SEC - S18W4 : Kesejahteraan Hewan

in Steem of Animals6 days ago

IMG_20240514_141707.jpg
Foto milik pribadi di salah satu media sosial saya

Assalamu'alaikum...

Salam,,,sahabat steemian di mana saja kalian berada, hari ini saya ingin berpartisipasi dalam kontes dengan tema yang sangat keren ini ' Kesejahteraan Hewan ' . Saya juga ingin mengucapkan terimakasih untuk komunitas steem of animal yang telah menyelenggarakan kontes ini. Saya juga ingin mengajak teman-teman ku @lil.albab @mayasari95 dan @miftahulrizky untuk dapat bergabung dalam mengikuti kontes ini.

Apa pendapat Anda mengenai pemanfaatan hewan untuk kepentingan manusia, seperti dalam industri fesyen, hiburan, dan produk konsumen?

Hewan adalah salah makhluk hidup ciptaan Allah yang memiliki nyawa, perasaan, dan hati . Sama halnya dengan manusia. Namum manusia sedikit diberikan kelebihan yaitu memiliki pikiran. Jadi, setiap mahkluk hidup yang di ciptakan Allah memiliki haknya masing-masing. Sebagai manusia kita harus menjaga hak-hak hewan itu sendiri.
Pendapat saya tentang pemanfaatan hewan untuk kepentingan manusia dalam bidang:

1. Industri Fashion

Menurut pandangan saya tentang pemanfaatan hewan dalam bidang fashion ada dua katagori setuju dan tidak setuju
Saya setuju jika hewan tersebut punah atau mati dengan sendirinya atau karena ekosistem dan dimanfaatkan kulitnya sebagai fashion seperti untuk membuat tas, sepatu dan aksesoris lainnya. Namun saya sangat TiDAK SETUJU jika hewan tersebut sengaja di bunuh untuk dimanfaat dan bagian-bagian tertentu untuk dijadikan fashion.

2. Hiburan

Saya tidak setuju jika memanfaatkan hewan untuk hiburan manusia , ada beberapa alasan mengapa saya tidak menyetujuinya :

a. Hewan dikeluarkan dari habitatnya atau tempat tinggalnya.
b. Hewan dipaksa melakukan atraksi secara terus-menerus tanpa istirahat dan memberikan hak-hak hewan.
d. Hewan di siksa jika tidak menuruti majikannya untuk melakukan atraksi

3. Produk Konsumen

Hewan bisa hidup berdampingan dengan manusia dan makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan. Dalam ekosistem atau rantai makanan , hewan bisa memakan hewan lainnya dan hal tersebut lumrah terjadi. Hewan juga bisa memberi manfaat kepada manusia, ada beberapa jenis hewan yang bisa di konsumsi oleh manusia dan ada jenis hewan yang harus di lindungi oleh manusia. Menurut pendapat saya jika hewan tersebut adalah hewan ternak yang boleh di konsumsi oleh manusia atau ada beberapa bagian dari hewan tersebut dijadikan produk konsumen maka itu halal. Dan apabila ada jenis hewan yang haram di makan dan hewan tersebut dijadikan produk konsumen maka itu sangat di larang.

Apa pendapat Anda tentang pemanfaatan produk hewani dalam kehidupan sehari-hari, seperti kulit, bulu, dan gading?

1.kulit

Jika hewan ternak seperti lembu dan kambing yang di sembelih dengan cara yang halal maka memanfaatka kulitnya sah-sah saja. Seperti memanfaatkan kulit lembu dan kambing untuk gendang

IMG_20240614_152006.jpg
rapai terbuat dari kulit sapi

2. Bulu

Memanfaatkan bulu dari hewan ternak yang disembelih dengan halal juga dibolehkan mengambil bulunya, seperti bulu domba.

3.Gading

Jika hewan gajah yang punah bukan karena ulah manusia maka mengambil gadingnya untuk dijadikan perhiasaan atau lainnya sebagainya di bolehkan.
Jika memanfaatkan kulit, bulu dan gading dari hewan-hewan langka dan dilindungi maka saya sangat TIDAK SETUJU.

Apa yang dapat dilakukan individu untuk berkontribusi dalam melindungi hewan dari eksploitasi?

Ada beberapa cara untuk melindungi hewan dari eksploitasi , antaranya :

  1. Mematuhi undang-undang tentang eksploitasi hewan
  2. Tidak berburu hewan secara liar
  3. Melindungi hewan langka dengan cara tidak membunuhnya
  4. Tidak memelihara hewan langka secara pribadi
  5. Tidak memakai produk yang mengandung bagian-bagian dari hewan.

Demikian partisipasi saya dalam kontes ini. Semoga bisa bermanfaat untuk saya dan untuk pembaca.

Sort:  
 6 days ago 

Penjekasan yang sangat bagus dan menarik, saya sangat setuju dengan apa yang anda unkapkan

Loading...

Luar biasa Bu Mega, anda termasuk orang yang peduli dengan kesejahteraan hewan. Tersurat dari tanggapan-tanggapan anda yang sangat melindungi ekosistem hewan. Perlu kesadaran untuk kita semua memperhatikan keberlangsungan hidup hewan-hewan tersebut

 6 days ago 

Terimakasih banyak Bu Ela atas komentar berharga anda. Saya berharap Bu Ela juga bisa berpartisipasi dalam kontes ini. Dan saya yakin Bu Ela juga akan melakukan hal yang sama untuk melindungi makhluk ciptaan Allah yang ini (hewan).
Sekali lagi terimakasih Bu Ela sudah mampir dan membaca dan mengomentari postingan saya 🙏

 6 days ago 

Saya setuju buk mega, jika hewan itu sudah mati barulah di ambil manfaatnya, tapi itulah hewan liar yang tinggal di hutan tidak ada yang tahu kapan dan dimana matinya, sehingga pemburu akan menembak hewan liar itu untuk di bawa dan di jual pada yang minat. Apalagi peminat produk-produk berbahan kulit adalah konglomerat yang berani membeli dengan harga tinggi demi menaikan status mereka, maka pemburuan pun di lakukan.
Tulisan anda sangat bagus buk mega semoga anda berhasil memenangkan kontes ini.

 6 days ago 

Terimakasih banyak Bu Fat sudah mampir di postingan saya, sudah membacanya dan juga sudah mengomentarinya. Terimaksih juga sudah menaburkan hal positif di kolom komentar saya. Aamiin,,,semoga doa Bu Fat terkabulkan. Salam sukses 💪

 5 days ago 

Hello dear @megaaulia!

You suggest an abundance of regard for animal rights by only using items derived from animals after they have died naturally. When using animal resources it is necessary to give responsible methods first priority. Brilliantly written

 5 days ago 

Terimakasih Ibu neelofar atas pujian Anda, Ya benar bu. setiap makhluk hidup memiliki haknya masing-masing yang harus di hormati oleh makhluk lainnya.

 5 days ago 

Yes dear I am agree with you every living being has its own rights that must be respected by others.

 5 days ago 

🥰🙏

 4 days ago 

❤️❤️

 5 days ago 


Hello dear friend, @megaaulia


  • The picture of you sitting on the horse looks great. No doubt you love animals a lot as evidenced by sharing a picture which I really liked. I pray for you always that your love for humans as well as animals continues. May you always move forward for your future. Also, we hope that your bond with animals grows stronger and that you spend each day in good health.

Best regards from @robin42

 5 days ago 

Aamiin,,,
Terimakasih banyak atas doa Anda yang sangat bagus untuk saya.
Saya juga mendoakan supaya Anda selalu sukses

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 64998.89
ETH 3514.73
USDT 1.00
SBD 2.37