini sangat membahagiakan untuk ku dan keluarga ku juga seluruh masyarakat di desa tempat tinggalku. Sebelum waktunya makan siang, para bapak-bapak melakukan doa bersama sebelum makan siang. Doa untuk kesejahteraan bersama doa untuk meminta keselamatan dunia dan akhirat.

IMG20240811.jpgIMG20240811.jpg
IMG20240811.jpgIMG20240811.jpg
IMG20240811.jpgIMG20240811.jpg

Demikian partisipasiku dalam kontes ini. Saya ucapkan terimakasih untuk para pembaca postingan saya dan untuk yang mendukung postingan saya.

🙏salam sukses @megaaulia🙏
Sort:  
 yesterday 

sungguh nikmat ya bisa berkumpul bersama sambil memasak dan menghabiskan waktu bersama. saya menyukai hal seperti itu. besok-besok kalau ada lagi acara seperti itu jangan lupa undangan untuk saya ya, karena saya juga mau merasakan makan dan masak bersama di surau.

Karena daerahku tinggal tidak ada tradisi seperti itu.

good job to you.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.034
BTC 64333.84
ETH 2760.35
USDT 1.00
SBD 2.65