Steemit Engagement Challenge S6/W3 – Effects of Parents Behavior on Child’s Physical and Mental Health

Assalamualaikum wr. wb.

Halo Steemians Steemkids and Parents.

Bagaimana kabarnya pada siang hari ini...? Mudah-mudahan hari-harinya menyenangkan.

20221206_142705_0000.png
PENGANTAR

"Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya". Begitulah istilah yang sering saya dengan mengenai orang tua dan anak. Istilah lainnya yang kerap saya dengarkan yaitu "Jika orang tua kencing berdiri, maka anak kencing lari-lari." Kedua istilah tersebut menunjukkan bahwa anak merupakan cerminan untuk orang tuanya. Jika perilaku anak baik, sungguh orang tuanya baik juga. Dan begitu juga sebaliknya, apa bila perilaku orang tuanya buruk, jangan heran jika perilaku anaknya jauh lebih buruk.

IMG20221116113209.jpg
Anak gadis saya saat bersama teman-teman ketika kami berada di rumah neneknya
Bagaimana perilaku orang tua Anda memengaruhi Anda? (Positif atau negatif?)

Orang tua merupakan guru pertama saya. Di mana saya banyak mengambil pelajaran dan ilmu pengetahuan dari orang tua. Walaupun orang tua saya tidak mengajarkan seperti guru di sekolah, namun mereka selalu menjadikan dirinya sebagai contoh dalam kehidupan saya. Hampir semua perilaku positif mereka saya tiru dan saya lakukan. Baik itu hal yang sepele maupun hal yang besar. Pastinya setiap orang memiliki perilaku positif dan negatif. Begitu juga dengan orang tua saya. Tentunya saya selaku anak tak ingin meniru perilaku negatif dari mereka.

IMG_20221206_131528.jpg
Ibu saya bersama anak gadis kecilku
Manakah dari perilaku orang tua Anda yang paling Anda sukai?

Banyak hal yang saya sukai dari orang tua saya. Karena mereka guru terbaik untuk saya. Dari ayah saya belajar tentang kerja keras, kesabaran, dan pantang menyerah. Ayah yang tak pernah mengeluh, selalu berusaha yang terbaik untuk kami di rumah. Walaupun saya hanya bisa melihatnya di malam hari, saya sangat bahagia. Satu hal yang paling saya sukai dari ayah yaitu beliau selalu berusaha (pergi) pagi-pagi untuk mencari rezeki. Walaupun Ayah bukan pengusaha, namun ayah selalu berusaha. Itu di mulai sebelum matahari terbit.

IMG_20221206_132234.jpg
Anak gadis kecilku bersama kakeknya (ayah mertua saya)

Dari ibu saya belajar tentang cinta dan kasih sayang. Walaupun ibu tidak pernah mengungkapkan rasa cinta dan sayangnya dengan kata-kata. Namun ibu selalu mengungkapkannya lewat perilaku dan perbuatannya. Hal yang paling membekas dalam jiwa saya tentang perilaku ibu yaitu kesabarannya dalam mendidik saya. Di mana saat masih kecil saya merupakan anak yang bandel dan suka menangis dalam waktu yang lama. Ibu selalu sabar menghadapi perilaku buruk saya. Di sini saya dapat memahami arti dari istilah "Kasih ibu sepanjang jalan."

IMG_20221206_131350.jpg
Ibu saya yang selalu merindukan kehadiran saya di rumanya
Apa cara terbaik orang tua dapat menanamkan nilai-nilai yang baik kepada anak-anak mereka?

Setiap orang tua tentunya akan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Walaupun mereka tidak pernah menyampaikan hal itu dengan mulut mereka. Tapi saya yakin, apa pun yang mereka lakukan semuanya yang terbaik untuk kami selaku anaknya. Hal yang terbaik tersebut bukan hanya sekedar memberi contoh yang baik, tetapi menjadikan dirinya sebagai contoh terbaik. Saya selalu ingat perkataan ibu saya Adak berangkaho kajak, Seumbayang bek ka kubah (bahasa Aceh). Artinya ke mana pun kamu pergi jangan pernah meninggalkan shalat (selalu mengingat Allah SWT).

IMG20221205093943.jpg
Rumah kediaman ibu saya
Tulis pesan singkat untuk orang tua Anda

Sebenarnya air mata saya mengalir di saat menulis postingan ini. Sungguh postingan ini membuat saya mengenang jasa-jasa mereka. Ibu, terima kasih atas kasih sayang, cinta, pengorbanan dan kesabaranmu. Sungguh saya tidak dapat membalas jasa-jasamu. Maafkan anakmu ini yang selalu mengecewakanmu.

IMG20221205094004.jpg
Walaupun saya tidak tinggal bersama ibu, saya selalu berusaha mengunjungi

Ayah... Walaupun engkau tidak ada lagi bersama kami, namun perjuangan dan pengorbananmu tidak bisa saya lupakan. Semoga Allah SWT menempatkan engkau di tempat terbaik di sana.

KESIMPULAN
  • Anak merupakan cerminan dari orang tuanya. Baik perilaku orang tua, maka perilaku anaknya akan baik juga.

  • Dari ayah kita bisa belajar tentang kerja keras dan pantang menyerah dan dari ibu kita bisa memahami atas cinta dan kasih sayang yang seutuhnya

  • Semua orang tua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Kesabaran merupakan perilaku terbaik untuk menghadapi anak-anaknya.

  • Sungguh kita tidak bisa membalas jasa-jasa kedua orang tua. Do’a terbaik untuk mereka berdua.

IMG20221205090804.jpg
Do'a terbaik untuk ibu dan ayah tercinta dari kami anak dan cucunya

Saya mengajak @nadiaturrina, @prilly dan @ettydiallova untuk mengenang jasa-jasa orang tua kita dalam Steemit Engagement Challenge S6/W3.

Terima kasih kepada komunitas Steemkids and Parents. Hormat saya kepada seluruh moderator, admin dan tim kurator Komunitas Steemkids.

Best Regard

@sabarman

Myself
Facebook
Instagram

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Club Status#club100
Steem Exclusive
Plagiarism Free
BOT Free
Voting CSI7.0 ( 0.00 % self, 54 upvotes, 39 accounts)
Score (quality/rules)9/10
Verification date:2022-12-06
MOD's Observations/suggestions

Thank you for participating in the Steemit Engagement Challenge Season 6 in the Steem Kids & Parents Community, orang tua adalah madrasatul ululaa bagi kita semua, kita mungkin sedikit lupa hingga banyak dari mereka yang tidak menghargai orang tuanya
namun bagi mereka yang menghargai orang tuanya akan sukses dunia akhirat... Semoga sukses untuk anda...👍|

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high yield developments with the resources available.
Click Here

Benar sekali saudariku. Disaat kita sudah dewasa dan berumah tangga, kita sering lupa kepada mereka.
Aamiin ya rabbal'alamiin

Semoga Allah memuliakan orang-orang yang memuliakan orang tuanya.

Aamiin, semoga begitu...
😇

¡Congratulations! This post has been upvoted through -steemcurator06.
We support quality posts, and good comments anywhere, with any tags.

Curated by :@msharif

Thanks for the invitation. I will prepare a post for the contest. Good luck for the contest
🥰🥰🥰

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 64359.49
ETH 2619.41
USDT 1.00
SBD 2.83