1000 DAYS OF STEEM : Day 15 - Mini Challenge #1 - Translation Software : My Experience : Two methods for translating on Google Translator

in Steeming Community4 years ago (edited)

Halo semuanya, kemarin saya menemukan challenge menarik yang dibuat oleh @steemitblog, sebuah mini-challenge tentang translation software (bisa kalian baca di sini. @steemitblog menginginkan kita untuk bercerita tentang software apa yang kita gunakan untuk mentranslate artikel yang hendak kita post di steemit.

jadi, karena saya sering menulis dalam bahasa inggris dan kebetulan saya tidak mahir berbahasa inggris maka saya menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan bahasa saya yaitu bahasa Indonesia ke dalam bahasa inggris.

Cara menerjemahkan :

di google translate, ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk menerjemahkan bahasa kita ke bahasa yang kita inginkan.

Screenshot_17.jpg
Menerjemahkan dengan cara menulis "TEXT"

  • TEXT
    Cara ini sangat sederhana, kita hanya perlu menulis setiap kata-kata dari bahasa kita di dalam kolom tersebut, dan kemudian memilih bahasa yang inginkan. cara ini adalah jalan yang sering saya gunakan. kalian juga bisa menyalin artikel yang kalian tulis dari microsoft word ke sini. saya sering menggunakan cara terjemahan text di google translate, namun saya memisahkan kalimat per-kalimat yang saya ingin terjemahkan, supaya hasilnya lebih bagus dan tidak banyak salah.


Pemisahan kalimat di cara "TEXT, supaya hasil memuaskan.

Dengan menggunakan metode translate via Text, Kita bisa mengedit setiap hasil translate dan juga bisa memilih setiap kalimat yang hasilnya cukup benar.


bisa melakukan seleksi hasil terjemahan sesuai keinginan.


  • Menerjemahkan dengan Metode "DOCS"
    Metode ke dua adalah, menggunakan file dokumen, kita harus lebih dulu menulis di micorsoft word dan kemudian menyimpannya di folder, selanjutnya baru bisa kita translate. di sini kita tidak perlu capek menyalin setiap kalimat, karena secara otomatis artikel yang kita tulis akan ter-translate dengan sendirinya jika menggunakan cara translate "DOCS"

Screenshot_18.jpg
Memilih metode "DOCS" & memilih artikel yang ingin diterjemahkan.

Screenshot_19.jpg
setelah selesai memilih, tekan tombol translate.

Screenshot_22.jpg
Kurang lebih hasilnya seperti ini, kita akan dialihkan ke halaman lain untuk melihat hasil.


Saya sangat jarang menggunakan metode translate "docs", sebabnya hasil terjemahan kurang memuaskan dan banyak spelling alias salah. meskipun sebenarnya caranya cukup simpel dan tidak ribet, untuk orang yang buru-buru mungkin bisa menggunakan metode ini.

sejauh ini, saya hanya menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris saja, belum pernah mencoba ke bahasa lain. satu hal lagi, saya hanya menggunakan google translate melalui pc dan laptop, karena mudah dan tidak menyulitkan saya sewaktu menyalin kalimat yang saya tulis.

thank you, regard @maulida

Sort:  

Thank you for being awesome! You just got upvoted by the @steemingcurators. We are voting with the Steemit Community Curator @steemcurator02 account to support the best content on Steemit!

Follow @steemingcurators and also the official @steemitblog for info about Steemit, contests and the Daily Diary Challenge! Share your stories on Twitter or other social media to get extra upvotes. Just comment the link in your posts!

Biggest Live Music contest on Steemit #MusicForSteem
Follow @musicforsteem and the official community on Steemit: MusicForSteem🎵
STEEM ON!

Coin Marketplace

STEEM 0.25
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 62379.78
ETH 3034.69
USDT 1.00
SBD 3.78