SEC | S11W4 - More Freedom

in Steem Kids & Parents11 months ago

IMG_20230817_171526.jpg

cover design by canva

Dear steemian...

Saya senang dapat hadir di ajang kontes Steemit Engagement Challenge minggu4 serta memenuhi undangan dari rekan steemian untuk berpartisipasi menyelesaikan tema menarik "More Freedom", saya hanya dapat menguraikan dengan sederhana.

Manusia adalah pelaku atau subjek. Sedangkan kebebasan adalah konsep untuk menentukan sikap dan tindakan seseorang sebagai cara atau sarana untuk mencapai sebuah keinginan tanpa dibatasi. Sementara sebahagian orang menganggap kebebasan adalah kehancuran.

Kebebasan adalah hak serta peluang untuk memilih keinginan dan meraih kesuksesan! tapi yakinlah, setiap kebebasan pasti ada batasan karena manusia memiliki keterbatasan akal untuk berpikir dan keterbatasan fisik untuk bertindak.

Sifat manusia adalah gegabah, buru-buru dan terlalu banyak keinginan. Kebebasan tidak selamanya menjadi sarana positif untuk berekspresi. Namun kebebasan bersifat positif menjadi penting untuk mengeksploitasi kemampuan dan potensi diri, kemudian mengaktulisasikan sebagai akses untuk mencapai tujuan dan keinginan.

What do you understand to be freedom as a parents or kid?

Saya dan anak-anak saya sama membutuhkan kebebasan untuk memilih dan bertindak. Namun saya berpendapat bahwa kebebasan saya sebagai seorang ayah adalah sarana dan peluang untuk membedakan hak dan kewajiban saya dengan hak dan kewajiban anak-anak saya.

Porsi kebebasan saya (orang tua) jauh lebih besar, termasuk kebebasan saya untuk memberi, menentukan dan membatasi kebebasan anak-anak saya dalam memilih "tujuan" serta mendapatkan "sarana-sarana" untuk mendukung tercapainya keinginan dan tujuan hidup bagi mereka.

IMG_20230817_163810.jpg

sumbergambar

What can make you to grant more freedom to your kids or what can you do to earn more freedom?

Kebebasan sangat penting bagi anak-anak untuk pengembangan akal, potensi pemikiran dan membantu proses pembentukan kepribadian. Anak -anak selalu cenderung melakukan sesuatu yang disukai dan diinginkan. Merrka juga berharap terbebas dari paksaan dan intervensi. Namun fenomena ini masih langka mereka dapatkan hingga saat ini, dengan kata lain anak-anak selalu dalam tekanan, intervensi orang tua sehingga tidak mendapat hak penuh untuk "kebebasan" mereka, baik dirumah, disekolah maupun dilingkungan sosialnya.

Anak anak perlu dukungan orang tua mereka untuk mencari dan menemukan jati dirinya, mengembangkan bakat dan kemampuannya karena orang tua (ayah dan ibu) tidak dapat memberi pendidikan dan pengegahuan lebih untuk pengengan mereka. Karena ayah dan ibu dibatasi oleh kebebasan waktu, pekerjaan dan tanggung jawab lainnya.

IMG_20230817_154907.jpg

sumber gambar

Meskipun demikian, Saya pribadi tidak memberi kebebasan mutlak untuk anak-anak saya karena mereka belum mampu memahami konsep kebebasan positif dan negatif. Anak anak tidak hanya "penting" untuk berkembang namun harus dikembangkan dengan cara yang baik dan invervensi yang adil dari orang tuanya.

Sebagai seorang ayah saya tidak beranggapan, dengan memberi kebebasan kepada mereka akan menambah ruang bebas bagi saya. Sebaliknya, dengan memberi kebebasan kepada anak-anak saya justru akan mempersempit ruang terhadap kebebasannsaya sebagai ayah karena saya berhak memastikan bahwa anak-anak saya berada dalam kebebasan positif atau negatif dalam mengembangkan diri mereka, potensi serta karakter agar terbebas dari akibat hukum agama, hukum alam, hukum negara, hukum tatanan sosial dan budaya.

Advantages and disadvantages of freedom both to parents and kids

Seperti uraian saya di atas, sebagai orang tua harus memahami bahwa kebebasan merupakan hak dan milik setiap orang. Namun kebebasan untuk anak - anak adalah kebebasan terkendali dan harus selalu diwaspadai. Alasan saya adalah, kosep kebebasan bersifat positif pun sangat rentan terhadap pemanfaatan atau menjadikan kemampuan orang lain untuk sarana pencapaian tujuan bagi anak-anak saya.

Kedua adalah konsep kebebasan negatif, yakni kebebasan yang condong pada menolak unsur paksaan kepada anak-anak yang menjalankan suatu keinginan untuk mencapai kesuksesan. Saya tidak menolak konsep ini namun tetap mewaspadainya. Saya tahu, setiap orang tua (ayah/ibu) memiliki keragaman pendapat tentang makna kata dan implementasi kebebasan dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk dirinya maunpun untuk anak-anak mereka.

Memang! Sebahagian orang tua lebih memilih konsep kebebasan bersifat negatif atas dasar pemikiran bahwa konsep ini dianggap bukan persoalan moralitas yakni baik dan buruk, tapi persoalan kebebasan dari "tekanan" orang tua terhadap anak-anak dalam menentukan keinginan mereka.

What can cause one to lose the freedom he or she has?

Ada banyak kebebasan, kebebasan pribadi individu dan kebebasan berstatus sebagai warga negara. Setiap oleh bebas, berpikir, berbicara, bertindak, memilih, bepergian dan lainnya. Karena kebebasan dimaknai sebagai "kekuasaan" serta dapat bertindak dengan tanpa paksaan.

Kehilangan kebebasan dalam artian sebuah kebebasan yang dibatasi oleh norma dan aturan sebuah istitusi negara, agama, hukum adat bahkan aturan dalam bermedia sosial.

IMG_20230817_165625.jpg

sumber gambar

Contoh kecil, Sebelum Donald Trump menguasai Gedung Putih, Amerika Serikat adalah salah satu negara yang memberi jaminan secara konstitusi terhadap kebebasan "berpendapat" bagi tiap-tiap warganya, kelompok dan pers. Donald Trump sengaja mempersempit ruang bicara bagi media pers di Amerika Serikat dan melontarkan isu negatif dengan label "mainstream" bagi sejumlah media.

Why is freedom necessary?

Apakah ketakutan, tekanan, intervensi dan paksaan diartikan sebagai penjara? karena kebebasan sesungguhnya adalah bebas dari rasa takut untuk berbicara dan bertindak.

IMG_20230817_164413.jpg

sumber gambar

Tanpa berbicara batasan! Kebebasan sangat penting sebagai langkah awal untuk memudahkan perjalanan hidup seseorang. Kebebasan adalah cara memperkenalkan diri kepada dunia, bahwa ia mampu beradaptasi, bergerak, berbicara dan bertindak sesuai keinginan untuk mencapai tujuan hidupnya.

Demkkian partisipasi saya di Tema More Freedom yang diangkat oleh tim komunitas Steem Kids & Parents. Terima kasih banyak atas waktu dan kunjungan rekan steemian semua.

Invite: @yonaikerurso @f2i5 @elrazi @neukyan

Indonesia, 17 Agustus 2023
Regards,
@ridwant

Let's support the Steem growth & Steemit platforms by choosing @pennsif.witness as a witness. Campaign Post
IMG_20230720_222033.jpg
Support @pennsif.witness
Klik disini

Sort:  
Loading...

Luar biasa 👍
Menarik sekali menikmati membaca isi postingan anda Mr. @ridwant

Semoga sukses dan semoga anda selalu memperoleh lebih banyak kebebasan. 👏

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @msharif

Screenshot_20221130-164846_Canva.jpg

 11 months ago 

Thank you sir @msharif

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 57810.45
ETH 3116.57
USDT 1.00
SBD 2.43