The Diary Game [Kamis, 07 Maret 2024: Kesibukan Mencari Makanan Kambing dan Mengajar]

Salam hangat Steemian semua
Hari Kamis tanggal 7 Maret yang tergolong melelahkan. Pagi hari dengan rutinitas mencari makanan kambing dilakukan. Saya mencari makanan kambing di kebun berupa dedaunan. Dedaunan yang tumbuh subur selayaknya dimanfaatkan dengan optimal. Memanfaatkan dedaunan yang tumbuh liar untuk makanan kambing. Apalagi dedaunan yang tergolong sebagai hama. Sembari membersihkan kebun dari tanaman liar. Tanaman liar tersebut dapat dimanfaatkan untuk makanan kambing. Rasa syukur tercipta akan karunia-Nya.

IMG_20240307_072106.jpg
Perolehan dedaunan di pagi hari

Kebutuhan makanan kambing telah diperoleh. Saya memutuskan untuk mandi dan merias diri. Selepas merias diri, saya pergi ke sekolah untuk mengajar. Sesampainya di sekolah, saya bergegas mengajar dengan kegiatan berbincang. Kali ini saya tidak memberikan beban pikiran terhadap siswa. Perbincangan ringan kami ciptakan untuk mencairkan suasana. Apalagi, seni berbincang itu cukup menenangkan untuk dijalani dari pada memahami setiap materi pelajaran. Perbincangan kami pun terputus saat bel istirahat berbunyi. Saya menutup pertemuan kali ini.

Pada saat saya menyelesaikan tugas mengajar. Terdapat tamu dari Sekolah Menengah Akhir saya dahulu. Guru SMA saya hendak melakukan sosialisasi di SMP tempat saya mengajar. Sembari menunggu jam istirahat selesai, saya mengajak berbincang guru saya dan teman guru yang lain sibuk mempersiapkan kebutuhan sosialisasi. Jam istirahat telah selesai, guru SMA saya memulai kegiatan sosialisasi. Saya turut menemani kegiatan sosialisasi ini. Saya bersyukur, kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar. Guru saya pun mohon pamit undur diri.

IMG_20240307_100024.jpg
Kegiatan sosialisasi

Saya pun melanjutkan rutinitas mengajar. Jam mengajar di kelas 8 putra kali ini hanya mengobrol ringan. Beberapa siswa memang antusias dengan perbincangan yang saya ciptakan. Namun, beberapa lainnya sibuk dengan obrolannya masing-masing. Pada akhirnya, bel istirahat kedua berbunyi dan saya menutup pertemuan. Saya istirahat di kantor, rasa lelah tercipta dan saya pun tertidur. Saya terbangun mendekati jam 1 siang. Saya memutuskan untuk pulang dan melanjutkan aktivitas di rumah.

IMG_20240307_155654.jpg
Perolehan daun rambutan

Waktu perlahan berganti menjadi sore hari. Rutinitas mencari makanan kambing dilakukan. Kebutuhan makanan kambing yang diperoleh pagi tadi belum mencukupi kebutuhan makanan kambing. Saya memutuskan mencari makanan kembali berupa daun rambutan. Pada dasarnya, hal ini bertujuan memperindah tampilan pohon. Namun, daunnya dapat dimanfaatkan untuk makanan kambing. Saya bersyukur, saat perolehan daun rambutan tergolong banyak. Apalagi, dedaunan yang paling banyak masih muda. Kambing teramat menyukai dedaunan yang masih muda. Saya melihat kulit coklat yang dapat dimanfaatkan. Saya mengambil pisau dan mulai mencincang kulit coklat untuk makanan kambing.

IMG_20240307_162805.jpg
Perolehan dedaunan di sore hari

Saya pun masih belum puas akan perolehan dedaunan rambutan dan kulit coklat cincang. Saya memutuskan pergi ke kebun kembali untuk mencari dedaunan liar. Hal ini sekalian mempercepat membersihkan lahan. Hujan deras yang mengguyur beberapa hari terakhir. Menyebabkan rumput liar tumbuh dengan subur dan mengganggu penyerapan unsur hara tanah. Unsur hara tanah yang seharusnya banyak diterima oleh pohon coklat harus terbagi dengan tanaman liar. Maka dari itu, saya teramat semangat untuk menyelesaikan tugas membersihkan lahan dari tanaman liar. Apalagi tanaman liar berupa dedaunan yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan kambing.

IMG_20240307_201414.jpg
Proses meniriskan jenang jagung

Tanaman liar yang diperoleh tergolong banyak dan di rasa cukup. Saya memutuskan untuk pulang dan sesampainya di rumah bergegas membersihkan diri. Waktu pun perlahan telah berganti malam hari. Saya mulai membantu orang tua mengaduk jenang jagung. Proses mengaduk jenang jagung yang dilakukan secara bergantian. Kira-kira, saya membantu mengaduk jenang jagung selama 30 menit. Sedangkan, proses mengaduk jenang jagung dilakukan selama 90 menitan. Proses mengaduk jenang jagung telah selesai. Tibalah saatnya untuk meniriskan jenang jagung. Proses meniriskan jenang jagung tergolong cepat. Kegiatan membuat jenang jagung telah selesai. Tibalah saatnya untuk istirahat dari seluruh rutinitas yang telah dijalani.

Itulah tulisan yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga terdapat manfaat dari tulisan yang saya bagikan. Terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada saya. Sukses selalu steemian semua...

Sort:  
Loading...

TEAM 3
¡Congratulations! This post has been upvoted through -steemcurator06.
We support quality posts anywhere and with any tags.

Coment.jpg

Curated by : @f2i5

Terima kasih atas dukungannya. Dukungan yang sangat bermakna✨

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 66612.27
ETH 2467.28
USDT 1.00
SBD 2.60