SEC S14W5: Charity Begins at Home

IMG_20231225_235948.jpg

Hai sahabat stemian, senang bisa menyapa kalian lagi , di sini saya ingin ikut berpartisipasi dalam tantangan kontes dengan topik yang sangat menarik sekali yaitu topik SEC14 WK:#5 "amal dimulai dari rumah". Berikut pembahasannya :

👉Apa pandangan Anda tentang amal dan apakah menurut Anda hal itu harus dimulai dari rumah?

offering-427297_1280.jpg
Sumber gambar

Menurut saya amal adalah segala perbuatan yang baik dan bermanfaat untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain yang mendatangkan pahala dan sangat dicintai Allah SWT. Banyak sekali contoh amal yang ada di sekitar kita, yaitu sholat pada tepat waktu merupakan amal shaleh untuk diri kita sendiri, berbuat baik antar sesama kerabat, teman ataupun orang yang membutuhkan serta memindahkan duri di jalanan merupakan sebuah kebaikan.

Sebagai seorang ibu, saya terlebih dahulu beramal dimulai dari rumah, saya mengajarkan anak-anak saya tentang didikan agama, karena ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anak. Dengan bersabar dan bertawakkal dalam mengajarkan anak-anak kita akan mendapatkan ridha dan pahala dari Allah SWT. Membantu sesama saudara ketika saudara kita butuh pertolongan atau membantu orang lain yang membutuhkan bantuan atau uluran tangan kita. Di sini amal bukan saja berupa dukungan finansial, tetapi bisa juga berupa rasa sayang, kasih dan juga perasaan serta kepentingan lainnya.

👉Apa faktor pendorong melakukan amal dan apakah baik untuk menyiarkan apa yang telah Anda lakukan untuk orang lain

alms-5358682_1280.webp
Sumber gambar

Faktor pendorong melakukuan amal adalah niat dari hati yang tulus dan ikhlas rasa sayang atau empati terhadap orang lain. Bersedekah terhadap orang terdekat terlebih dahulu baru membantu sesama sekitar. Bersedekah yang paling utama untuk keluarga sendiri, mensejahterakan keluarga baru akhirnya bermanfaat bagi sesama atau masyarakat.

Saya merasa amal saleh yang kita lakukan tidak perlu kita siarkan karena dapat membuat kita berbangga hati dan sombong, seperti yang saya sebutkan di atas, amal saleh harus dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas.Apapun yang kita lakukan harus bermanfaat untuk kita dan sesama lainnya.

👉Kapan terakhir kali anda melakukan kegiatan amal kepada anggota rumah anda

feeling-2446129_1280.jpg
Sumber gambar

Saya selalu melakukan amal kebaikan kepada keluarga saya, setiap ada waktu dan kesempatan, apapun yang kita lakukan asal itu baik dan bermanfaat, itu juga merupakan sebuah amal. Tersenyum juga merupakan sedekah. saya selalu tersenyum untuk anak dan suami saya setiap saat dan setiap waktu di rumah. Dan Jum'at kemarin saya mengantarkan ibu saya ke rumah sakit untuk mengecek ulang kesehatannya. Saya selalu bersikap ramah terhadap orang yang saya hormati karena itu juga merupakan hak dan kewajiban terhadap sesama manusia.

👉Saran Anda kepada orang lain tentang amal

Berbuat baiklah terhadap sesama tanpa meminta pamrih dan mendapatkan pujian dari orang lain karena ada sesuatu yang anda inginkan atau butuhkan tapi mintalah balasan pahala atau ridha dari sang pencipta. Lakukan dengan penuh cinta dan kasih atau kepedulian
Terhadap kemanusiaan.

Beramal atau berbuat baiklah secara diam-diam karena itu dapat membuat kita terhindar dari kesombongan dan pujian duniawi, juga dapat menjaga harkat dan martabat si penerima bantuan atau orang yang membutuhkan.

Dan mulailah beramal saleh dari yang terdekat dahulu, jangan sampai yang terdekat kita kesulitan dan menderita.berbuat baiklah walaupun sedikit, karena di luar sana banyak yang butuh bantuan kita, dan jangan beranggapan bahwa beramal adalah perbuatan yang sia-sia untuk dilakukan, karena setiap amal baik yang kita buat atau sebarkan, akan menjadi amal baik bagi kita sendiri. Seperti kata pepatah
"Apa yang kau tanam, itu yang akan kau tuai" Merupakan konsekuensi masa depan yang di bentuk oleh tindakan saat ini.

Dan saya turut mengundang @chefdanie @itikna09 @wirdahanum untuk ikut berpartisipasi di kontes menarik ini.

SALAM HORMAT

@rumaisha

about me

Sort:  
Loading...

This post has been upvoted through -Steemcurator09.



Team Newcomer- Curation Guidelines For December 2023 Curated by - <@wilmer1988>

Note: Try and engage meaningfully with fellow users, comment and upvote on their post, as this will help you to have good Voting CSI

We invite all newcomers from 0 to 3 months of existence in steemit to use hashtags #newcomer and #country.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

You've got a free upvote from witness fuli.
Peace & Love!

Hello friend.
You shared alot about care and charity, your act if caring for your family and kids is highly applaudableable, we all want to have a family where charity thrives. You have shared a whole lot of valuable facts with us. Taking your relative to the hospital for check up is iconic and a lesson taught to us. I enjoyed your entry and success in the challenge my dear friend

Terima kasih banyak sobat
Itu adalah salah satu kebaikan untuk kita lakukan terhadap keluarga kita.
Terima kasih telah mampir di postingan saya.

Pleasures are all mine. Cheers

 9 months ago 

We should always be kind with everyone because kindness is a key of loving support to others and kindness opens the door of success for you because successful person is that who have a good heart I wish you good luck.

Terima kasih kawan atas doanya
Saya doakan anda juga beruntung dan selalu sukses untuk semua pekerjaan anda..

 9 months ago 

It was my happiness to visit your post and thanks for wishing me good luck and success always in my work but I also want to wish you a very Happy New Year full of blessings

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 60938.00
ETH 2386.38
USDT 1.00
SBD 2.57